May 16, 2014

Cara Mencari Titik Koordinat Latitude-Longitude Tempat

May 16, 2014

Titik Koordinat Latitude-Longitude
POSTING Cara Mencari Titik Koordinat Latitude-Longitude Tempat ini dibuat, setelah CB baru saja membantu tetangga yang mengisi sebuah formulir, yang ada data isian tentang Titik Koordinat Latitude-Longitude.

CB Googling saja dan langsung menemukan situs tempat kita mencari titik koordinat (latitude dan longitude) dengan mudah, yaitu iTouch Map. Gambar peta lokasinya juga disediakan di sana.

Benar, banyak situs lain yang bisa kita gunakan, seperti menggunakan Google Maps atau Aplikasi Android One Touch Location.

Tapi, kayaknya iTouch Map lebih praktis deh. Kita tinggal mengetikkan nama lokasi, jalan, atau tempat, plus kota dan provinsinya, jika perlu tambahin nama negara, maka akan segera muncul Titik Koordinat Latitude-Longitude yang kita cari.

Pengertian Latitude-Longitude

Menurut literatur dari beberapa sumber online, Longitude itu garis bujur dan Latitude itu garis lintang.

Latitude adalah garis yang melintang di antara kutub utara dan kutub selatan, yang menghubungkan antara sisi timur dan barat bagian bumi.

Longitude adalah garis membujur yang menghubungkan antara sisi utara dan sisi selatan bumi (kutub).

Fungsi Latitude dan Longitude

Fungsi Latitude dan Longitude adalah untuk mengukur jarak antara satu titik dengan di titik yang lain. Titik koordinat menjadi hal yang penting saat membaca peta. 

Titik koordinat diterapkan dalam sistem navigasi pelayaran, dan penerbangan, di mana pun berada. Koordinat dalam peta juga dipakai saat melakukan evakuasi pengambilan korban, di tengah hutan dan pencarian di laut.

Saya tidak bertanya kepada tetangga tadi, kenapa di formulirnya ada isian Latitude dan Longitude. Yang jelas, data isiannya ada di bawah Alamat Lengkap.

Anda punya pengalaman soal Latitude dan Longitude ini? 

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Cara Mencari Titik Koordinat Latitude-Longitude Tempat

  1. dpat pengetahuan baru lagi saya nih :) ;D

    ReplyDelete
  2. ya aku punya pengalaman, saat aku mendaftar secara online untuk PPDB, ada kolom isian latitude dan longitude

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *