Home » » Benarkah Komentar di Blog Lain Bisa Mendapatkan Backlink?

Benarkah Komentar di Blog Lain Bisa Mendapatkan Backlink?

backlink blogUNTUK mendapatkan backlink yang penting bagi seo blog, banyak blogger rajin berkomentar di blog lain --dikenal dengan istilah "blogwalking". Tapi, benarkah rajin komentar di blog lain bisa mendapatkan backlink?

Sebelum menjawabnya, kita lihat dulu apa sebenarnya backlink.

Backlinks, dikenal juga dengan istilah incoming links, inbound links, inlinks, dan inward links, adalah link dari blog lain yang nge-link ke blog kita. Kebalikannya adalah Outbound Link.

Kembali ke pertanyaan,  benarkah rajin komentar di blog lain bisa mendapatkan backlink? Jawabannya: YA, jika blog yang dikomentari itu menggunakan tag "dofollow" di link kolom komentarnya. TIDAK, jika blog yang dikomentari tersebut menggunakan tag "nofollow". 

Kebanyakan, bahkan hampir semua template blog menggunakan "nofollow", sehingga link blog yang berkomentar sama sekali tidak menghasilkan backlink.

Apa itu tag "nofollow", Google menjelaskannya: "In general, we don't follow them. This means that Google does not transfer PageRank or anchor text across these links" (Secara umum, kami [Google] tidak mengikuti mereka. Ini artinya Google tidak mentransfer PageRank atau teks anchor bagi link-link nofollow). Baca deh: Use Nofollow for Specific Link.

Untuk mengetahui apakah sebuah blog menggunakan "dofollow" atau "nofollow", caranya klik kanan link blog komentator, lalu pilih "inspect element", maka akan terlihat kode HTML seperti ini: 
  • <a href=”URL” rel=”nofollow”>Link Text</a>
  • <a rel="nofollow" href="URL">Link Text</a>
Google sama sekali mengabaikan link "nofollow". Artinya, link yang ditulis di kolom komentar tersebut tidak berguna dalam perspektif SEO. "Google essentially ignores this kind link and it is useless to you from an SEO perspective."

Ciri komentar yang hanya bertujuan ingin mendapatkan backlink, yaitu komentarnya ringkas, "asal", dan menyertakan link. Misalnya:
  • Nice info, gan. kunjungi balik ya http://contohblognih.blogspot.com/
  • Terima kasih, tulisannya bagus banget
  • Great Article!
  • Nice Posts!
Ada juga yang berusaha menyertakan link aktif atau link hidup (live link), juga yang sengaja "nyepam", misalnya:
Sang komentator lupa bahwa ada kode yang dipasang blogger untuk menghapus secara otomatis link aktif tersebut.

Kesimpulan
Usaha mendapatkan backlink dengan rajin komentar di blog orang lain, apalagi komentar spam atau spammy comments, adalah usaha sia-sia.

Yang terbaik adalah TETAP RAJIN KOMENTAR namun isi komentarnya berkualitas, sehingga pengunjung lain "penasaran" dan tertarik untuk mengunjungi alamat blog yang disertakan dalam komentar tersebut.

Komentar yang "asal", apalagi komentar spam, bahkan bisa membuat Google "menghukum" blog kita. 

The vast majority of blogs have “no-follow” on links from comments, plus Google can penalise you for this sort of link-building.
Komentar dan nge-link ke posting lain adalah cara terbaik untuk membangun hubungan dengan "niche" blog. Selalulah berpikir KUALITAS, bukan kuantitas. 

Jika Anda meninggalkan lusinan tipe komentar "Great Post!" tiap hari, maka tidak ada yang diuntungkan. If you’re leaving dozens of “Great post!” type comments every day, no-one will benefit!

Blog Commenting For Backlinks [Stop Wasting Your Time]

Referensi:
http://aestrepreneur.com/blog-commenting-for-backlinks/
http://www.dailyblogtips.com/bad-seo-comment-spam/

Thanks for reading & sharing Benarkah Komentar di Blog Lain Bisa Mendapatkan Backlink?

Previous
« Prev Post

19 comments:

Comment Page:
  1. Klw dibuat dofollow cm diganti yang tulisan nofollow nya atw ad yg drubah lg gan? Klw dbuat dofollow bisa dpatin backlink? Msh newbie gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma ganti "nofollow" jadi "dofollow"..... ya, dofollow bisa dapat backlink, tapi gak pasti juga karena Google pertimbangkan blognya berkualitas apa tidak.....

      Delete
  2. msalah dofollow dan nofollow gan,kalau bl dofollow lbh banyak dari nofollow apakah aman gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas, kalau "kebanyakan", Google akan mengabaikannya, menganggapnya spam... Kata Google: Use rel="nofollow" for specific links. Info lengkap: https://support.google.com/webmasters/answer/96569?hl=en

      Delete
  3. Info nya sangat Bermanfaat dan patut di praktekan..jangan Lupa Mapir Sebentar Ya gan di blog Kami dan jangan lupa saling Mengikuti di google+ hehe,,trimakasih gan

    ReplyDelete
  4. terus tutorial kalo mau buat link dikomentar supaya nofollow ada gak mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho.... bukannya blognya Mad Trik itu memberikan tips dan trik seputar dunia blog....?? :)

      Delete
    2. saya kan gak tau -_-, kalo tau baru saya posting di blog saya

      ini beneran gak tau lo..

      Delete
  5. Memenag betul.. kadang2 banyak komen yang mengejar backlink semata... sebetulnya itu sama saja dengan sesuatu yang tidak natural walaupun dilakukan secara manual. Betul sekali Gan.. ubah pola pikirnya menjadi pola pikir kualitas.. bukan kualitas... saya setuju dengan steatment itu... Jadi kita tidak akan mengotori blog orang lain dengan komentar spam.. dan juga sebaliknya.. blog kita tidak akan banyak dikotori oleh komentar spam juga...
    Salam Kenal... Terimakasih sudah berbagi...

    ReplyDelete
  6. Gitu ya gan.. Memang rada-rada bingung sih gimana cara mendapatkan backlink dari website lain. Kalau gak punya temen bloger pastinya ya tidak dapat backlink sama sekali ya.. Apalagi kalau blog kita murni untuk jualan. Ada yang punya solusi enggak ya.. Ini aq juga masih terus belajar. trimakasih tulisannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Se-7 sama Vila Istana Bunga,,, jangan fokus ke backlink, fokus ke KONTEN BERKUALITAS

      Delete
  7. terima kasih gan atas pencerahannya

    saya lagi belajar ngeblog.

    ReplyDelete
  8. misi gan.. sedikit share,, sekian lama ane cari tau apa sebenernya definisi utama backlink ampe skrg masi belum begitu paham,, kbnyakan cuma mengupas tujuan dan cara buatnya, dan sperti yg agan bilang ane kaya'a cuma ikut2n buat backlink yg sia-sia tanpa tau definisi sebenernya karna gk ada peningkatan pada blog ane. Satu lagi knp kita dsarankan komentar dengan (open ID) alasan mendasar'a apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://contohblognih.blogspot.com/2014/04/silakan-gunakan-openid-untuk-komentar.html

      Delete
  9. Apakah backlink sangat berperan dalam meningkatkan traffic blog ?

    ReplyDelete
  10. Masih belum seppenuhnya faham mas. Jika memang backlink sangat menentukan trafick blog, padahal rata-rata template sudah mengantisipasi adanya spam, lalu cara untuk mendapatkan link dan trafick tinggii gimna mas? Apa sudah cukup hanya menggunakan isi kualitas konten blog kita? Mohon masukaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat artikel yg langka dan digemari masyarakat indonesia, misalkan sekarang orang orang indonesia gemar memainkan game online setidaknya agan buat tips dan trik mengenai game tersebut atau buatlah cheat dari game tersebut.

      Delete
  11. Yang males nih kang. Sebulan blog gak ada komentar. Sekali ada, eh spam !! Halah. Males bnget di publish yg bgni walopun uda pasang script membinasa link hidup juga.

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox