Home » » Jangan Matikan Fungsi Klik Kanan (Kode Anti Copas) di Blog Anda!

Jangan Matikan Fungsi Klik Kanan (Kode Anti Copas) di Blog Anda!

Jangan Matikan Fungsi Klik Kanan di Blog Anda!
itechcolumn.com
MEMATIKAN fungsi klik kanan (disable right click), juga mematikan CTRL+C, CTRL+P, dan semacamnya, dimaksudkan untuk melindungi posting/konten blog dari Copy Paste (Copas) alias "pencurian konten". Soalnya, banyak lho blogger yang "tukang copas" tulisan blog lain lalu dimuat di blognya seolah-olah itu tulisannya sendiri.

Tapi, haruskah melindungi konten blog kita dari Copas dengan cara mematikan fungsi kanan mouse dan/atau Ctrl+C?

That's BAD IDEA. Mematikan fungsi klik kanan adalah ide buruk. Bahkan ada yang mengatakannya "ketinggalan zaman" alias "jadul"!

Memasang kode anti-copas atau disable right click justru akan merugikan blog Anda sendiri!

Jika Anda "kesal" dengan blogger yang Copas posting Anda, tinggal Laporkan ke Google DCMA (Digital Millenium Copyright Act) dan blog yang copas posting Anda itu pun akan di-banned alias di-"black list" oleh Google.

Lagi pula, blogger Copas lambat-laut akan kena banned, kena sanksi oleh Google dan hilang dari peredaran di jagat internet!

"Don't Disable Right Click!" kata Site Point. Jangan matikan fungsi klik kanan di blog Anda. It’s annoying! Sangat mengganggu kenyamanan pengunjung alias tidak user friendly dan merusak "pengalaman user" (UX).

Mematikan fungsi klik kanan mouse juga merugikan diri sendiri. Pasalnya, banyak sekali fitur klik kanan yang sangat bermanfaat saat kita membuat posting, misalnya "klik alamat link" saat kita akan membuat "internal link" atau tautan ke posting lain.

Jika Anda berpikir disabling right-click itu akan melindungi sumber kode, posting, atau gambar (image, foto), pikirkan lagi! Selain merugikan diri sendiri, juga bisa dibobol dengan mudah oleh user, misalnya dengan mematikan kode javascript di web browser, CTRL+P, dan lainnya.

Site Point bahkan menyebut blogger yang mematikan fungsi klik kanan itu sebagai "unprofessional" alias amatiran!

Jadi, jangan matikan fungsi klik kanan di blog Anda! Biarkan sajalah.... toh niat kita ngeblog 'kan buat berbagi (share). Ngapain mesti "dipelitin" hingga tidak bisa dicopas? Biarkan saja, sekali lagi.... blog hasil Copas nantinya akan kena tendang Google Panda kok!

Good Luck and Happy Blogging!
Sumber: http://www.sitepoint.com/dont-disable-right-click/

Thanks for reading & sharing Jangan Matikan Fungsi Klik Kanan (Kode Anti Copas) di Blog Anda!

Previous
« Prev Post

14 comments:

Comment Page:
  1. artikelnya bermanfaat banget gan. tapi kalo artikel dicopas tanpa kita ketahui gimana gan. kalo tau kan baru bisa lapor, kalo tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftarkan blognya ke DMCA: https://www.dmca.com/

      Delete
    2. maaf sebelumnya gan, cz keluar dar topik ;) :) ;)

      cara ngelink kaya di *www.romelteamedia.com* yang sebelah kanan paling bawah (Sepakbola Magz) gimana ya ?
      mohon bantuannya gan
      thanks before :)

      Delete
    3. Layout > Add Gadget > Feeds > masukkan alamat blog (kalo blogspot) atau URL Link RSS Feedburner-nya (non-blogspot) > klik OK > Continue

      Delete
    4. cara melihat URL Link RSS Feedburner-nya (non-blogspot) gimana ya gan ?

      Delete
  2. wah, nyindir saya nih hahaha.
    kebetulan saya pakai disable right click.
    ke depannya disable right click rencana mau dihapus sih. hahaha.
    makasih sarannya.

    ReplyDelete
  3. Betul gan.. Dapat info bermanfaat lagi nih :-D

    ReplyDelete
  4. Saya juga lagi melaporkan beberapa blog yang copas blog saya ke DCMA tinggal tunggu balasan dari google dcma

    ReplyDelete
  5. Makasih Gan sarannya,, kadang kesel juga kalau semua conten web/blog kita di copas, bahkan sampai gambar header-nya di copas untuk keperluan komersial.
    Memang tepat report saja ke DCMA google, namun butuh kesabaran jg utk proses-nya..

    ReplyDelete
  6. Saya juga gak pernah mematikan right click di blog saya, padahal banyak sekali yang copas sama persis, dari titik, koma sekalipun. Dulu saya sering melaporkan ke DMCA, dan banyak yang berhasil. Ada yang postingnya dihapus, ada pula blognya yang dihapus. Tapi akhirnya saya malas. Saya hanya melawannya dengan terus posting dari tulisan saya sendiri, toh google tahu mana yang copas dan asli. Dan banned dari google juga menanti blog copas. Namun ada yang mengganjal. Ketika banyak backlink yang masuk ke blog copas itu karena ada banyak link internal yang ditanam dalam posting saya, apakah tidak berdampak pada blog kita jika kemudian hari blog copas itu dibanned?. Soalnya saya pernah membaca, blog atau website yang membacklink ke blog kita dan blog atau web itu dihapus, akan berpengaruh pada blog kita....mohon pencerahannya gan..terimakasih

    ReplyDelete
  7. artikelnya menarik untuk diuji coba

    ReplyDelete
  8. betul juga, pernah saya juga pasang anti klik kanan tapi malah menyusahkan dsendiri ketika mau bikin seo on page. akhirnya saya copot dan kasih saja aturan copas pasang menu atas. tanks...

    ReplyDelete
  9. saya hampir saja mematikan klik kanan, untuk baca posting ini, banyak artikel bagus, walau ga tau deh masih jauh dari kata dilirik mbah google :D

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox