April 8, 2015

Blogspot vs WordPress, Bagus Mana?

April 8, 2015

Blogspot vs WordPress
Kelebihan dan Kekurangan Blogspot vs WordPress. Bagus Mana?

BLOGGER atau Blogspot vs WordPress, Siapa yang Unggul? Mana yang paling bagus?

Menimbang kelebihan dan kekurangannya, skor kedua platform blog ini sebenarnya imbang, namun blogger memiliki kelebihan yang tidak dimiliki platform blog mana pun, yakni blogger milik Google!

Karena milik Google, wajar jika blogger (blogspot) mendapatkan perlakuan istimewa dalam hal indeks Google. Halaman hasil pencarian pun akan didominasi oleh blog blogger dibandingkan wordpress atau blog lain. Silakan buktikan sendiri!

Kelebihan Blogger (Blogspot)

Namun, setidaknya ada tiga kelebihan blogspot yang tidak dimiliki WP:

1. Google Adsense.
Blogger terintegrasi dengan GA. WP tidak bisa pasang GA.

2. Milik Google.
Blogger adalah blog milik Google, mesin pencari terpopuler di dunia. Karenanya, blogspot "dianakemaskan" --di halaman pertama hasil pencarian Google (SERP) kebanyakan blogspot 'kan?

3. Desain Sendiri.
Di blogspot kita bisa bebas mengedit dan modif tampilan (template). Di WP kita hanya bisa memilih, tidak bisa modif atau edit sebebas di Blogger.

Baca juga:
1. 5 Alasan Harus Ngeblog di Blogspot
2. Kenapa Harus Membuat Blog di Blogspot?

Kelebihan Wordpress (WP)

Satu kelebihan WP yang tidak dimiliki Blogger adalah 80-90 persen teknik SEO sudah dilakukan oleh WP sendiri. Artinya, kita tinggal posting berkualitas saja, tanpa dipusingkan soal trik SEO karena sudah ditangani WP. 

WP will get listed quicker as 80 to 90% of your SEO is already done

Yang dimakdud WP dalam hal ini adalah blog gratisan, www.wordpress.com, bukan CMS Wordpress, www.wordpress.org, yang biasa digunakan untuk blog berbayar, domain sendiri, dan bebas memilih tema (WP Themes).

Jadi, bagi newbie atau yang belum tahu, blog WP itu ada dua kategori: blog gratis dengan domain wordpress.com dan selfhosting (yang biasanya bayar, ada juga yang gratis) dengan domain sendiri, tanpa ada tambahan worpress.com di akhir nama domain.

Kembali ke soal Blogspot vs Wordpress, sudah banyak blogger lain yang membahasnya. Bagi CB, bahasan terbaik dan terlengkap ada di Make Use Of karena dilengkapi cara membuatnya di kedua platform blog gratis tersebut.

Solusi: Gunakan Blogspot & Wordpress!

Sebaiknya kita membuat blog di kedua platform tersebut. Posting di blogspot dulu, baru COPAS ke Worpress. Di WP pasang RSS Feed blogspot. Demikian pula di Blogspot, pasang RSS Feed blog WP-nya. Saling dukung 'kan? 

Gak mau pusing? Sudahlah... gunakan saja blogger/blogspot sebagai platform terbaik untuk ngeblog. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

9 comments on Blogspot vs WordPress, Bagus Mana?

  1. makasih atas infonya. tadi aku bingung mau bikin yang mana duluan.

    ReplyDelete
  2. gan apakah kalau sudah posting di blog terus di copas posting lagi di blog kita yang wordpress tidak ada efek negatifnya?

    ReplyDelete
  3. Hahahahahhaha. Lumayan lucu di akhir paragraf nya. Yo wis aku juga make blogspot kok. Tak temenin. Hihihihi

    ReplyDelete
  4. Sebaiknya lebih dispesifikan lagi mas, wordpress kan ada 2 versi toh? Wordpress Self Host dan wordpress.com :) Yang sampean bahas di sini wordpress.com kan? Kalau wordpress self host sendiri bisa toh dipasang adsense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampean baca dulu gak tulisan di atas? Itu jelas banget disebutkan di atas......

      Delete
  5. gan, kalo cara membuat gambar/simbol/lambang di menu navigasi itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. NOT RECOMMENDED karena bakal membenani loading dan skor SEO, but... if you keukeuh kaya Menpora bekukan PSSI, silakan ke TKP:
      http://www.bloggerbuster.com/2008/02/how-to-add-icons-beside-your-navigation.html

      Delete
    2. Iya mas. Rese banget. Dampak dan akibat dari Menpora membekukan PSSI, para pemain bola kehilangan gaji dan dampak seterusnya ada pada kebutuhan keluarga si pemain bola.
      Dan lagi... Masa iya surat dari FIFA dikatain PALSU. Heuheu...
      *EH.. keluar dari topik nih xixixi

      Delete
  6. Dari segi otorisasi personal wordpress lebih bagus karena full control. Pluginnya juga banyak. Namun kalau ga top level domain (bayar hosting) kurang maksimal.
    Sementara blogger mudah dan SEO nya juga ga bisa dianggap sebelah mata. Gratis. Bahkan saya pernah kirim beberapa tulisan ke search engine kurang dari 3 menit bisa diurutan pertama dengan persaingan kata kunci yang cukup bagus. Tentunya dengan teknik SEO.

    Sekarang bukan sekedar nama blogger/ wordpress. Jika sama-sama dioptimasi, dari sisi search engine sama sama bagus.
    Bedanya hanya di plugin, blogger ga bisa, wordpress bisa.

    Sekarang google tambah ketat untuk menempatkan mana tulisan terbaik di posisi terbaik indeks nya.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *