Home » » Pengalaman Melaporkan Blogger Copy Paste

Pengalaman Melaporkan Blogger Copy Paste

KALI ini CB Blogger berbagi tentang salah satu pengalaman mengadukan atau melaporkan blogger yang Copy Paste posting CB tanpa menyebutkan sumber, ke Google Report alleged copyright infringement. Anda juga bisa melakukannya jika "gak rela" posting blog Anda dicopas tanpa menyebutkan sumber.

Melaporkan Blogger Copy Paste

Ceritanya, beberapa menit setelah CB posting tentang Bukan Zamannya Lagi Berburu Backlink, ada blogger yang seenaknya Copas posting tersebut ke blognya. Tentu saja CB tahu karena ngecek juga di indeks Google kan?

Posting itu dicopasnya nyaris 100%, cuma diubah judul dikit juga bagian tertentu di dalam posting. CB langsung laporkan ke Google. Selang sehari, Google kirim konfirmasi via email bahwa link yang CB laporkan tidak bisa ditemukan.

"Upon recent review of the following URL(s), we were unable to locate the content in question," kata Google Romoval dalam emailnya.

Setelah CB cek, benar saja: Error 404 Not Found! Artinya, posting itu sudah tidak ada alias dihapus! Meskipun demikian, webcache-nya masih bisa dibuka. 

CB juga memang menulis komentar di sana, hingga 4 kali! Ini komentarnya:

Blogger Copy Paste

Posting itu bukan satu-satunya konten CB Blogger yang dicopas blogger lain. Bahkan ada blog yang SEPENUHNYA copas "hampir semua" konten blog CB, namun dibiarkan saja karena masih ada link CB di sana.

Copy Paste tidak dilarang, selama menyebutkan sumbernya. Namun, harap diingat, blog yang kontennya hasil Copas TIDAK AKAN DITERIMA Google Adsense. Google memang masih mengindeks posting Copas, namun sudah jarang. 

Banyak kok situs yang suka Copas kini menurun drastis peringkatnya baik di Alexa Rank maupun di Google SERP. Salah satunya sebuah situs bisnis online. Tim kontennya adalah para tukang Copas konten situs lain, tanpa menyebutkan sumber.

Itu saja berbagi pengalaman CB dalam Melaporkan Blogger Copy Paste. Btw... blogger yang menghapus credit link desainer di footernya, hati-hati lho, karena bisa juga diadukan ke Google oleh desainernya.

Saran CB, hindari Copas karena Google mengutamakan Fresh Content & Original. Tulis saja pengalaman pribadi, curhat, atau "nerjemahin" dari situs "luar nagreg" sana :) dengan susunan kata-kata sendiri tentunya biar asli. 

SOLUSI
Untuk menghindari Copas dan menemukan ide menulis, pilih Niche blog berdasarkan keahlian, minat, atau hobi. (Baca: Cara Memilih Niche Blog)

Menulis itu mudah, semudah berbicara. Banyak baca, maka akan banyak yang kita tulis. Jadi, kuncinya ngeblog atau menulis itu adalah BANYAK BACA. Buka-buka saja situs berita dll. untuk mendapatkan inspirasi, juga baca-baca status Facebook dan cuitan di Twitter.

Good Luck and Happy Blogging! (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Pengalaman Melaporkan Blogger Copy Paste

Previous
« Prev Post

12 comments:

Comment Page:
  1. Termasuk saya ya om... :D

    ReplyDelete
  2. wah, masukan yang membangun untuk perbaikan kebiasaan buruk..

    ReplyDelete
  3. untung saya kasih nama authornya juga :)

    ReplyDelete
  4. Ya betul bos, blog saya juga banyak sekali yang copas, malah ada yang isi blognya didominasi oleh hasil ngopi paste blog saya. Haduh, payahlah mereka yang cuma ahli copas

    ReplyDelete
  5. hahahah betul tu bro CB, lebih baik ngarang2 walaupun bahasanya 80% gk sempurna, tapikan ORIGINAL punya wkwowk

    ReplyDelete
  6. untung blum pernah copas ane

    ReplyDelete
  7. Setelah memulai ngeblog dengan tips SEO, berbagi template, akhirnya kecantol kembali ke dunia lama, teknologi komputer & jaringan >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sebaiknya memilih niche blog sesuai dengan bakat dan minat :)

      Delete
  8. Waduh... mesti banyak belajar nih..

    ReplyDelete
  9. min mau tanya dong misalnya kita, nulis artikel di Ms-Word Terus Kita Copy Paste di blog kita itu dilarang gk ya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. copas begitu gak apa-apa, itu bukan ngaku-ngaku tulisan orang.... asalkan "revome format" biar gak error atau copas dulu ke notepad baru ke blogger

      Delete
  10. menyedihkan banget blog yg udah ane bangun capek2 dari nol semua ane belajar di blog CB termasuk belajar SEO sampe bisa muncul terus di Pageone, ternyata dicopas artikelnya,

    lebih parahnya yg copas ternyata lebih SEO alias muncul diatas pemilik konten asli karna dia pake selfhosted, ane komplain ke DMCA supaya dihapus dari SERP ternyata dianggap nggak melanggar,

    ke depannya ane cuma takut aja nanti google ngira ane yg copas padahal artikel2 1000 kata itu punya ane itu ane yg buat capek2,

    jadi hilang selera ngeblog #Curhat

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox