Home » , » Cara Membuat Blog Ramah Mesin Pencari (Google Friendly)

Cara Membuat Blog Ramah Mesin Pencari (Google Friendly)

Daftar situs untuk memperbaiki blog agar SEO Friendly, Mobile Friendly, User Friendly, dan Google Friendly sehingga mudah diindeks Google.


Membuat Blog Ramah Mesin Pencari
BLOG yang ramah Google (Google Friendly) akan mudan dan cepat terindeks Google, bahkan bisa berada ada peringkat teratas di halaman hasil pencarian (SERP).

Google memang bukan satu-satunya mesin pencari, namun hingga kini kayanya belum ada yang mengalahkan keunggulan dan popularitasnya sebagai search engine nomor satu di dunia.

Karena itu, sebagai blogger, apalagi blogspot itu milik Google, maka kita mesti "nurut" sama petunjuk Google dalam blogging.

Baca Juga: Cara Setting SEO Standar di Blog

Ada dua aspek yang diberikan Google dalam panduannya, yaitu menyangkut:
  1. Desain (tampilan) 
  2. Konten (isi).

Dari sisi desain, blog kita mesti Fast Loading dan Responsive. "Jadikan blog Anda tampil lebih cepat," kata Google.  Make your blog load faster!

Selain itu, Google merekomendasikan desain responsive: Responsive Web Design. Sejak 21 April 2015, Google bahkan memberlakukan algoritma baru benama MobileGeddon yang fokus ke blog mobile friendly dan "menyingkirkan" blog yang tidak responsive.

Dari sisi konten, Google sudah lama memberikan panduan agar blogger menyajikan Konten Berkualitas dan memberikan Panduan Menulis Konten Berkualitas.

Dengan mengikuti ketiga panduan Google itulah, maka blog kita akan ramah Google sehingga mudah diindeks dan bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian.

Cara Agar Blog  Ramah Mesin Pencari (Google Friendly)

Berikut ini sejumlah perangkat (tools) untuk memperbaiki tampilan (desain) blog kita agar ramah mesin pencari Google. Cek atau tes blog Anda di situs-situs berikut ini:
  1. Mobile-Friendly Test. Untuk memastikan blog kita responsive/mobile friendly.
  2. Page Speed Insights. Untuk memastikan tampilan/loading blog kita cepat.
  3. Structured Data Testing Tools. Untuk memastikan struktur data blog kita tidak ada masalah.
  4. GT Metrix. Untuk melihat skor kecepatan dan loding time blog kita.
  5. Chkme. Untuk memastikan Meta Tags blog kita diisi dengan benar sekaligus skor SEO.
  6. Troy. Untuk melihat tampilan blog kita di berbagai ukuran layar monitor. (Baca: Troy Tester Responsive Terlengkap).
  7. CSS Compressor. Untuk mengkompress kode CSS agar loading blog lebih cepat.
  8. JavaScript Compressor. Untuk mengkompress JavaScript agar menambah kecepatan loading blog.
  9. Image Optimizer. Untuk mengubah ukuran gambar agar lebih ringan.
Demikian 9 alamat situs untuk memperbaiki blog kita sehingga ramah mesin pencari (Google Friendly) dan cepat/mudah terindeks Google juga ramah pengguna (user friendly). Good Luck and Happy Blogging! (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Cara Membuat Blog Ramah Mesin Pencari (Google Friendly)

Previous
« Prev Post

6 comments:

Comment Page:
  1. Kalo blog saya sih responsive, namun skor seo hanya 57% dan test speed GT Metrix pun bisa dibilang jelek, yah maklum lah karena saya pakai template magazine. Tapi kok google sayang banget yah sama blog saya? kadang saya iseng coba tulis keyword salah satu postingan. Dan selalu muncul nomor satu!, kira2 dari faktor apa yah? kalau kualitas posting konten kayaknya enggak banget, karena postingan saya pendek2.

    ReplyDelete
  2. Sejak ada alogaritma MobileGeddon blog saya jadi lebih terindex di google, karna saya adalah salah satu bloger mobile yang mengutamakan tampilam mobile, hidup bloger mobile!

    ReplyDelete
  3. gak pernah lihat di admin bales komen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bacanya jangan cuma satu posting

      Delete
  4. gan ini artikel kesukaan ku

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox