Cara Jitu Melindungi Tulisan (Posting) Blog dari Copy Paste

Cara Jitu Melindungi Tulisan (Posting) Blog dari Copy Paste

Cara Mematikan Klik Kanan di Postingan Blog
Kode Anti-Copas, Mematikan Fungsi Klik Kanan (Disable Right Click), Anti Ctrl+P, Anti Ctrl+U.

JIKA Anda tak ingin ada yang seenaknya meng-copas posting blog Anda, inilah cara jitu untuk melindungi tulisan (posting/konten/isi) blog Anda dari para blogger yang doyan Copy Paste tulisan orang lain seenaknya!

Tutorial mematikan klik kanan (disable right click) atau memproteksi konten postingan blog dari copy paste sangat banyak.

Ini dia cara jitu memantikan klik kalan dan lain-lain di postingan blog yang mudah, ringkas, gak pake ribet.

Untuk perlindungan lengkap konten blog Anda dari para blogger copas yang tidak tahu malu dan tidak tahu diri itu, kecuali menyebutkan sumbernya --that's fair, good!

1. Kode Anti-Copas, Mematikan Fungsi Klik Kanan, Ctrl+P, Ctrl+U, Perlindungan Lengkap!

Cara memasangnya:
1. Template > Edit HTML
2. Cari kode <body> atau <body .... bla bla bla... >
3. Ganti kode <body> dengan kode berikut ini:

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false'>

Catatan:
Jika kode <body> ada tambahan kode lain, misalnya <body ...apa gitu...>, maka tambahkan kode

oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false'

tempatkan tepat di belakang tulisan body, seperti ini:

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false'>

4. Save Template!

2. Matikan Klik Kanan di Posting Tertentu di Blog

Anticopas hanya diberlakukan di postingan tertentu. Tidak di semua konten blog.

Caranya:
- Klik HTML postingan yang akan diproteksi.
- Copy & paste kode berikut ini di awal atau di akhir posting.

<script language="javascript" type="text/javascript">      
/* http://contohblognih.blogspot.com */
var tenth='';function ninth() {
if (document.all) {(tenth);return false;}}
function twelfth(e) {
if (document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) {
if (e.which==2||e.which==3) {(tenth);return false;}}}
if (document.layers) {document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=twelfth;}
else{document.onmouseup=twelfth;document.oncontextmenu=ninth;}
document.oncontextmenu=new Function('return false')
</script>

3. Anti Copas, Disable Klik Kanan, dan Disabel Select Tex untuk seluruh posting blog. 

Kalo yang ini mematikan sama sekali klik kanan dan anti-copas untuk seluruh isi atau konten blog Anda.

Caranya:
1. Buka Dashborad --> klik menu Layout
2. Add Gadget di Sidebar Widget
3. Pilih HTML/Javascript
4. Copy & Paste kode di bawah ini di dalamnya:

<!-- START disable copy paste --><!-- http://namabloganda.blogspot.com --><script src='demo-to-prevent-copy-paste-on-blogger_files/googleapis.js'></script><script type='text/javascript'> if(typeof document.onselectstart!="undefined" ) {document.onselectstart=new Function ("return false" ); } else{document.onmousedown=new Function ("return false" );document.onmouseup=new Function ("return false"); } </script><!-- End disable copy paste -->

Thanks to My Tech Blaze for this great anticopas tips.

4. Kode Anti-Copas Tidak Full

Maksudnya tidak full, semua teks disable klik kanan, namun bagian tertentu, yakni teks yang di-block quote bisa dicopas, misalnya kode-kode.

Untuk demo, bisa dicek salah satu blog partner CB, Komunikasi Praktis, yang mendisable klik kanan, namun bagian yang di-block quote atau atau "bagian kutipan" bisa dicopas.

Ini kodenya, simpan di atas kode ]]></b:skin>

.post-body {-webkit-touch-callout: none; -khtml-user-select: none; -moz-user-select: -moz-none; -ms-user-select: none; user-select: none; text-align: justify;} blockquote {-webkit-touch-callout: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text;}

Atau

.post blockquote{background:#f7f7f7;color:#2b2b2b;font-family:sans-serif;font-size:13px;line-height:17px;margin:5px 0;padding:10px;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;user-select:text}
body{-webkit-user-select:none;-moz-user-select:-moz-none;-ms-user-select:none;user-select:none}

Setelah di-SAVE, nanti bagian teks, kalimat, atau kode yang bisa dicopas dalam postingan di-select all dan klik menu Quote.

Kerugian Memasang Kode Anti-Copas (Disable Right Click)

Disable Right Click
Namun harus diingat, kemungkinan besar blog yang dipasangi kode anti-copy paste tidak akan dikunjungi ulang oleh pembaca (returning visitor).

Pemasangan kode copas ini akan menurunkan trafik kunjungan, pagerank, dan pageviews. Mereka akan menilai Anda "pelit", meski maksud Anda itu baik, yakni agar budaya Copas tidak terus terjadi.

Selain itu, pemasangan kode anti-copas atau anti klik kanan ini mudah dijebol, sehingga akan sia-sia saja. Pengguna bisa men-disable Javascript di browser mereka, dan perlindungan anti-copas pun tidak berfungsi sama sekali!

Mematikan fungsi klik kanan juga merugikan blogger sendiri. Soalnya, saat akan membuat link internal, tidak mudah melakukan "copy link address", tapi harus buka link dan copas linknya di address bar.

Bahkan Site Point mengatakan: Jangan Pasang Kode AntiCopas! Sila baca: Don't Disable Right Click!

KESIMPULAN

Kode anti Copas atau mematikan fungsi klik kanan hanya "memperlambat" proses copy paste dan "pencurian" konten blog.

User atau blogger tukang copy paste masih bisa menembusnya dengan Ctrl+P atau dengan men-disable Javascript di browser mereka.

Maka, biar sajalah... bodo amat, maun dicopas atau dicuri terserah.... Blogger sejati tidak akan copas atau plagiat tulisan orang lain. Blog yang suka copas, atau nyontek postingan blogger lain, hanyalah "blogger abal-abal" dan "blogger ecek-ecek" yang amatiran!

Ada pendapat lain? Apakah blog Anda juga menggunakan kode anti-copas? 

Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Labels: Desain Blog

Related Posts

16 Komentar untuk "Cara Jitu Melindungi Tulisan (Posting) Blog dari Copy Paste"

kalau bukan visitor tetap seberapa besar kemubgkinan penurunan viewer blog gan

besar banget, karena visitor "kesal" pada blog Anda :) Lagi pula pengunjung blom tentu berniat copas karena paham copas itu merugikan blognya sendiri

berhubung saya buat blog baru,, tpi desain blognya bisa dibilang wah,, (belum dipasang SEO,Backlink,dll)
jdiii sya izin copas artikel2nya :v
salam Newbieee...

ini akun google palsu,, :v wekawekaweka

bagus infonya...good very good...sekarang tiada lg org jahat mahu copy saya punya entry

saya udah pasrah mas kalo postingan saya dicopas orang. namanya dunia maya, mau diapain juga susah, walaupun awalnya agak emosi juga tpi ya sudah deh ikhlasin aja :)

Pake tools Copy Scape mbak atau mas. Kalo udah ketahuan laporin aja ke google daahh.. kemarin saya baru aja ngelapor. Ntar si tukang copas bakal dapat email langsung dari google.

cara ngelaprnya bgimana mas

Maka, biar sajalah... bodo amat, maun dicopas atau dicuri terserah.... Blogger sejati tidak akan copas atau plagiat tulisan orang lain. Blog yang suka copas, atau nyontek postingan blogger lain, hanyalah "blogger abal-abal" dan "blogger ecek-ecek" yang amatiran! ===> mantap, menjadi inspirasi bagi saya yg baru belajar

Good post gan, saya kebih milih pasrah, dan monggo mari, hhheee

mas kalau artikel hanya bangian tertentu saja yang bisa di copas bagaimana ya, contoh kalau artikel yang berisi pnjlsan mngenai tutorial..hnya bisa di copy code script ataupun HTML nya saja mas.thks

Silakan baca cara pasang anti copas no 4, sudah diupdate

Cara melaporkan blogger copas: https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice?pli=1

iyanih , artikel yang di utamain dalam peningkatan pengunjung ane tiba tiba ilang, gua baca artikel yang menyebabkan ilang nya artikel adalah copas , apa benar begitu

mantap artikelnya, ternyata pasang anti copas ga baik. Ikhlasin aja

1. Komentar spam, menyertakan Link Aktif dan Alamat Blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *