Home » » 9 Manfaat Blog

9 Manfaat Blog

manfaat blog
Manfaat blog adalah keuntungan yang kita peroleh jika kita punya blog, ngeblog, atau blogging. Manfaat blog sudah dapat dirasakan sejak awal kita punya blog. Ngeblog sama dengan menulis dan berbagi.

Setelah membaca posting ini, Anda yang belum punya blog bisa langsung menuju Cara Membuat Blog.

Berikut ini 9 manfaat blog:

1. Ekspresi Diri (Self Expression). 
Manfaat blog yang pertama adalah blog dapat menjadi sarana aktualisai diri, juga sarana "curhat" atau uneg-uneg, juga menunjukkan "emosi" dan sikap kita pada suatu peristiwa atau masalah. Kita bisa mengomentari isu-isu aktual "semau kita" dan membuka ruang dialog/diskusi dengan orang di seluruh dunia.

2. Berbagi (Share).
Manfaat blog yang kedua adalah blog merupakan sarana berbagi pengetahuan, wawasan, pengalaman, juga berbagi foto, video, dan audio dengan penduduk dunia. Istilahnya, dengan ngeblog kita bisa "sedekah ilmu". Dengan berbagi, kita berusaha menjadi orang baik.

3. Asah Terampil Menulis (Writing Skills).
Manfaat blog yang ketiga adalah blog menjadi sarana mengasah keterampilan menulis sehingga kita bisa menjadi penulis yang lebih baik. Anda yang bercita-cita menjadi penulis, otomatis dengan ngeblog cita-cita Anda tercapai. Blogger = penulis.

4. Personal Branding. 
Manfaat blog yang yang keempat: mempunyai blog artinya memiliki sarana "promosi diri". Anda membentuk citra diri Anda di blog dengan tulisan atau hal lain yang dipublikasi di blog. Di blog pula Anda memperkenalkan diri kepada dunia, siapa diri Anda dan apa kompetensi Anda.

5. Membangun Jaringan (Networking). 
Manfaat blog yang kelima: blog akan membangun jaringan, relasi, bertambah teman. Blogger terdiri dari banyak kalangan, profesi, usia, dan dari seluruh dunia yang bisa saling berinteraksi setiap saat. Sangat besar potensi kita untuk memperluas pergaulan, mendapatkan teman-teman baru dan relasi-relasi baru khusunya dalam hobi atau profesi yang sama. Dari sana sangat memungkinkan terjadi tukar ide, berbagi pengalaman, bahkan potensi-potensi usaha.

6. Membantu orang lain
Manfaat blog yang keenam: Anda akan mendapatkan pahala kebaikan jika menuliskan hal-hal positif, guna membantu orang lain mengatasi masalah. Di blog Anda bisa menulis tips-tips atau pengetahuan dalam bidang tertentu yang bermanfaat bagi orang lain. Banyak orang lari ke internet ketika punya masalah, misalnya komputer nge-hank, atau jika burung kesayangannya tiba-tiba "puasa" berkicau.

7. Menghasilkan uang.
Manfaat blog yang ketujuh: blog bisa menghasilkan uang. Di blog Anda bisa jualan, promosi barang dan jasa, juga bisa memasang iklan, termasuk Adsense Google yang dibayar dolar.

8. Mengikat ilmu.
Manfaat blog yang kedelapan adalah mengikat ilmu. Ilmu harus diikat agar tidak lepas. Blog merupakan sarana pengingat ilmu pengetahuan, juga menjadi penyimpan ide atau gagasan. Anda dapat menuliskan ide untuk teman-teman, keluarga, dan dunia.

9. Buku Harian (Online Diary).
Manfaat blog yang kesembilan: blog bisa dijadikan sebagai buku catatan online yang bisa dibaca semua orang. atau sebagai diary pribadi saja.

Demikian 9 manfaat blog yang pasti sudah dirasakan oleh para blogger berpengalaman. Anda yang belum punya blog, just... go blogging! Cara membuat blog sangat mudah.*

Thanks for reading & sharing 9 Manfaat Blog

Previous
« Prev Post

1 comments:

Comment Page:
  1. Jadul banget yak, judul posting 3 kata, tahun 2013 :D

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox