Home » » Kesalahan Umum Pebisnis Online & Blog Toko Online

Kesalahan Umum Pebisnis Online & Blog Toko Online

Blog Toko Online
Daftar Kesalahan Umum Pebisnis Online & Blog Toko Online yang Harus Dihindari Newbie.

BELAJAR dari kesalahan adalah salah satu jalan menuju sukses. Demikian pula dalam bisnis online berupa blog toko online (online store/online shop).

Bersyukurlah, banyak para pelaku, pengamat, dan pakar bisnis online yang berbagi tentang kesalahan atau hal-hal yang harus dihindari dalam memulai bisnis online, termasuk blog toko online.

Dari sekian poin kesalahan pebisnis online, CB share beberapa di antaranya. Ini hasil "riset online" alias Googling, khususnya yang terkait dengan desain dan SEO Blog Toko Online.

1. Mengira Konsumen Langsung Datang

Kesalahan pertama adalah menganggap bahwa begitu bikin blog toko online, maka konsumen akan segera datang" "If You Build It They Will Come".

Tidak. Membangun bisnis (dan trafik) membutuhkan waktu, energi, dan usaha. Menurut Internet Live Stats, di internet ada lebih dari 1,2 milyar situs. Jika saat ini misalnya sudah mencapai angka 1,300.000.000, maka situs atau toko online yang Anda buat adalah yang ke 1,300.000.001.

Nah, bagaimana bisa tiba-tiba toko online Anda banjir pengunjung dan konsumen? How are people going to find you? Solusinya: Gunakan Teknik & Strategi SEO! Bukan dengan "nyepam" karena  komentar spam adalah "musuh bersama" para blogger.

2. No Logo

Blog Anda tidak punya logo, hanya berupa teks --standar header blog. Logo biasanya adalah hal pertama yang dilihat pengunjung dan membangun "kesan pertama" atas toko online Anda. Logo membangun "trust" (kepercayaan) dan "credibility", juga kesan profesional.

Bahkan, logo yang "asal" pun masih belum cukup. Sekarang sangat banyak situs untuk membuat logo secara online, gratis! Googling aja dengan kata kunci "free online logo maker", maka akan tersedia banyak link menuju ke sana.

3. Tidak Ada Menu "About" dan "Kontak"

No Proper About or Contact Page. Halaman "About Us" (Tentang Kami) termasuk halaman yang paling banyak dibuka pengunjung, setelah itu halaman "Kontak". Calon konsumen ingin meyakinkan diri dulu bahwa toko Anda terpercaya, profesional, kredibel.

Halaman "About" harus berisi profil toko, manajemen (jika berupa tim atau kelompok usaha), admin atau pemilik (jika sendirian), juga menjelaskan tentang produk dan proses produksinya.

Di halaman "Kontak" disebutkan secara detail bagaimana konsumen bisa menghubungi Anda. Pembeli juga ingin tahu alamat atau lokasi kantor Anda.

Lebih OK lagi jika email Anda bukan "Generic Email Address" sepeti gmail.com atau yahoo.com, meskipun keduanya juga baik dan kredibel.

4. Strategi SEO

Seperti disebutkan di nomor 1, toko online Anda akan bersaing dengan jutaan-milyaran situs lain. Di sinilah diperlukan strategi SEO.

SEO adalah salah satu perangkat dahsyat (one of your most powerful tools) untuk mengundang pengunjung dan calon pembeli. Maka, gunakan teknik SEO, mulai dari pemilihan template atau desain yang SEO Optimized, Fast Loading, Mobile Friendly (Responsive), hingga optimisasi posting tentang produk/jasa.

5. Loading Blog Berat!

Your website is too slow – Statistics show that customers are much more likely to leave your site if the loading time exceeds 4 seconds.

Statistik menunjukkan, konsumen akan meninggalkan situs Anda jika loading time-nya lebih dari 4 detik. Maka, gunakan template atau desain blog yang kenceng, ringan, optimalkan gambar yang diupload. Istilah Google: Make Your Blog Loads Faster!

Itu saja yang CB share soal Kesalahan Umum Blog Toko Online. Cuma lima? Nggak, masih ada yang lainnya. Silakan cek langsung sumber posting ini:
Seperti situs web dan blog pada umumnya, kunci utama kesuksesan blog toko online pun adalah banyaknya jumlah pengunjung (traffic), jumlah halaman yang dibuka (pageviews), dan kredibilitas. Teknik SEO dan template fast loading memainkan peran sangat penting. 

Jangan tanya CB soal kiat sukses bisnis online ya, CB sendiri baru belajar alias newbie. Posting ini sekadar dokumentasi pribadi dan berbagi dengan Anda. Good Luck! (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Kesalahan Umum Pebisnis Online & Blog Toko Online

Previous
« Prev Post

0 comments:

Comment Page:

Post a Comment

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox