January 18, 2015

Warna Dominan Tampilan Blog: Hindari Merah dan Orange!

January 18, 2015

Summary: Tampilan blog dengan dominasi warna Biru dan Hitam nyaman di mata user. Merah dan Oranye itu menyilaukan.

merah dan biru
SEBELUM posting soal warna dominan tampilan blog, CB sudah share ttg Gunakan Warna Biru untuk Hyperlink! Jangan yang lain.

Soal warna tampilan blog sangat sensitif, karena terkait "kenyamanan mata" pengunjung. Hindari tampilan blog dengan warna dominan merah dan oranye --silau, Man! Menyilaukan mata dan membuat user "tidak betah" berlama-lama di blog kita nanti. 

Gunakan warna yang sejuk di mata, seperti BIRU dan HITAM. Biru lebih OK karena pengunjung sudah "terbiasa" dengan birunya Facebook, Twitter, link judul di SERP Google dan Wikipedia, dll. Ini yang dinamakan UX, User Experience.

Klub favorit CB, Manchester United (MU), yang berjuluk Setan Merah (Red Devils) dan identik dengan merah pun, websitnya didominasi warna hitam. Merah hanya dominan di headernya. 

ALASAN FACEBOOK BIRU
Mengapa Facebook, situs jejaring sosial nomor wahid di dunia, menggunakan biru? Dilansir laman Buffer Social, alasannya sederhana banget: karena Mark Zuckerberg buta warna merah-hijau!
Why is Facebook blue? According to The New Yorker, the reason is simple. It’s because Mark Zuckerberg is red-green colorblind. This means that blue is the color Mark can see the best. In his own words Zuck says: “Blue is the richest color for me; I can see all of blue.”

Buffer Social juga menyajikan data menarik soal warna ini. Hasil studi menunjukkan, kaum wanita menyukai warna biru, ungu, dan hijau, serta membenci warna oranye, coklat, dan abu-abu. Kaum pria menyukai warna biru, hijau, dan hitam, serta tidak suka warna coklat, oranye, dan ungu.
  • Women love: Blue, Purple and Green
  • Women hate: Orange, Brown and Gray
  • Men love: Blue, Green and Black
  • Men hate: Brown, Orange and Purple
Kesimpulan, wanita dan pria sama-sama suka warna biru dan hitam, serta sama-sama tidak menyukai warna oranye dan coklat.

Dengan demikian, biru adalah juaranya, seperti calon kuat juara Liga Inggris saat ini: The Blues Chelsea!

Cool Colors: Blue, green, purple, turquoise and silver are cool colors. Cool colors tend to have a calming effect on readers. Used alone however, these colors can have a cold or impersonal feel, so when choosing cool colors, it may be wise to add a color from another group to avoid this. (OCSBT).

WARNA TAMPILAN BLOG
Kesimpulan, warna tampilan blog sebaiknya biru atau hitam. Gelap gitu deh pokoknya! Biar tidak silau di mata user. 

Hindari dominasi warna merah, oranye, dan sejenisnya --kecuali untuk bagian tertentu seperti "button" (tombol) atau elemen kecil lainnya dianjurkan juga warna merah selain biru.

Pendapat Anda? Sila bandingkan dua gambar beda warna di bawah ini. Mana yang lebih nyaman di mata? (Eh, kenapa jadi foto cewek contohnya ya? Biar gak terlalu serius lah ngurusin warna blog. Sing penting mah konten berkualitas!).* 

girl in blue

girl in red


Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

4 comments on Warna Dominan Tampilan Blog: Hindari Merah dan Orange!

  1. wkwkwk...ini tergantung yg make bajunya om... tapi menurut penelitian wanita berpakaian merah lebih menarik minat lawan jenis... bisa jadi ini juga berlaku buat blog...soalnya blog saya link judulnya pake merah.. dan visitor lumayan rame ;)

    teknotc.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini konteksnya soal tampilan warna di layar monitor bung, bukan soal baju :)

      Delete
  2. Haha
    Itu tergantung kita memahami arti estetika warna gan, kalo kita bisa memilih warna yang cocok dengan warna merah mengapa tidak.

    ReplyDelete
  3. https://www.neutron.co.id/

    ini merah tp keren bang,

    manutd juga dominan merah kok


    https://www.manutd.com/

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *