Home » , » Sumber Pendapatan Situs Berita Online Sama dengan Blogger

Sumber Pendapatan Situs Berita Online Sama dengan Blogger

Sumber Pendapatan Situs Berita Online Sama dengan Blogger
Sumber Penghasilan Situs Berita & Daftar Situs dengan Pendapatan Google Adsense Terbesar.

SUMBER Pendapatan Utama Situs Berita Online Sama dengan Blogger, yaitu Google Adsense (GA). Pasalnya, situs-situs berita (news portal) seperti Detik, Republika Online, Merdeka, Okezone, juga sama-sama mengandalkan Iklan Google.

Tentu saja pendapatan mereka rata-rata jauh lebih besar ketimbang para blogger. Secara, mereka 'kan situs berita, portal berita, yang menyajikan berbagai macam topik tulisan dan konten dan pengunjungnya pun ratusan ribu hingga jutaan user per hari.

Lebih dari itu, mereka 'kan memang media komersial dan profesional dengan dipayungi badan hukum (lembaga pers/perusahaan media), dan mempekerjakan para wartawan profesional juga.

Salah satu thread di situs Bersosial, ada data penghasilan situs berita dengan mengutip pernyataan pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI), J. Heru Margianto dan Asep Syaefullah: "Bagaimana media dan berita online memperoleh penghasilan?" Jawabnya: Iklan!

Traffic menjadi kunci sukses media online (situs berita), juga blog, dalam meraih pundi-pundi dolar lewat Google Adsense dan pengiklan.

Traffic adalah aktivitas pada satu halaman situs yang dihasilkan dari kunjungan pengguna internet dan aktivitas pengguna internet di halaman itu. 

Semakin banyak sebuah situs dikunjungi dan semakin banyak aktivitas yang dilakukan pengguna internet di laman-laman situs itu, maka traffic situs itu semakin tinggi. Traffic itu seperti “penonton” pada stasiun televisi; “pendengar” pada stasiun radio; atau “oplah” pada media cetak.

Traffic adalah keseluruhan aktivitas pembaca pada situs media online. General Manager Kompas.com Dhanang Radityo, seperti dikutip dalam thread di bersosial.com itu menjelaskan, termasuk di dalam traffic adalah visit, unique visitor, pageview, dan length of visit. 

5 Situs Indonesia Berpenghasil Google Adsense Terbesar

Banyak juga data tentang daftar situs penghasil Google Adsense terbesar di Indonesia. Salah satunya sebuah thread di kaskus sebagai berikut:
  1. Kaskus -- penghasilan dari Google Adsense lebih dari US$13.000
  2. Detik.com --penghasilan yang di peroleh kisaran US$5.000
  3. Viva News -- Penghasilan Google Adsense sekitar US$4.100 
  4. Kompas -- Kisaran US$4.000
  5. Detik News -- Memperoleh minimal US$2.800 dari Google Adsense.
Di level global, secara internasional, ada daftar 10 situs/blog penghasil Google Adsense terbesar, dengan penghasilan hingga puluhan ribu dolar per bulan, misalnya seperti dirilis laman Top Tech Live yaitu:
  1. Ehow - http://www.ehow.com/
  2. Mashable - http://mashable.com/
  3. Forum Digital Point - https://forums.digitalpoint.com/
  4. Pof - http://pof.com/
  5. Digg - http://digg.com/
  6. Tech Crunch - http://techcrunch.com/
  7. Perez Hilton - http://perezhilton.com/
  8. Shoe Money - http://www.shoemoney.com/
  9. Labnol - http://www.labnol.org/
  10. Click India - http://www.clickindia.com/
Jelas 'kan? Sumber Pendapatan Situs Berita Online Sama dengan Blogger. Namun, tentu saja situs-situs profesional itu juga punya sumber lain, seperti iklan lokal atau yang iklan langsung, dan konten berbayar (paid content) alias dari penjualan konten tertentu ke pihak yang membutuhkan. (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Sumber Pendapatan Situs Berita Online Sama dengan Blogger

Previous
« Prev Post

16 comments:

Comment Page:
  1. Wah, gila banget penghasilannya. kalau blog CB berapa penghasilannya nih. Boleh dong intip dompet adsensenya dengan thread. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. rahasia dong :) Yang jelas, di atas 150 USD, lumayan lah....

      Delete
  2. Ane sering kunjungi situs tech crunch, emang keren kontenya, maklum juga sih, soalnya founder lebih dari satu Publisher pro.

    ReplyDelete
  3. ane yakin blog ini juga tinggi gan penghasilannya, next tetap semangat gan (y)

    ReplyDelete
  4. Terimakasih Atas Informasinya. Mudah2an Dpat Membantu teman2 Juga yang mencari informasi ini.

    ReplyDelete
  5. wah, sekaliber kompas saja bisa 4.000 ya....

    ReplyDelete
  6. bikin ngiler yaaaaa..........

    ReplyDelete
  7. wah kayaknya bagus untuk memacu semangat para blogger untuk membuat artikel yg berkualitas dan mencapai hasil yg maksimal tentunya.

    ReplyDelete
  8. Mantap gan masukanya, supaya blogger indonesia semangat dalam ngeblog,salam blogger

    ReplyDelete
  9. Keren bro.. Ini yang bikin para bloger bangkit dari patah semangatnya. Era blogger telah dimulai

    ReplyDelete
  10. Kalau bikin blog portal berita tapi konten hasil copypaste dengan cara meletakkan link sumber berita tersebut apakah aman untuk adsense ?

    Konten di ambil dari web berita besar seperti okezone atau detik ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan bedanya dengan berta asli lebih dari 50%, aman, kalau bedanya sedikit, tidak aman alias masih dianggap konten tidak asli (copas). Jadi, bukan soal menyebutkan sumber atau tidaknya....

      Delete
  11. selain dari iklan pendapatn situs berita, mereka juga biasa mendapat kontrak dari pemerintah terutama yang berhubungan kehumasan

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox