Home » , » Cara Membuat Navigasi Blog SEO Friendly

Cara Membuat Navigasi Blog SEO Friendly

Navigasi Blog SEO Friendly
BLOG Anda sudah memiliki navigasi? Jika sudah, pertahankan dan jika perlu percantik biar "catchy". Jika belum ada, segera buat atau lengkapi karena navigasi blog (blog navigation) sangat penting bagi user dan mesin pencari.

Navigasi (navigation) adalah istilah dunia pelayaran dan penerbangan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), navigasi artinya (1) ilmu tentang cara menjalankan kapal laut atau kapal terbang; (2) tindakan menempatkan haluan kapal atau arah terbang; 3 pelayaran.

Dalam dunia blogging atau desain website, navigasi itu petunjuk atau panduan bagi user (pembaca/pengunjung) untuk mengeksplorasi konten blog dan menemukan informasi yang mereka cari.

Karenanya, navigasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam desain blog. Navigasi blog itu seperti rambu lalu-lintas, papan penunjuk jalan, peta, atau direktori barang di sebuah mal.

Tujuan Navigasi Blog

Misi terpenting desain navigasi blog/website adalah memandu pembaca dan memudahkan mereka menemukan posting, tulisan, data, atau informasi yang mereka cari/butuhkan. Jadi, navigasi dalam istilah SEO merupakan aspek usability, kegunaan bagi pembaca.

Menurut Ecreative Internet Marketing, navigasi blog yang baik adalah bagian penting dalam search engine optimization (SEO) guna memastikan bahwa mesin pencari mengindeks setiap halaman dan merangking blog Anda.

Pastikan setiap link (tautan) navigasi berisi kata kunci yang sesuai guna memastikan relevansi dan meningkatkan pank rank. "Menu Anda adalah 'peta jalan utama' ke blog Anda, baik bagi mesin pencari maupun bagi pelanggan potensial (pembaca)".

Navigasi blog akan membuat pembaca tidak melewati posting baru atau spesial, juga gambaran seluruh konten blog.

Navigasi Universal: Menu Wajib dalam Blog

Navigasi universal yaitu navigasi blog yang wajib ada. Dengan navigasi universal, yakni navigasi menu yang umumnya terpasang di bawah nama blog, judul blog, atau logo blog, pembaca akan mendapatkan gambaran tentang seluruh konten blog.

Navigasi universal ini bisa berisi halaman statis (static page) --HOME, ABOUT, DAFTAR ISI (SITEMAP), KONTAK (CONTACT)-- dan label/kategori. Bisa ditambah link dan menu menarik lainnya. Jadi, pastikan blog And memiliki navigasi menu:
  • Home --> navigasi untuk menuju halaman utama blog (main page) atau halaman depan (front page).
  • About --> navigasi blog berisi "identitas blog".
  • Daftar Isi. Sitemap. Baca: Cara membuat daftar isi blog.
  • Kontak --> email, akun sosial media, dll. Optional karena bisa disatukan di halaman About.
  • Label/Kategori --> daftar isi posting blog berdasarkan label/kategori
  • Search Box (Kotak Pencarian). Bisa disejajarkan dengan menu navigasi, bisa juga di Sidebar. (Baca: Cara Membuat Kotak Pencarian di Blog).
  • Page Navigation --> Navigasi Halaman. Biasanya di bagian bawah blog sebelum bagian Footer.

Navigasi Onpage - Single Post Page

Pastikan di "halaman tunggal", yakni halaman posting/tulisan yang kita kenal dengan Singe Post, ada menu navigasi menuju posting lainnya.

Navigasi yang wajib ada di single posts ini antara lain Link Internal (Internal Link) berupa:

  1. Related Posts --Posting terkait, tulisan terkait, di bawah setiap posting/artikel. Ini navigasi terpenting karena berisi daftar tulisan dengan topik terkait yang sedang/sudah dibaca user. (Baca: Cara Membuat Related Posts)
  2. Recent Posts. Postong terbaru. Ini penting banget agar user tahu posting terkini yang diupdate. (Baca: Cara membuat Recent Posts).
  3. Popular Post --Posting terpopuler atau terbanyak dibaca, di Sidebar. Widgetnya sudah disediakan blogger di Layout -> Add Gadget.
  4. Random Posts --> posting yang muncul secara acak, di Sidebar. (Baca: Cara Membuat Random Posts).
  5. Blog Archive --> Arsip blog, di Sidebar. Ini opsional jika sudah ada menu Daftar Isi di halaman statis. Widgetnya sudah disediakan blogger di Layout -> Add Gadget.
  6. Labels/Categories --> Daftar label atau kategori posting, di Sidebar. Widgetnya sudah disediakan blogger di Layout -> Add Gadget.
  7. Breadcrumbs. Navigasi blog di atas judul posting berisi home - label - judul posting. (Baca: Cara Membuat Breadcrumbs).
  8. Subscribe Form --> Formulis berlanganan posting via email agar pembaca bisa mengikuti update blog via inbox email mereka. (Baca: Cara membuat subsribe form). Namun, sebelumnya pastikan blog Anda sudah terdaftar di Google Feed Burner.
Internal Link juga bisa berupa link dalam text ke posting terkait sebagaimana lazim digunakan di situs Wekipedia.

Jelas, paparan di atas menunjukkan pada kita agar jangan mengabaikan navigasi blog, agar blog kita SEO Friendly dan User Friendly! 

Bingung? Gunakan saja Template Blog SEO Friendly. Sebagian besar navigasi blog sudah didesain di sana.

Good luck and Happy Blogging! (http://contohblognih.blogspot.com/).*

Thanks for reading & sharing Cara Membuat Navigasi Blog SEO Friendly

Previous
« Prev Post

13 comments:

Comment Page:
  1. syukur punya saya dah lengkap, tinggal mempercantik

    ReplyDelete
  2. emang semuannya harus kepasang ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus.... tapi SEBAIKNYA.... demi kebaikan blog juga...

      Delete
  3. cibi bloggers mau tanya untuk di homepage blog cii ada navigasi nomor urut untuk postingan. bagaimana cara buatnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://contohblognih.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-navigasi-halaman-blog.html

      Delete
  4. Saya punya saran nih untuk CB, bukannya mau menggurui yaa.. Salah bener kalo saya menggurui CB ha..ha..
    Mengenai "Navigasi Universal: Menu Wajib dalam Blog" kan sudah diberi contoh bagaimana membuat daftar isi blog dan cara membuat kotak pencarian blog.
    Alangkah baiknya CB membahas juga bagaimana caranya (panduan) membuat About, Kontak, Label dll dengan kata-kata yang baik dan benar. Pasti berguna banget bagi yang belum pernah tahu caranya.
    Mohon maaf nih kurang sopan. Hanya masukan untuk kita semua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di sini: http://contohblognih.blogspot.com/2015/02/daftar-menu-wajib-ada-di-blog-untuk.html

      Delete
    2. Nah kan, salah bener kalo saya menggurui CB. Kebalik, CB mah guru saya. Ha..ha... Sip mantep, lengkap pokoknya.

      Delete
  5. mantap, bisaa nambah pengetahuan seo saya,
    thx

    ReplyDelete
  6. Min mau nanya, Front/Huruf di menu navigasi di blog ini namanya apa ya.., Soalnya bagus sih.

    ReplyDelete
  7. oke..saya coba ikuti petunjuknya..

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox