Home » » Cara Mengobati Sakit Pinggang secara Alami

Cara Mengobati Sakit Pinggang secara Alami

Cara Mengobati Sakit Pinggang secara Alami
POSTING tentang Cara mengatasi, menyembuhkan, atau mengobati sakit pinggang secara alami ini CONTOHBLOG (CB) posting setelah "riset online", dikarenakan sakit pinggang ini dialami CB. Kata orang-orang, sakit pinggang dikarenakan terlalu banyak duduk, kurang minum air putih, dan... kurang olahraga!

Sakit pinggang sering dialami blogger yang banyak atau kelamaan duduk. Keasyikan nge-blog sering bikin lupa minum dan lupa olahraga, juga lupa waktu! 

Sakit bener kalo sakit pinggang. Gerakan jadi terbatas karena sakit. Nah, bagaimana cara mengobatinya secara alami? Cara tradisional sih dipijat atau "diinjekin", tapi itu bahaya banget kali ya...?

Penyebab Sakit Pinggang

Dari referensi yang bisa kita baca di berbagai literatur online (blog/website), banyak banget penyebab sakit pinggang ini. CB pilih saja yang CB ngerti istilahnya. Banyak istilah "ilmiah" dan "teknis kesehatan/kedokteran" yang gak bisa dimengerti orang awam seperti CB.

Ini dia sebagian penyebab sakit pinggang:
  1. Gerakan yang salah saat membungkuk dan mengangkat beban
  2. Memakai sepatu tumit tinggi
  3. Kurang berolahraga sehingga otot mudah cedera karena gerakan sederhana (mengangkat, mendorong, atau membungkuk).
  4. Gangguan ginjal
  5. Penyakit jantung
  6. Kanker
  7. Penyakit tulang
Nah, yang paling "mengerikan" adalah nomor 4, 5, dan 6. Gangguan ginjal is very menakutkan!!! Menurut dokter Irsyad Rusyad, konsultan kesehatan di kompas.com, sakit pinggang banyak penyebabnya, mulai dari yang ringan sampai pada penyebab yang berat atau serius.

Menurutnya, nyeri pinggang yang disebabkan oleh batu pada ginjal akan memberikan gejala yang khas, di antaranya:
  1. Datang tiba-tiba, dalam keadaan berat, sakit sekali, Anda bisa berguling-guling karena kesakitan ini.
  2. Nyeri di bagian belakang samping, di bawah tulang punggung, biasanya juga menjalar ke perut bagian bawah, lipat paha, atau daerah kemaluan.
  3. Nyeri juga sering dirasakan bersamaan dengan waktu buang air kecil.
  4. Buang air kecil juga sering disertai dengan darah, urine berubah warna jadi pink, coklat, atau merah. 
  5. Urine punya aroma tidak enak, atau bau.
  6. Nyeri juga sering disertai dengan mual, muntah.
  7. Buang air kecil menjadi lebih sering daripada biasanya, dan bila ada infeksi, penderita batu ginjal juga dapat mengalami panas, dan menggigil.
Bila nyeri menyerupai gejala-gejala di atas, kemungkinan nyeri pinggang itu adalah akibat batu ginjal. Tetapi, kata dokter Irsyad, untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut, paling tidak X-ray dan USG.

Obat Alami Sakit Pinggang

Menurut situs dechacare.com, cara natural alias alami untuk mengatasi sakit pinggang adalah sebagai berikut:
  1. 25 gram jahe merah segar + 25 gram temu hitam segar + 30 gram akar sawi langit segar + 30 gram daun dewa segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Airnya disaring, diminum hangat-hangat, dan lakukan secara teratur!
  2. 30 gram daun dewa segar + 30 gram temu lawak segar + 25 gram daun hia/baru china segar direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Airnya disaring, diminum hangat-hangat, dan lakukan secara teratur!
  3. 10 butir angco + 1 - 3 buah sun boi/kiam boi + 15 gram akar bawang merah segar + 25 gram jahe merah segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Airnya disaring, diminum dalam kondisi hangat, dan lakukan secara teratur!
  4. 100 gram buah takokak + 30 gram rambut jagung + 20 gram jahe merah segar + 10 gram adas direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Airnya disaring, diminum hangat, lakukan secara teratur!
  5. Cabai rawit (dibuang tangkainya) + jahe (diiris-iris) masing-masing secukupnya direndamdengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Air rendaman dioleskan pada pinggang yang terasa sakit. Lakukan secara teratur!
  6. 120 gram jahe merah + 150 gram bawang putih + bubuk cabai secukupnya direndamdengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Setelah itu air rendaman tersebutdioleskan pada bagian yang sakit. Lakukan secara teratur.
  7. Moxa dinyalakan/dibakar lalu didekatkan pada bagian yang sakit dengan jarak dekat sekitar 2,5 cm selama 10 - 15 menit. Jika terlalu panas, jaraknya agak dijauhkan. Lakukan secara teratur!
Itulah cara mengobati sakit pinggang secara alami. Semoga sakit pinggang yang CB alami sekarang bukan karena ginjal, tapi kebanyakan duduk. Maka, wahai para blogger, jangan keasyikan ngeblog ya, jangan lupa minum air mineral sebanyak-banyaknya.... (Ngingetin diri sendiri juga nih... ^_^).

Good Luck and Happy Blogging! Waspadai sakit pinggang karena terlalu lama duduk!

Anda punya cara alami lain mengobati sakit pinggang? Please, share...!

Thanks for reading & sharing Cara Mengobati Sakit Pinggang secara Alami

Previous
« Prev Post

1 comments:

Comment Page:
  1. sering banget mengalami sakit pinggang dan mata ketika melakukan kegiatan blogging

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox