Cara Daftar dan Pasang Kode Google Analytics di Blog

Cara Daftar dan Pasang Kode Google Analytics di Blog
Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. (Wikipedia). Google Analytic versi" blogspot sebenarnya sudah ada, di menu Statistik di Dashboard, sehingga "tidak harus" mendaftar dan pasang kode Google Analytic di blog blogspot.

Namun, sebagai pembanding dan pelengkap, sebaiknya kita daftar dan pasang kode Google Analytic di blog, sekaligus agar blog kita "semakin akrab" dengan Google.

Google Analytics menyajikan data lengkap tentang blog, mulai datail pengunjung hingga posting yang paling banyak dikunjungi.

Google Analytics helps you analyze visitor traffic and paint a complete picture of your audience and their needs. It gives us detailed statistics about a website's traffic and traffic sources.

Di sana ada data total kunjungan, total pengunjung, pageviews, pengunjung baru, pengunjung setia (returning visitors), rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengunjung dalam membuka blog kita, asal negara pengunjung, bahasa yang digunakan pengunjung, jenis browser dan OS yang digunakan, sumber trafik, keyword yang menjadi sumber trafik, dan banyak lagi.

Anda sudah punya akun Google Analytic, mendaftarkan blog, dan memasang kode skripnya? Jika sudah, tidak usah lanjutkan baca posting ini. Jika belum, silakan lanjutkan...!

Cara Daftar dan Pasang Kode Google Analytics
1. Masuk ke Akun Google atau Blogger.
3. Daftarkan Blog Anda. Isi "formulir" yang ada dengan teliti.
4. Pasang Kodenya di Blog.

Punya CB kodenya ini. Punya Anda juga pasti kayak gini:

<script>
  (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){
  (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o),
  m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m)
  })(window,document,'script','//www.google-analytics.com/analytics.js','ga');

  ga('create', 'KODE DI SINI', 'nama blog di sini');
  ga('send', 'pageview');

</script>

Copas atau simpan kode tersebut tepat sebelum kode </head> di template Anda.

Anda yang sudah pernah mendaftar ke Google Analytic, tapi belum pasang kodenya di blog, dapatkan kode tersebut di menu "Admin" > "Tracking info". Lihat gambar berikut ini:

Cara Daftar dan Pasang Kode Google Analytics di Blog


Jika sudah daftar dan pasang kode Google Analytic, Anda bisa cek data pembaca blog Anda kapan saja, minimal sebulan sekali. Caranya? Ya... masuk ke akun Google Analytic dong....! ^_^ Good luck and happy blogging!

UPDATE! Wuahaha ha... lupa, ternyata CB sudah pernah Posting soal Google Analytic ini sebelumnya, cuma judulnya ada kata kunci "Pasang Tracking Code". Rapopo deh.... jadi dobel posting ^_^ 

Labels: Desain Blog
2 Komentar untuk "Cara Daftar dan Pasang Kode Google Analytics di Blog"

masih bingung sama g. analityc ini gan.
kenapa data audience saya malah nol terus, gimana mengajtifkannya ? padahal data real time selalu muncul.tks

terimakasih gan artikelnya sangat membantu, g apa dobel posting,,,dua"an ane buka,,salam kenal gan ane herdi...super newbie baru 3bln ngeblog..hehe

1. Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *