May 12, 2015

6 Kesalahan Besar dalam Desain Tampilan Blog

May 12, 2015

 Desain Blog
Pemilihan jenis huruf, gambar, dan background merupakan kesalahan besar para blogger dalam mendesain tampilan blognya.

Itu dikatakan Blog Tips Tricks dalam posting Horrible Mistake That You Make With Your Blog Design.

Kesalahan jenis dan warna huruf, juga gambar dan latar belakang, terutama berpengaruh pada aspek user friendly dan loading time (kecepatan blog). Jika sebuah blog tidak ramah pengguna, maka pengunjung tidak akan balik lagi. Google pun akan mendeteksinya sebagai blog yang tidak disukai pengguna.

Kesalahan ini biasanya terjadi karena sang blogger terlalu "banyak maunya", sehingga utak-atik modifikasi blog dengan berlebihan. Bukannya makin bagus, malah jadi "menor", tidak enak dilihat, dan berpengaruh pada kecepatan loading.

"Blogging and designing are two totally different things and sweet thing is that mostly designers are not bloggers, but bloggers are always designers," katanya.

Blogging dan desain memang dua hal yang berbeda. Kebanyakan desainer malah bukan blogger, namun blogger selalu menjadi desainer juga, yaitu ngedesain blognya.

Karena dasarnya bukan desainer, saat memodifikasi blognya, banyak blogger melakukan kesalahan fatal yang berdampak buruk bagi "nasib" blognya di mesin pencari.

6 Kesalahan Besar dalam Desain Blog

Berikut ini enam kesalahan desain blog yang disebut "Horrible Mistake That You Make With Your Blog Design":

1. Bad Fonts. Huruf yang Jelek.
Huruf memainkan peran sangat penting dalam desain blog. Karena huruf (teks) inilah yang discan atau dibaca oleh pengunjung. 

Yang dimaksud huruf jelek adalah soal ukuran terlalu besar atau terlalu kecil, terlalu banyak gaya alias hurufnya "aneh-aneh". Dikira bagus padahal susah dibaca. 

Solusi: pake huruf yang sesuai dengan pengalaman pengguna (user experience), seperti Arial, Tahoma, Georgia, Open Sans, Droid Sans. Mayoritas situs berita ternama menggunakan Arial dengan ukuran 13 hingga 16 Pixel.

Baca: Memilih Jenis Huruf (Font) Terbaik untuk Blog

2. Eyes Hurting Background. Latar Belakang yang Membuat Mata Sakit.
Background blog gak usah neko-neko. Apalagi di HP (mobile), latar itu gakkan muncul. Hindari penggunaan gambar di background karena membuat loding jadi lelet. 

Banyak blogger yang menggunakan gambar warna-warni untuk background blognya. Itu mengganggu kenyamanan pembaca. Latar belakang blog terbaik adalah putih, abu, atau warna gelap polos. (For most of blog niches, simple white background works just fine).

3. Inappropriate Logo. Logo yang Gak Pas.
Logo blog terlalu besar, terlalu kecil, gak pasa dengan area header, juga terlalu warna-warni. Logo yang bagus adalah yang simple dengan warna terang  (color light) tapi tidak membuat silau mata. 

Anda bisa membuat logo blog dengan aplikasi Sothink, Corel, Photoshop, atau secara gratis membuatnya di sejumlah situs Free Logo Maker. Untuk kesan profesional, Anda juga bisa membuat tagline di logo

Layanan Premium CB juga bisa membuatkan logo buat blog Anda.

4. Horrible Font Mixing
Terlalu banyak jenis huruf yang dipakai. Makin banyak jenis huruf, makin berat buat loading blog, juga makin tidak enak dipandang mata. Gunakan 2-3 huruf saja, itu pun sudah banyak. Arial untuk teks dan Oswald untuk judul sudah cukup.

Yang terpenting adalah kombinasinya. Menggunakan lebih dari satu jenis huruf terlihat profesional, tapi campuran yang gak pasa membuat jelek tampilan blog.

5. Images Size
Sebelum diupload, edit dulu ukuran filenya sekecil mungkin, biar tidak membebani loding. Jika gambar itu akan ditampilkan di area 300 pixel, misalnya, maka upload-lah image ukuran segitu. 

Gambar-gambar free bisa dipilih di Depositphotos

6. Font Color:
Warna huruf memainkan peran penting bagi kenyamanan pembaca blog. Pemilihan warna yang salah akan membuat blog Anda tidak nyaman bagi mata pengunjung dan mereka tidak akan kembali.

Soal warna ini CB sudah share beberapa posting:
Sebagai tambahan dari CB, untuk "perataan teks" (text alignment) tak kalah pentingnya. Jangan gunakan rata kiri-kanan (justify), tapi gunakan Rata Kiri (Align Left) karena rata kiri adalah Standar Website. (Lihat: Jangan Gunakan Justified di Blog Anda).

Demikian 6 Kesalahan Besar dalam Desain Blog yang harus kita hindari. Untuk sukses ngeblog memang butuh pengetahuan, skill, dan kesabaran. Good Luck! (http://contohblognih.blogspot.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

10 comments on 6 Kesalahan Besar dalam Desain Tampilan Blog

  1. Kalau tidak ingin ribet ribet bisa menggunakan framework css seperti Bootstrap. :)

    ReplyDelete
  2. yang penting instan dan tidak sakit mata saja hehe..

    ReplyDelete
  3. .Wah pelajaran buat saya nih, makasih gan . :)

    ReplyDelete
  4. Bang Cara Share ke Facebook Biar Imagenya ga error atau ga keliatan gimana?? tulis yang detail donk biar ngerti.. maklum newbie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://contohblognih.blogspot.com/2014/01/memunculkan-deskripsi-alinea-pertama.html
      http://contohblognih.blogspot.com/2015/02/gambar-salah-tidak-muncul-share-facebook.html

      Delete
    2. Makasih Banyak Bang atas infonya, ini langsung menuju TKP ;)

      Delete
    3. Cari Kode Html yang ini susah Bang . . . kayaknya ga ada dikode blog saya jadi harus gimana ya??

      Delete
  5. [QUOTE="3. Inappropriate Logo. Logo yang Gak Pas.
    Logo blog terlalu besar, terlalu kecil, gak pasa dengan area header, juga terlalu warna-warni. Logo yang bagus adalah yang simple dengan warna terang (color light) tapi tidak membuat silau mata. [/QUOTE]


    Kalau Logo yang ane gunain kira2 Gimana gan, pas gak ya :) ?

    ReplyDelete
  6. terimakasih infonya
    mantap

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *