Home » , » Pengertian & Tips Hindari Google Sandbox

Pengertian & Tips Hindari Google Sandbox

Google Sandbox
GOOGLE Sandbox adalah "kotak pasir" Google untuk "memenjarakan" blog atau situs web yang tidak diindeks atau kena sanksi akibat pelanggaran dalam teknik & trik SEO dan pelanggaran lainnya, disengaia ataupun tidak.

Jika sebuah blog masuk Sandbox, maka akibatnya blog tsb tidak akan ditemukan pengunjung, kecuali jika pengunjung diizinkan "membesuk" blog tsb di "penjara Google" itu :)

Itulah pengertian Google Sandbox yang CB pahami sejauh ini.

Ini hasil testing CB tentang Google Sandbox. "Your site is in google Sandbox." Demikian kata Sandbox Checker saat CB coba-coba ngecek http://contohblognih.blogspot.com/ dengan kata kunci yang dimasukan "tips seo". Namun, saat CB cek di Google dengan kata kunci tips seo - contohblog, ini penampakannya:
google sandbox cb blogger


Gimana sih, katanya "situs Anda ada di Google Sandbox", tapi kok muncul di halaman hasil pencarian? So... Haruskah Percaya Google Sandbox Checker?

Bukankah Google Sandbox adalah sanksi atau penalty Google terhadap suatu halaman blog kita? Bukankah jika blog kita ada di "Kotak Pasir" artinya gak ada di rangking SERP Google yang mengakibatkan blog tersebut tidak ditemukan di halaman?

Yang CB ketahui sejauh ini, hasil Googling tentunya, Google Sandbox terbagi menjadi dua:
  1. Homepage Blog atau seluruh konten blog masuk "penjara Google".
  2. Satu atau eberapa posting saja yang dihukum Google, misalnya karena dianggap spam (seperti terlalu banyak pengulangan kata kunci)
CB selama ini tidak terlalu peduli soal Google Sandbox ini. Bodo amat lah, he he... si amat juga gak bodoh kok!

Posting ini sebenarnya dibuat "sekadar" menambah database posting CB, karena ternyata tidak ada satu pun posting CB yang membahas soal Google Sandbox ini. Gak lengkap dong... Secara, Google Sandbox yang secara harfiyah artinya "Kotak Pasir Google" merupakan "hantu menakutkan" bagi para blogger.

CB sih keep calm aja... Gak terlalu memusingkan diri dengan Google Sandbox. Keindeks syukur... gak keindeks ya... usaha lagi dong!

Tips Menghindari Google Sandbox

1. Posting Asli
Cara terbaik menghindari Google Sandbox adalah membuat posting yang asli, karya sendiri, unik, orisinal. Posting copy paste, meskipun menyebutkan sumber, berpotensi masuk sanksi Google.

2. Mengulang Kata Kunci
Jangan Optimisasi Kata Kunci secara Berlebihan. Mengulang-ulang kata kunci secara tidak natural, terkesan dipaksakan, akan tidak enak dibaca dan dianggap spam oleh Google. Gunakan kata kunci (keywords) secara wajar, kurang dari 4%, dan variatif!

3. Hati-Hati Heading Tags H2
Jangan Sembarangan Menggunakan Heading Tag H2 dalam Tubuh Postingan. Jika postingan Anda tidak memerlukan Subjudul, ya jangan dipaksakan ada, misalnya tulisan pendek.

4. Hati-Hati Bold dan Italic
Jangan sembarangan menebalkan (Bold) atau memiringkan (Italic) kata dalam postingan.
Selain tidak user friendly, hal ini juga akan "mencurigakan" di mata mesin pencari Google.

5. Hindari Duplikasi Konten.
Caranya antara lain dengan mencegah indeks terhadap label. Masukkan kode berikut ini di bawah kode <head> di dalam template blog:

<b:if cond='data:blog.searchLabel'> 
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/> 
</b:if>

6. Jangan Buang All Head Content
Pastikan di template Blog Ada ada Kode seperti ini atau kode bentuk lain yang berfungsi sama:

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

7. Rajin Posting!
Rajin posting, seminggu sekali juga cukup. Keseringan juga gak baik jika dipaksakan. Update blog dengan konten fresh, asli, dan unik.

Referensi tentang Google Sandbox:
http://www.webconfs.com/google-sandbox-article-11.php
http://www.seochat.com/c/a/google-optimization-help/google-sandbox-frequently-asked-questions/
https://blog.whatclinic.com/2009/04/starting-an-online-business-how-to-avoid-the-google-sandbox/

Thanks for reading & sharing Pengertian & Tips Hindari Google Sandbox

Previous
« Prev Post

3 comments:

Comment Page:
  1. benar sekali mas dengan Mengulang Kata Kunci berlebihan itu berbahaya. paling sreing nemu blog dengan kata kunci yang di paksakan demi sebuah optimasi padahal dg begitu bikin pengunjung sedikit risih. kalau masalah tools cheker itu saya rasa hanya mencari keuntungan saja setiap blog yang saya tes semua kena sandbox.

    ReplyDelete
  2. Gak peduli sama Google Sandbox dan Google AdSense. Yang penting hobi menulis tersalurkan dengan baik. Alhamdulillah ^^

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox