Home » , » Cara Menulis Artikel Berkualitas untuk Blog/Website

Cara Menulis Artikel Berkualitas untuk Blog/Website

Menulis Artikel Berkualitas
KONTEN Berkualitas, termasuk tulisan artikel (posting teks) merupakan pembeda utama antara satu blog dengan blog yang lain.

Artikel berkualitas juga merupakan teknik SEO terbaik. Kontenlah yang menjadi penentu peringkat di halaman hasil pencarian Google.

Bayangkan saja, jika semua blogger menggunakan template seo friendly yang sama, fast loadingnya sama, lalu bagaimana Google menentukan peringkatnya?

Artikel berkualitaslah yang menjadi pembeda dan penentu. Konten adalah raja. Content is King. Pembeda antara satu blog dengan blog yang lain.

Cara Menulis Artikel Berkualitas 

Cara menulis artikel berkualitas untuk blog/website berdasarkan Algoritma Google adalah konten atau posting berkualitas, bermanfaat, dan asli (original), plus proses optimalisasi sebagai berikut:
  1. Persiapkan kata kunci (keywords) yang dibidik, misalnya "cara menulis".
  2. Sertakan kata kunci tersebut pada bagian judul tulisan (head/title), deskripsi penelurusan, label, dan isi artikel.
  3. Masukkan kata kunci di paragraf pertama, paragraf tengah, dan paragraf akhir.
  4. Kata kunci yang terkandung pada paragraf tengah usahakan merupakan variasi dari kata kunci tersebut. Misalnya pada kata kunci "cara menulis" variasikan dengan "cara menulis artikel yang baik".
  5. Lebih baik menggunakan minimal satu gambar (dilengkapi "title" dan "alternative text" yang menggunakan kata kunci). 
  6. Lebih bagus lagi jika menyertakan link (embed) video youtube yang juga mengandung kata kunci.
  7. Pada pengisian label, jangan sampai Anda mengulang kata yang sama lebih dari tiga kali agar tidak dianggap spam oleh Google.
Artikel, tulisan, atau posting berkualitas di blog, website, atau situs merupakan faktor utama yang mendongkrak page views, page rank, dan popularitas blog/website, sebagaimana ungkapan yang tidak terbantahkan: Content is King.

Sayangnya, Google masih "belum mampu" membedakan mana posting Copy Paste dan mana yang asli. Kadang-kadang,, bahkan sering, justru postingan copy paste yang muncul di halaman depan indeks Google, sedangkan yang asli di halaman belakangnya. What an irony!

Konten atau Isi yang berkualitas, yakni tulisan (teks) --plus gambar, audio, dan video-- adalah raja (the king) yang menentukan keberhasilan sebuah blog/website.

Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Cara Menulis Artikel Berkualitas untuk Blog/Website

Previous
« Prev Post

8 comments:

Comment Page:
  1. Conten is king sependapat, yang saya lagi pelajari dan berlatih salah satunya ya ini bagaimana membuat artikel yang berkualitas untuk Pengunjung dan juga SEO, terimakasih salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, terima kasih atas kunjungannya...

      Delete
  2. Content Is King, memang benar jadi hal utama yang harus diutamakan adalah kualitas konten disamping kuantitas konten.

    ReplyDelete
  3. Sy sdh membuat blog dari 1 thn yg lalu..setelah sy menyimak content dari CB ini ternyata masih sangat banyakkkkk sekali kekurangan pd Blog sy tsb (baik dari segi content maupun sistematisnya )..Makanya sy segera mencoba utk melakukan REVISI kembali dgn panduan yg ada pd CB ini..

    "CB is indeed true as our blogging inspiration"

    Terima kasih Mas Bro.. dan salam kenal

    ReplyDelete
  4. Sayangnya, Google masih "belum mampu" membedakan mana posting Copy Paste dan mana yang asli. Kadang-kadang,, bahkan sering, justru postingan copy paste yang muncul di halaman depan indeks Google, sedangkan yang asli di halaman belakangnya. What an irony!

    Saya setuju sekali dengan paragraf tersebut bos. Pengalaman pribadi saya soalnya..hiks

    ReplyDelete
  5. Mas Bro,klo kt buat konsep tulisan di microsoft word terlebih dahulu dan setelah itu kt copas kan pd Blog kt apakah nantinya akan di detect sbg konten COPAS oleh GOOGLE ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak.... copas itu artinya pada tulisan yang sudah kedetek sebelumnya oleh google di internet, kalo masih di kompi 'kan blm keindeks google......

      Delete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox