January 20, 2022

10 Tips Agar Blog Diterima Google AdSense dan Menghasilkan Uang

January 20, 2022

Tips Agar Agar Blog Diterima Google AdSense dan Menghasilkan Uang. Syarat blog diterima AdSense.

10 Tips Agar Blog Diterima Google Adsense


Google Adsense (GA) adalah program periklanan online yang masih terpopuler di dunia. Belum ada yang ngalahin. 

Bagi blogger yang ngeblig di Blogger (Blogspot) milik Google, menu "Earning" (Penghasilan) atau sudah terintegrasi di dashboard. Tinggal klik dan langsung mengarah ke program AdSense.

Jika menu Penghasilan belum muncul, artinya blog Anda belum bisa didaftarkan ke AdSense. Sabar... tunggu saja, sambil terus bikin postingan blog yang berkualitas dan menarik banyak pengunjung.

Google juga memberikan panduan bagi para blogger tentang syarat daftar dan syarat blog agar diterima GA di Bantuan Google Adsense.

Disebutkan di sana, hal terpenting untuk meraih kesuksesan bersama AdSense adalah memiliki situs web dengan konten menarik yang memuaskan pengguna Anda.

Sebelum mengajukan permohonan ke AdSense, kata Google, periksa apakah situs Anda memiliki konten yang menarik dan orisinal --asli tulisan sendiri, bukan copy paste.

"Tentu saja, Anda juga perlu pengunjung, atau tidak ada seorang pun yang akan melihat iklan Anda, jadi pastikan orang-orang telah mengetahui tentang situs Anda sebelum menempatkan iklan di sana," tegasnya.

Syarat Utama Blog Diterima Google Adsense

Jadi, ada dua Syarat Utama blog atau website diterima program Google Adsense. Kedua syarat itu adalah:
  1. Konten yang Menarik.
  2. Banyak pengunjung.
Syarat lainnya antara lain blogger harus berusia 18 tahun ke atas. 

"Seperti yang tercantum pada Persyaratan dan Ketentuan, kami hanya dapat menerima permohonan dari pemohon yang berusia lebih dari 18 tahun," tegas Google.

Syarat diterima atau aturan selengkapnya bisa dicek di Kebijakan Program AdSense, di antaranya:

"Buat situs yang bermanfaat dan kaya informasi, serta tulis laman yang menggambarkan konten dengan jelas dan akurat."

Bermanfaat dan kaya informasi adalah kata kunci. Blog kita harus bermanfaat dan kaya informasi, sehingga banyak pengunjung. 

Jika banyak pengunjung, itulah saatnya blog menjadi "mesin uang" atau menjadi sumber passive income Anda!

10 Tips Agar Blog Cepat Diterima Google Adsense

Tips berikut ini CB susun dan edit berdasarkan posting Help Blogger tentang cara agar blog kita cepat diterima. Intinya, lengkapi blog dengan beberapa halaman untuk menunjukkan "keseriusan" blogging kita.

1. Privacy Policy

Buatlah Halaman Privacy Policy atau Disclaimer. Kita bisa membuat sendiri, bisa juga menggunakan privacy policy generator

Privacy Policy adalah halaman statis blog yang berisi tentang cara Anda "memperlakukan" data pengunjung blog.
A privacy policy is a document that discloses some or all of the ways to your website vistors about what you will do with information gathered from them, how you are gathering that information and how the information will be stored and managed.
2. Kontak

Halaman ini berisi bagaimana pengunjung bisa mengontak Anda secara pribadi, minimal sebuah email. Buatlah halaman kontak dengan cara Halaman > Halaman Baru > Isi judul dengan Kontak. Lalu, tuliskan bagaimana pembaca bisa menghubungi Anda sebagai admin blog.

3. About Us

Halaman "Tentang Kami" atau "Tentang Saya". Berisi profil ringkas blogger atau penjelasan tentang blog yang Anda buat. Halaman ini akan menjadi bahan pertimbangan tersendiri bagi Google Adsense.

4. Email & Name Verification

Pastikan Anda menuliskan email yang benar di "About" dan "Kontak" agar Google bisa menghubungi dan memverifikasi blog Anda secepatnya.

5. Verify Age

Saat mengisi "formulir pendaftaran" di Google Adsense, isi nama dan tanggal lahir dengan benar. Pastikan Anda sudah dewasa, minimal berusia 18 tahun.

Lagi pula, saat pencairan kiriman dolar nanti, misalnya via Western Union, Anda akan diminta menunjukkan KTP Asli dan menyerahkan fotokopinya. Ada sidik jari juga lho! Ada cap jempol, eh... nggak... tiga jari! (Katanya sih banyak penipuan).

6. Appropriate Design

Blog Anda harus tampil menarik, profesional, dan mudah dibuka pengunjung. Buatlah blog dengan desain (template) yang bersih, ringan, alias seo friendly dan fast loading. Jangan "kumuh"!

Anda bisa gunakan Template Premium CB Blogger agar tampilan blog SEO Friendly dan tampak profesional.

7. Have Plenty of Posts, Banyak Postingan.

Blog Anda harus berisi banyak posting. Menurut Help Blogger, posting Anda minimal 500 kata. Jadi, jangan kebanyakan posting pendek. 

Banyakin tulisan panjang yang tentu tidak asal panjang, tapi berkualitas dan "natural", gak dibuat-buat alias "aspan" (asal panjang).

8. Remember the Rules, Taati Aturan.

Ikuti aturan main. Blog Anda tidak boleh berisi konten dan link pornografi, perjudian, dan konten ilegal. Selain itu, jika SEMUA tulisan Anda di blog itu kurang dari 200 kata, maka tidaka akan diterima Google Adsense.

9. Adds Value, Nilai Tambah.

Nilai tambah. Ini terkait konten berkualitas dan disukai pengguna. Makin banyak pengunjung, maka Google akan makin terkesan dengan blog Anda.

Blog yang "copas" tidak akan punya banyak nilai tambah. Usahakan postingan Anda selalu asli, unik, menarik. Menuliskan pengalaman apa pun dipastikan akan unik karena pengalaman orang berbeda-beda.

10. Unique, Top Level Domain

Disarankan menggunakan Top Level Domain (TLD) biar lebih cepat diterima. Domain ekstensi .com, .net, .org, dan sebagainya. Ini tidak wajib kok. Meskipun blogspot.com, kalo tampilan dan isinya bagus berkualitas, bisa cepat diterima.

Lakukan Custom Domain Blogger untuk mengganti alamat blog bawaan Blogger dengan nama domain sendiri. Anda bisa pesan domain di provider domain seperti Niagahoster.


Itulah tips agar blog kita cepat dan mudah diterima ikutan program Google Adsense, sehingga blog kita menjadi "mesin uang" alias "make money blogging" --dapat duit dari ngeblog. 

Jika blog diterima Google AdSense, kita bisa menerima pembayaran via transfer bank atau melalui Western Union. CB sih pake WU. Lihat: Cara Mencairkan Uang AdSense via WU.

Demikian 10 Tips Agar Blog Diterima Google Adsense. Bagi pemula, niatkan ngeblog untuk berbagi, bukan langsung membidik AdSense! Ngeblog itu berbagai ilmu, berbagai pengalaman. 

Jika blog ramai pengunjung, maka di situlah "berkah" akan datang, termasuk diterima Google AdSense. Selain AdSense, blog juga bisa menghasilkan uang dari iklan, backlinking, dan Content Placement (Sponsored Post). 

Bagaimanapun, blogging menjadi cara termudah bagi "orang biasa" (bukan orang terkenal, bukan artis, bukan seleb) untuk mencari uang di internet. Blog lebih mudah diterima AdSense daripada YouTube yang mensyaratkan minimal 1.000 subsriber dan minimal 4.000 jam tayang.

Good Luck and Happy Blogging!

Video: Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

39 comments on 10 Tips Agar Blog Diterima Google AdSense dan Menghasilkan Uang

  1. Terima kasih atas info yang amat menarik, agak susah juga nak mohon adsense..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsisten dan sabar adalah kunci sukses, betul betul betul? :)

      Delete
  2. Saya suka mengunjungi blog mas nih karena banyak tips tips nya soalnya saya newbie hehe. Ok saya praktekkan mas.

    ReplyDelete
  3. thankkkksss mass
    kalau tiap hari ngepost lbh dari 3 bs masss???

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, 10 posting juga gak masalah per hari... silakan baca batasan posting di blogger: https://support.google.com/blogger/answer/42348?hl=en

      Delete
  4. wlw konten menarik tp pengunjung jarang g di trima y gan?

    ReplyDelete
  5. keren..oiya klo blh tau templetnya pake apa nih?

    ReplyDelete
  6. blog saya di tolak alasanya konten tidak memadai itu solusinya gimana?
    ini blog yang di tolak mohon bantuannya

    http://mas-rizaal.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu artinya dua syarat utama GA belum terpenuhi: Konten yang Menarik & Banyak pengunjung.

      Delete
  7. Terimakasih info menariknya, mampir ya..ada sedikit tips juga nih menurut pengalaman ane saja
    http://bang-antok.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. Mas cb...apakah blog berita bisa diaprove adsense...?

    ReplyDelete
  9. mas boleh tanya klo psng link yg berada di pojok kanan atas itu bagimanaya?

    ReplyDelete
  10. Blog saya udh diterima review prtamanya. Tapi pas review 2 ditolak. Kira2 itu knapa ya ?

    ReplyDelete
  11. Udh dierima review 1 tapi yg kedua ditolak kira2 knapa y mas cb ?

    ReplyDelete
  12. gan...apakah blog harus berbahasa inggris agar cepat di approve oleh GA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus..... hanya inggris akan lebih banyak iklan dan dolarnya....

      Delete
  13. mas mua bertanya, jika blog suddah berkali-kali didaftarkan di GA dan di tolak berkali-kali juga, Apakah masih bisa untuk di terima GA jika blog sudah di perbaiki. Mohon bantuanya

    ReplyDelete
  14. dalam satu artikel maximal ada berpa gambar mas?
    katanya kalo kebanyakan gambar bakal di tolak adsense?

    ReplyDelete
  15. wow keren,,?
    semoga aku bisa,,,,

    ReplyDelete
  16. praktekan ahhh.. bismillahirohmanirrohim.
    makasih atas infonya

    ReplyDelete
  17. contohblog.com has a global Alexa Rank of 29,086, and receives about 29,429 unique visitors per day. Estimated ad revenue of this site may be up to $10,590 per month. Its web server is hosted in United States and uses IP address 216.239.32.21. The Google PageRank of this website is 0/10. ,
    10590x13.500=Rp.142.965.000 waw, sangat besar gan. SaLUUT. mau belajar terus. Mudah-mudahan bisa nyusul

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... ngintip ya :) Lumayan lah, gak bagus-bagus amat sih.... Lagian angka 142 juta itu 'kan perkiraan aja, faktanya bisa lebih! Ha ha .. Amin...!
      Mau tahu rahasianya? Fokus ke Konten, jangan habiskan waktu dan energi untuk utak-atik desain dan seo :)

      Delete
  18. thx bru,.. bermanfaat banget

    ReplyDelete
  19. Kalau soal speed konten lambat gimana, dan google sering bilang bahwa konten anda gambar semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speed lambat menjadi kendala diterima, karena Google maunya web yang ringan. Gambarnya dioptimalkan

      Delete
  20. mksih admin infonya cukup membantu saya dalam mengatasi kegagalan blog asikpedia saya,,,,semoga saya berhasil atas saran dari admin.Amin

    ReplyDelete
  21. Buat yg frustasi adsense skrang lagi heboh Facebook Audience Network ads mirip adsense cuma lebih mudah daftarnya. Semua jenis blog diterima, saya baru seminggu udah $38 payout minimal $100, baru daftar 2 bulan udh p.o 1 kali.. bisa lewat paypal dan bank lokal atau pos, cari aja di google tutornya, salam blogger

    ReplyDelete
  22. hri ini jum'at berkah saya dterima adsense akhirny setelah 4 tahun ngeblog bisa ngerasain dpt email full approve tp bukan adsense tujuan sy ngeblog

    ReplyDelete
  23. makasih infonya, sebagai ucapan terima kasih, iklan google adsense anda akan saya klik berkali-kali sampai tangan saya capek

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... yang wajar aja, hanya klik iklan yang memang menarik bagi Anda

      Delete
  24. gan mau tanya umur ane masih 17 apakah bisa diterima sma ADSENSE pada saat pendaftaran blog ane ke adsensenya, kn di aturannya 18th, tpi yg ane intikn apakah bisa ane 17 thun di terima adsense untuk tmpilan iklan jika blog sudh memadai dan sesuai ketentuan blogger dan misal ane udh dapat hsil tpi nunggu PO hrus 18th bisa kah gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus minimal 18 tahun, tapi coba aja. Usia 18 tahun itu terkait KTP yang nantinya dibutuhkan saat pencarian AdSense.

      Delete
  25. Terimakasih gan untuk tipsnya, sangat bermanfaat

    kunjungi kami disini Jasa Pengiriman

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *