April 11, 2015

Algoritma & Pemeringkat Situs Google Terbaru 2015: Akurasi Informasi, Bukan Link!

April 11, 2015

Algoritma Google Terbaru 2015
Google menentukan peringkat blog/website berdasarkan akurasi informasi (fakta), bukan lagi backlink. Algoritma terbaru MobileGeddon diluncurkan 21 April 2015.

GOOGLE ingin memeringkat situs web berdasarkan fakta, bukan link (Google wants to rank websites based on facts not links). Google menentukan peringkat website berdasarkan Akurasi Informasi (Google To Rank Sites Based On Accuracy of Information).

Demikian dua judul posting yang menjadi referensi tulisan algoritma Google terbaru dan SEO 2015 ini, sekaligus update posting sebelumnya: Google sudah mulai mengabaikan backlink dan Google Page Rank (PR) Tidak Berlaku Lagi bagi Blog.

Intinya, Google terus memperbaiki sistem perayap, indeks, dan pemeringkat situs dengan fokus pada Kualitas Konten atau mutu posting/tulisan.

Akurasi informasi, fakta, atau data memang tidak bisa dimanipulasi sebagaimana kata kunci (keywords), tautan yang masuk (inbound link/backlink), dan peringkat halaman (PageRank), dengan banyaknya "jasa seo" dan trik seo illegal (black hat SEO).

Kemungkinan, ke depan popularitas jasa-jasa seo akan menurun dan bermunculkan jasa penulisan atau penyediaan konten blog/wesbite (web content editor).

Apakah backlink masih berlaku? Tetap masih, tetap penting, namun Google memperbaiki penilaiannya, yaitu hanya backlink berkualitas (quality link) dan alami (natural link) yang dihitung.

Trust Rank (TR)

Dengan fokus ke konten, Google juga semakin ketat menggunakan TrustRank (TR), yaitu perangkat atau sistem canggih untuk memisahkan antara halaman (blig) yang benar-benar berguna bagi user dan spam.

Blog dengan konten berkualitas tentu akan memiliki TR yang baik. Sebaliknya, blog yang isinya tidak berkualitas akan dianggap spam, apalagi jika sang blogger suka nyepam di blog orang lain.

Kita bisa mengecek TR blog kita, misalnya di Trust Rank Checker. Blog CB ini memiliki TR yang lumayan, minimal gal nol deh
  • TrustRank(sm), site authority of contohblognih.blogspot.com: 4.82/10
  • Real PageRank of contohblognih.blogspot.com: 7.05/10

Knowledge-Based Trust

Banyak sumber menyebutkan, kini Google mulai mendasarkan pemeringkatan webite/blog pada Knowledge-Based Trust dan Accuracy of Information.

Google mulai menilai blog dari sisi akurasi informasi berdasarkan "bank data pengetahuan" yang mereka miliki yang berisi 2,8 miliar fakta yang disebut Knowledge Vault.

"Google is working on a system where it can determine the trustworthiness of a page not by who is linking to it, or how many incoming links it has, but by the number of facts it contains" (MBT)

Skor di Knowledge-Based Trust itulah Google mulai memeringkat situs/blog di halaman hasil pencariannya (Google SERP).

MobileGeddon

Selain akursi informasi dan TR, ke depan popularitas situs/blog juga ditentukan oleh respinsive-tidaknya desain website/blog. Intinya, situs/blog yang tidak respinsif (mobile friendly), akan memiliki peringkat yang buruk di Google. 

Baca deh:

Untuk blog blogger, jangan khawatir, selain sudah banyak banget template responsive dan seo friendly, blogger menyediakan template responsive bawaan (default) yang tinggal disetting di mobile device (Template > Mobile).

Demikian "temuan" CB tentang SEO Algoritma Google Terbaru 2015, yakni fokus pada Akurasi Informasi, Bukan Link, dan lebih mengutamakan blog mobile friendly! (http://contohblognih.blogspot.com).*

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Knowledge_Vault
http://www.mybloggertricks.com/2015/03/google-to-rank-sites-based-on-accuracy.html
http://www.newscientist.com/article/mg22530102.600-google-wants-to-rank-websites-based-on-facts-not-links.html
http://searchenginewatch.com/sew/how-to/2398591/-mobilegeddon-is-coming-on-april-21-are-you-ready

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

9 comments on Algoritma & Pemeringkat Situs Google Terbaru 2015: Akurasi Informasi, Bukan Link!

  1. Bikin semangat lagi bikin blog nih.
    kunjungi blog ane juga gan:faisfantasy.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. pantas saja blog saya sudah menurun trafficnya. artikel yang sangat bermanfaat mas . Saya juga pakai template yang dari mas
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  3. Seandainya nih mas.. tampilan mobile di setting blog bukan khusus (tidak mengikuti template blog asli), tapi saya alihkan ke sederhana. Masih bisa disebut Mobile Friendly kan?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya tampilan desktop dan mobile sebaiknya template yang sama (template responsive), biar struktur data dan meta tagsnya sama

      Delete
    2. Sip mas. Ngomong-ngomong nih, kenapa ya tidak ada informasi / pemberitahuan adanya balasan komentar di email saya? Ini kebetulan buka lagi, pengen lebih memahami artikelnya. Ini juga baru baca balasan. Nah, loh mas? :D

      Delete
  4. mas CB emang JOSS dah informasinya, bermanfaat banget buat saya, jadi betah berkelana di blog CB.

    ReplyDelete
  5. saya baru ngeblog dan pengguna template newthesis, thanks ya untuk templatenya. salam :)

    ReplyDelete
  6. maaf mas.... saya bukan ingin jualan,, saya ingin kenalan,,, bagus benar tampilan blog kamu, izin nyimak aja yah.. tapi aku tunggu kehadiran mas di rumah ku

    ReplyDelete
  7. tapi tetep backlink bisa membantu kan ya,gmana post berkualitas kalo ga ada promosi dari usernya.tetapi yang terpenting tidak nge spam.mudah2an search engine google lebih di perketat dalam hal kualitas

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *