Waspada MLM Bisnis Permainan Uang Skema Ponzi MMM

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menyatakan permainan uang skema Ponzi MMM ini adalah aktivitas pengumpulan uang yang tidak berizin dan berisiko tinggi.


Situs MMM
DALAM tiga hari terakhir, iklan Google Adsense (GA) di beberapa situs yang CB kelola menampilkan iklan bergambar wanita bule tanpa busana. Bagian dadanya doang ditutup paka lembaran dolar.

Penasaran, CB pun coba buka situs lain dan kebetulan menampilkan iklan yang sama. Begitu diklik, eh... ternyata itu iklan "perusahaan" permainan uang (money game) MMM yang dulu pernah heboh.

Menurut data Wikipedia, MMM adalah perusahaan Rusia yang juga dikenal dengan istilah "perusahaan skema Ponzi".

МММ was a Russian company that perpetrated one of the world's largest Ponzi schemes of all time, in the 1990s. By different estimates from 5 to 40 million people lost up to $10 billion. The exact figures are not known even to the founders. Wikipedia

Hasil penelusuran menunjukkan, skema Ponzi pertama kali dipopulerkan tahun 1919 oleh Carlo (Charles) Ponzi. Di beberapa blog disebutkan, Ponzi ini  penipu paling terkenal di dunia!

MMM  singkatan dari Mavrodi Mondial Moneybox. Di Indonesia dikenal dengan kepanjangan Manusia Membantu Manusia.

Dilansir detik.com (25/3/2015), MMM adalah sistem murni permainan uang, bukan jenis investasi yang diduga kebanyakan orang Indonesia. Permainan uang ini memang menggiurkan, berani mengklaim pemainnya bisa mendapat return atau keuntungan hingga 30% tanpa bekerja, hanya perlu setor uang!

"Penemu sistem menyesatkan ini, 'sang nabi MMM' Sergey Mavrodi," tulis detik.com. "Memasuki tahun 2015, ternyata MMM belum mati, bahkan makin gencar menyebarkan 'ajaran sistem finansial baru' ke masyarakat Indonesia. Kali ini mereka punya jargon 'MMM Indonesia Bangkit!'

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menyatakan MMM ini adalah aktivitas pengumpulan uang yang tidak berizin dan berisiko tinggi. Pasalnya, besar kemungkinan pemain bisa kehilangan uangnya.

Skema MMM ini didefinisikan tergolong sebagai skema piramida. Skema piramida akan terus berjalan selama ada orang menyetor uang. Ketika tidak ada setoran baru, maka permainan selesai dan kerugian ditanggung sendiri.

Kita tidak penah mendengar ada larangan tentang MMM ini. Namun, jika OJK sudah menyatakan "aktivitas pengumpulan uang yang tidak berizin dan berisiko tinggi", maka abaikan saja! Jangan tergiur iklan MMM. 

Detail risiko dan penipuan MMM, bisa disimak di sini: Penipuan Boss Venture, MMM, VSI, Skema PONZI & Skema Piramida.

CB posting soal MMM ini, secara gitu, ngerasa "ikut bertanggung jawab" karena CB sebagai publisher Google Adsense, sejumlah blog yang dikelola CB "terpaksa" dan "tidak sengaja" memunculkan iklan MMM. 

Nyari duit dengan cara yang aman sajalah.... Yang penting berkah. Selain Google Adsense yang terbukti aman, masih banyak cara nyari duit online lainnya, seperti di posting ini:  9 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Iklan (Adsense). (http://contohblognih.blogspot.com).*

1 Komentar untuk "Waspada MLM Bisnis Permainan Uang Skema Ponzi MMM"

. hahahaha mavrodi dipenjara berkali kali, masih aja di ikuin, nanti kalau rugi berjamaah baru tau rasa tuh member MMM. bisnis yang sehat sehat saja. thanks informasinya kang CB, semoga member MMM selalu waspada.. salam kenal

1. Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *