Home » » Mengurangi Bounce Rate Blog dengan Mengubah Ukuran Huruf

Mengurangi Bounce Rate Blog dengan Mengubah Ukuran Huruf

Mengubah Ukuran Huruf
UBAH ukuran huruf (font-size) blog Anda menjadi lebih besar guna mengurangi Bounce Rate (Rasio Pentalan) yang mempengaruhi PageView dan PageRank blog. Itulah saran Daily Blog Tips  dalam Reduce Your Bounce Rate In One Second.

Atas saran itu pula, CONTOHBLOG mengubah ukuran huruf di single post/post body menjadi 14px, lebih besar dari sebelumnya, sekaligus mengubah jenis hurufnya, dari Tahoma, Arial, lalu kini Droid Sans.

Kenapa 14px dan Arial? Simple saja, CB "ngikutin" Wikipedia yang juga ganti ukuran dan jenis hurufnya menjadi Arial 14px. Situs-situs berita "terkemuka" di dunia juga kebanyakan menggunakan Arial 14px. Lihat saja misalnya CNN dan BBC.

Apakah huruf bisa menjadi penyebab Bounce Rate blog? Jawabannya, menurut Daily Blog Tips, adalah YA. "There are many case studies around the web where people used A/B testing to find how they could reduce the bounce rate, and increasing the font size works on most situations," tulisnya.

"Pertimbangkan juga usia pengunjung yang makin tua sehingga makin banyak orang yang butuh huruf berukuran besar dan nyaman dipandang --tidak membuat mata lelah," imbuhnya.

Bisa jadi, gara-gara ukuran huruf di blog kita terlalu kecil, pengunjung buru-buru menutup blog kita dan mengklik tombol back di Google. Mereka mencari blog lain yang ukuran hurufnya lebih besar dan enak dibaca (dipindai/scan).

Hanya membuka sekilas blog, lalu cepat-cepat menutupnya dan kembali ke indeks hasil pencarian Google, itulah yang disebut Bounce Rate. (Selengkapnya baca Penjelasan Google tentang Bounce Rate).

Kata Google, banyak faktor penyebab "rasio pentalan" ini, salah satunya masalah desain (site design) atau kegunaan (usability issues).

Ada sejumlah faktor yang berkontribusi pada rasio pentalan Anda. Misalnya, pengunjung mungkin keluar dari situs Anda dari laman masuk jika ada masalah pada desain situs atau masalah kegunaan. Atau, pengunjung mungkin juga keluar dari situs setelah melihat satu laman jika mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan ada di laman tersebut dan merasa tidak perlu atau tidak berminat untuk mengunjungi laman yang lain.

Clear...? Mari, kita lakukan langkah kecil yang bisa berdampak besar ini. Sepele, cuma ngubah ukuran huruf doang, tapi bisa "bernilai SEO"!

Kita bisa juga "bercermin" pada situs-situs berita seperti Republika Online, Inilah.com, Tempo.co, atau Kompas.com yang menggunkan jenis huruf besar, yaitu Arial 14px, di single-post-nya. Situs berita terkemuka, detik.com, menggunakan huruf Arial 13px.

Jangan lupa, pilih juga jenis huruf yang "Web Safe" atau huruf yang baik untuk blog/website, seperti, Arial, Helvetica, dan Tahoma, atau gunakan Google Font. Good Luck and Happy Blogging! Wasalam.

Thanks for reading & sharing Mengurangi Bounce Rate Blog dengan Mengubah Ukuran Huruf

Previous
« Prev Post

8 comments:

Comment Page:
  1. tips yang perlu di coba, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiiipppp..... goog luck masbro....!

      Delete
  2. makasih mas....ijin coba ya....kunjungannya gan jangan lupa...mohon saran dan kritiknya http://volimaniak.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran dan kritiknya: kembalikan credit link di footer ke semula!!! Thanks....!

      Delete
  3. Kalau kebanyakan spam bot pengaruh ga mas?
    soalnya blog sy kena spam bot terus, sy cek dianalytic bounce ratenya 100% semua dan lama visit cuma 0 detik, traffic naek terus tapi bounce rate tambah naik juga
    sampa sy matiin dulu komen

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, ngaruh... spambot itu kan outbond link.... cara menceganya, komentar dimoderasi. Baca posting ini:
      http://contohblognih.blogspot.com/2014/04/hati-hati-dengan-komentar-spam-yang.html

      Delete
  4. Mas untuk template new jhony wuzz untuk mengubah ukuran hurufnya, di kode ccs yang dirubah pas mananya mas, thanks mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. .post-body
      font: normal 14px 'Droid Sans', Arial, sans-serif;

      Delete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox