Cara Mengubah Judul Blog Jadi SEO Friendly

 Judul Blog Jadi SEO Friendly
NAMA atau judul blog (blog title) merupakan salah satu elemen terpenting dalam template blog kita. Judul blog --disebut juga Meta Title Tags dan Header Code-- itulah yang pertama kali diindeks Google selain judul-judul posting (posts title).

Judul blog itu beda ya sama nama domain blog. Contohnya, judul blog CB ini adalah CONTOH BLOG. Nama domainnya CONTOH BLOG NIH.

Lanjut... Mengubah judul blog jadi SEO friendly merupakan usaha kita agar blog kita cepat diindeks Google dan ditemukan user. Judul blog SEO friendly akan berpeluang mendapatkan ranking tinggi di mesin pencari.

Cara Mengubah Judul Blog Jadi SEO Friendly

Perubahan ini kode judul blog ini HANYA BERLAKU bagi template blog Anda yang belum SEO friendly. Cek dulu aja, apalah blg Anda masih menggunakan Meta Title standar, atau sudah SEO friendly. Kalau masih standar, maka ubahlah...!

1. Template > Edit HTML
2. Ganti kode <title><data:blog.pageTitle/></title> dengan

<title>
 <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
  <data:blog.pageTitle/>
 <b:else/>
  <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;'>
   <data:blog.pageName/> | <data:blog.title/>
  <b:else/>
   404 | <data:blog.title/>
  </b:if>
 </b:if>
</title>
<b:if cond='data:blog.metaDescription == &quot;&quot;'>
 <meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - &quot; + data:blog.title' name='description'/>
<b:else/>
 <meta property='og:description' expr:content='data:blog.metaDescription' />
</b:if>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl != &quot;&quot;'>
 <meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' property='og:image'/>
</b:if>

Bisa juga gunakan kode berikut ini, sama dengan yang diatas, tapi yang di bawah ini sudah "diproses" --biar Valid HTML:

&lt;title&gt;
 &lt;b:if cond='data:blog.pageType == &amp;quot;index&amp;quot;'&gt;
  &lt;data:blog.pageTitle/&gt;
 &lt;b:else/&gt;
  &lt;b:if cond='data:blog.pageType != &amp;quot;error_page&amp;quot;'&gt;
   &lt;data:blog.pageName/&gt; | &lt;data:blog.title/&gt;
  &lt;b:else/&gt;
   404 | &lt;data:blog.title/&gt;
  &lt;/b:if&gt;
 &lt;/b:if&gt;
&lt;/title&gt;
&lt;b:if cond='data:blog.metaDescription == &amp;quot;&amp;quot;'&gt;
 &lt;meta expr:content='data:blog.pageName + &amp;quot; - &amp;quot; + data:blog.title' name='description'/&gt;
&lt;b:else/&gt;
 &lt;meta property='og:description' expr:content='data:blog.metaDescription' /&gt;
&lt;/b:if&gt;
&lt;b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl != &amp;quot;&amp;quot;'&gt;
 &lt;meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' property='og:image'/&gt;
&lt;/b:if&gt;

Catatan: kedua kode di atas sadah termasuk Page Error 404 dan kode Open Graph Facebook --untuk kepentingan share posting ke Facebook.

Anda juga bisa gunakan kode meta title tags yang lebih simple berikut ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> |<data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title> </b:if>

Silakan dipilih-dipilih....... itu Meta Title Tag alias kode judul blog sama-sama SEO friendly. Good luck!

Sumber Kode 1
Sumber Kode 2

Labels: Tips SEO
5 Komentar untuk "Cara Mengubah Judul Blog Jadi SEO Friendly"

blog CB juga pake ini ?

oiya deskripsi artikel kalo di bagikan di facebook jadi kaya gini ya:

Judul artikel - Nama Blog

Ya CB pake yang pertama
tentang deskripsi artikel di facebook, baca ini:
http://contohblognih.blogspot.com/2014/01/memunculkan-deskripsi-alinea-pertama.html

izin coba dulu mas,thanks

Keren Gan artikelnya, makasih yah. Sangat membantu, semoga ilmunya berkah

sama-sama, amin.........

1. Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *