February 26, 2015

Google Page Rank (PR) Tidak Penting Lagi bagi Blog

February 26, 2015

Kini Page Rank (PR) Tidak Penting bagi Blog
POSTING ini dibuat guna merespons komentar yang bagus dari pengunjung blog CB ini. Dia tanya, kok Pagerank (PR) blog CB nol (0), padahal Rank Alexa bagus?

CB sudah jawab di reply comment tulisan  Tampilan Posting yang Baik dengan link searching Google yang intinya PR "tidak berguna lagi" dan abaikan soal PR!

Posting ini jadinya mirip soal Valid HTML5 yang gak ngaruh sama SEO blog. Jangan lagi terlalu ngurusin Valid HTML. Sekarang, tambah satu: Jangan Lagi Pedulikan Pagerank (PR) karena dia "tidak berguna" (useless).

PR tidak lagi diperhitungkan buat seo blog dan tidak usah dipedulikan adalah kesimpulan CB setelah Googling soal "Pagerank Useless". Sudah banyak juga blogger Indonesia yang menulis soal isu "kematian PageRank" ini, bahkan sejak 2013 lalu!

Artinya jika, PR blog Anda nol, jangan sedih. Gak ngaruh!

Benar sekali, Google PR blog CB ini NOL, tapi banyak postingnya yang nongol di peringkat atas SERP Google 'kan? 

Alexa Rank blog CB juga gak jelek-jelek amat, lumayan di angka 35-ribuan global dan di posisi 500-an Indonesia.
rank alexa contoh blog
Rank Alexa Contoh Blog 26 Februari 2015

Kok bisa? Tidak lain karena CB fokus ke konten, selain fokus juga ke SEO Onpage dan Fast Loading (Loading Time) atau kecepatan tampilan blog --meski "diganggu" dengan Google Adsense yang sedikit mengurangi loads time. Gak masalah, masih bagus kok loadingnya, masih terbilang kenceng.

Content is STILL the KING
Posting ini sebenarnya "kabar baik" bagi kita, para blogger. Intinya, abaikan PR dan fokus saja ke Konten Berkualitas. CONTENT is STILL and ALWAYS be the KING.
Pagerank tinggi bukan jaminan artikel mendapat peringkat yang lebih baik pada halaman hasil pencarian (SERP). Sebaliknya, Pagerank NOL sekalipun, seperti blog CB ini, bisa kok "menguasai klasemen" hasil penarian Google.

Berikut ini CB kutipkan beberapa ulasan mendalam yang menegaskan baha sekarang Google Page Rank (PR) Tidak Penting bagi Blog.

Menurut para pakar seo dan analis di luar sana, sudah lama berkembang rumor bahwa Google tidak lagi menggunakan Page Rank dan mengubahnya ke Trust Rank (TR) yang tidak dipublikasikan, namun TR itulah versi baru PR.

And there were rumors and suspicions that Google no longer used Page Rank and had moved to Trust Rank, which was not available publicly but was the new version of Page Rank.

Bahkan, dengan jelas Google mengatakan, Paga Rank tidak penting. "Even Google says Page Rank is not important. Google removed Page Rank from its webmaster tools because it is not important," tulis Hubspot.

Pekerja Google di bagian Webmaster Tools Analyst, Susan Moskwa menegaskan, para webmaster dan blogger gak usah terlalu "ngoyo" soal PR. 

"We've been telling people for a long time that they shouldn't focus on PageRank so much; many site owners seem to think it's the most important metric for them to track, which is simply not true. We removed it because we felt it was silly to tell people not to think about it, but then to show them the data, implying that they should look at it." And many other places Google tells you to not worry about Page Rank.

Dalam sebuah posting bagkan disebutkan, "PR payah" (Pagerank sucks). "Pagerank is a metric that Google has said themselves, just “isn’t that big of a deal“. Google tell’s you not to obsess over page rank," tulis Sem Impact dalam "Ini alasan PR tidak berguna".

Masih kurang yakin? CB tambahin satu referensi lagi: "Alasan Page Rank tidak berguna buat SEO".

Kembali ke Anda, masih mau "berburu" Page Rank atau mengabaikannya saja. Tidak salah juga jika Anda meneruskan usaha mengejar PR tinggi, silakan saja, tidak ada larangan dan bukan pelanggaran. Yang jelas, Google sendiri sudah menegaskan: PageRank tidak penting lagi. (http://contohblognih.blogspot.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

3 comments on Google Page Rank (PR) Tidak Penting Lagi bagi Blog

  1. Mau nanya, si TR ini apa ada hubungannya sama DA dan PA ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. - Trust Rank (TR) was not available publicly but was the new version of Page Rank.
      - Domain Authority (DA) measures the predictive ranking strength of entire domains or subdomains
      - Page Authority (PA) measures the strength of individual page.
      Kesimpulan: Fokus ke Konten Berkualitas saja, dont worry about them if your content is berkualitas --orisinal, unik, useful!

      Delete
  2. kirain cuman blog saya, teryata emang sudah mati PR

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *