Home » » Teknik SEO On-Page untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Teknik SEO On-Page untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Teknik SEO On-Page untuk Meningkatkan Pengunjung Blog
Tips SEO On-Page untuk Meraih Peringkat #1 Google & Meningkatkan Pengunjung (Traffic, PageViews)

ISTILAH SEO bukan hal asing bagi para blogger. Salah satu jenis SEO adalah "On-Page Search Engine Optimisation (SEO)", yaitu pengoptimalan indeks mesin pencari di blog itu sendiri, dalam hal ini setting dashboard dan posting (konten).

SEO penting dilakukan untuk bisa bersaing dengan jutaan blogger lain di mesin pencari, khususnya Google sebagai mesin telusur terpopuler di dunia. Kecuali posting kita sangat unik dan langka, setiap konten blog mesti dioptimisasi agar mudah terindeks Google dan ditemukan pengguna.

8 Tips SEO On-Page untuk Blogger

Berikut ini trik SEO On-Page untuk Meraih Peringkat #1 Google & Meningkatkan Pengunjung (Traffic, PageViews).

1. Page Titles

Judul Halaman adalah faktor SEO blog paling penting. Tiap halaman (pages) dan posting (posts) harus memiliki judul yang unik dengan menyertakan kata kunci utama.

Contohnya, kita menulis posting tentang teknik seo blog, maka kata kunci teknik SEO blog harus masuk dalam judul tulisan, milsanya: Teknik SEO Blog Terbaru 2015.

Dengan cara begitu, maka posting kita akan memiliki kesempatan lebih baik untuk menempati posisi teratas di halaman hasil pencarian Google (SERP).

2. Meta Descriptions

Deskripsi Meta yaitu gambaran ringkas tentang isi tulisan. Kita harus memasukkan kata kunci (keywords) yang relevan dalam meta deskripsi ini agar mudah terindeks Google.

Kolom meta deskripsi posting di blogger ada di sidebar kanan "Search Description" (Deskripsi Pencarian". Kita bisa mengisinya dengan judul posting yang lebih panjang, termasuk kata kunci yang dibidik.

Jika kolom "Search Description" tidak muncul, maka Anda harus setting dulu di dashboard blogger:
"Setting" > "Search Preferences" (Deskripsi Pencarian) > Meta Tag > Enable!

3. Meta Tags

Gunakan kode Meta Tags SEO Friendly. Meta Tags SEO akan otomatis mengatur seo halaman blog yang dibuka pengunjung dan diindeks mesin pencari.

4. URL Structure

Edit permalink URL Posting blog dengan cara klik menu "Permalink" di sidebar kanan saat menulis posting. URL pendek akan lebih baik karena terindeks semua oleh Google.

Contoh, permalink posting yang sedang Anda baca ini aslinya (yang otomatis) adalah http://contohblognih.blogspot.com/2015/07/teknik-seo-on-page-untuk-meningkatkan.html, lalu CB ubah menjadi: http://contohblognih.blogspot.com/2015/07/teknik-seo-on-page-meningkatkan-pengunjung-blog.html

Baca: Cara Mengubah Permalink Blog

5. Body Tags (H1, H2, H3, H4, etc.)

Triks SEO ini dikenal juga dengan istilah "Heading Tags". Biasanya judul tulisan menggunakan H1, Subjudul H2, dan seterusnya. Di blogger tersedia fitur jenis heading Heading, Subheading, Minor Heading, dan Normal.

Penggunaan body tags ini memberi sinyal kepada mesin pencari tentang mana bagian terpenting dalam posting blog.

6. Keyword Density

Kepadatan Kata Kunci. Jangan terlalu sering mengulang kata kunci agar tidak dianggap spamming atau robots oleh mesin pencari.

Kata kunci sebaiknya ada di judul, awal naskah, tengah, dan di akhir tulisan. Para pakar SEO menyebutkan kata kunci yang diulang di tulisan antara 2-5% saja. Jangan berlebihan, jangan pula kurang.

7. Image SEO

SEO Gambar. Menggunakan gambar dalam posting blog akan menambah kelengkapan posting yang disukai mesin pencari, juga lebih menarik bagi pembaca.

Gunakan gambar yang sesuai dengan topi, gunakan nama file yang berisi kata kunci, juga JANGAN LUPA mengisi "judul teks" (Title Text) dan "teks alternatif  (Alternative Text) di "Image Properties". (Baca panduannya: SEO Gambar Posting Blog).

8. Internal Linking

Membuat link internal, yaitu ngelingkan kata atau kalimat tertentu ke posting lain (posting lama) yang berkaitan dengan topik. (Baca: Cara membuat link internal di posting blog).

Navigasi menu, widget Related Posts di bawah tiap postingan, Random Posts, dan Popular Posts juga termasuk dalam internal linking.

Demikian Tips, Trik, dan Teknik SEO On-Page untuk Meningkatkan Pengunjung Blog yang CB sadur dari Online Income Teacher. Good Luck and Happy Blogging! (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Teknik SEO On-Page untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Previous
« Prev Post

0 comments:

Comment Page:

Post a Comment

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox