Home » , , » Cara Menampilkan Tulisan di Blog yang Baik & User Friendly

Cara Menampilkan Tulisan di Blog yang Baik & User Friendly

BANYAK blogger yang menulis, menyajikan, atau menampilkan posting "asal jadi" di blognya. Kurang memperhatikan "aturan main" tampilan naskah teks di internet (media online).

Akibatnya, tulisan atau postingannya "bertumpuk", tidak enak dibaca, bikin pusing mata, alias tidak user friendly.

Cara Menampilkan Tulisan di Blog yang Baik & User FriendlyTulisan ini sekadar "penegasan" atas posting sebelumnya: Format Posting Blog yang Baik.

Ini Dia Aturan Main Tampilan Tulisan (Naskah) yang Baik di Internet, Website, atau Blog:

1. No Indent

Tidak ada awal kalimat yang menjorok ke dalam. Perhatikan gambar di atas. Tidak ada tekuk atau menjorok ke dalam seperti berita koran atau tulisan makalah ilmiah dan surat resmi. 

Biasanya, jika ada posting yang menggunakan indent, itu adalah COPAS tugas kuliah, makalah, atau copas tulisan dari MS Word. Termasuk salah satu ciri "blogger amater" alias "newbie". Bakalan susah diterima Google Adsense tuh!

Ini contoh naskah tulisan yang ada tekuk ke dalam. Ini tampilan media cetak, koran, atau buku, juga tampilan karya ilmiah/makalah. Tidak cocok untuk blog atau situs web.

indent tekuk ke dalam

2. Align Left

Gunakan Rata Kiri agar lebih mudah discan (dipindai). Perhatikan gambar di atas. Tampilan naskah sebelah kanan lebih enak dibaca ketimbang yang sebelah kiri. (Silakan simak: Best Way to Align Text on The Web).

Tampilan naskah rata kiri bisa disetting di template. Cari saja kode "text-align:justify;" dan ganti dengan "text-align:left;".

3. Short Paragraph

Gunakan alinea Pendek. Idealnya, maksimal 5 baris per alinea. Hasil penelitian menunjukkan, alinea pendek lebih mudah dipindai dan dibaca. 

Alinea panjang, apalagi "bertumpuk", sulit dibaca dan tidak user friendly. Akibatnya, pengunjung tidak akan kembali karena tampilan naskah di blog gak enak dibaca.

Perhatikan contoh terbaik sajian naskah tulisan di BBC Indoensia ini. Enak 'kan? Alineanya bahkan ada yang cuma satu kalimat! Bandingkan dengan tulisan di blog Anda :)

Tulisan di Blog yang Baik

4. White Space

Ada jarak/spasi antar alinea, seperti naskah di BBC di atas. "Ruang putih" antar-paragraf ini sangat penting intuk kenyamanan mata user. Naskah jadi mudah dipindai (scannable) dan tentu saja user friendly.

5. Highlights

Usahakan ada variasi huruf tebal (bold), miring (italic), warna, "quoted" (kutipan), terutama jika naskah/tulisannnya panjang.

6. Bullet & Numbering

Naskah posting berupa tips, tutorial, atau panduan lebih baik disajikan dalam bentuk bullet and numbering.

bullet and numbering

Sebagai referensi, silakan simak cara menulis yang terbaik di website atau blog di NN Group.

Apakah tulisan di blog Anda sudah memenuhi kriteri di atas? Jika belum, silakan edit. Jika maerasa malas edit, dan merasa gak apa-apa, silakan saja.... Bukan pelanggaran pidana kok! Yang pidana mah koruptor yang harus dihukum mati. #SaveKPK !!! (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Cara Menampilkan Tulisan di Blog yang Baik & User Friendly

Previous
« Prev Post

11 comments:

Comment Page:
  1. Hahahaha, #SaveKPK :D
    Oya, makasih tutorialnya min. Blog ane rata kiri kanan, keliatan lebih rapi sih tapi untuk blog berita ane rata kiri aja biar cepet hehehe.

    ReplyDelete
  2. Jadi lebih banyak ilmu nih,update terus tulisannya gan ! :-)

    ReplyDelete
  3. memang sepertinya tak enak dilihat kalau struktur barisannya tak tentu.. kalau cara seperti diatas ada ruang seperti diblok tiap alenia, sangat cantik (istilahnya ga tahu) caranya bagaimana yah,..terima kasih

    ReplyDelete
  4. Makasih mas. udah sharing sangat membantu sekari, alhamdulillah blog saya mrnggunakan left textnya...

    ReplyDelete
  5. ok sip mantab, makasih infonya gan

    ReplyDelete
  6. info yang sangat bermanfaat sekali, sukses gan

    ReplyDelete
  7. makasih gan ilmunya... sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Ternyata tidak semua tips SEO bisa kuikuti termasuk tips ini sebab menurutku tidak rapi kelihatannya kalau memakai tulisan rata kiri saja. Aku lebih suka memakai rata kiri dan kanan (justify) saat tulisan yang kubuat panjang karena terlihat lebih rapi. Tulisan pendek baru rata kiri saja. Btw, mau tanya kenapa blog ini tidak punya PR padahal raking Alexanya bagus sekali ? Hehehehe !

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Soal align justify, sikalan klik linknya di no. 2 biar lebih paham dan "sadar" :)
      2. Soal PR, It's USELESS. Silakan cek:
      https://www.google.com/webhp?sourceid=chrome-instant&ion=1&espv=2&ie=UTF-8#q=pagerank%20useless

      Delete
  9. gan kalo mau bikin gambar tooltip gimana yaa?? saya mau bikin blog chords gitar, jadi kalo misalnya cursor diarahkan ke chord/kunci gitar maka bisa keluar gambar chord kecil agar pembaca dapat lebih mudah belajar.. mohon dibalas juga ke email saya, dan kalau sudah ada postingannya saya minta link nya gan

    ReplyDelete
  10. Bagus sekali artikelnya kang sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox