Home » » Kebijakan Konten Blog yang WAJIB Diketahui Para Blogger

Kebijakan Konten Blog yang WAJIB Diketahui Para Blogger

Kebijakan Konten Blog
Jenis-Jenis Konten (Posting) Blog yang Boleh dan Dilarang. Wajib diketahui & dipatuhi agar blog aman dan sukses. Ada larangan Komentar Spam dan Copy Paste lho..!

BLOGGER adalah platform blog gratis terpopuler dan terpercaya milik Google dengan domain blogspot.com. Kita hanya bisa membuat subdomain di depannya, seperti contohblognih.blogspot.com.

Bisa juga di-custom domain dengan menggunakan nama domain sendiri agar lebih berkesan profesional, kredibel, dan "serius", terutama untuk Blog Toko Online. Kita bisa membeli domainnya di provider seperti Qwords yang terpercaya.

Misalnya, alamat www.contohblognih.blogspot.com bisa diubah menjadi www.contohblog.net sehingga lebih pendek dan mudah diingat pengunjung. (Baca: Cara Custom Domain Blogger).

Kebijakan Konten Blogger

Berikut ini Kebijakan Konten Blogger tentang konten atau posting blog yang harus kita ketahui dan wajib patuhi agar blog kita aman terkendali dan tidak dihapus Blogger/Google:

Blogger adalah layanan gratis untuk komunikasi, ekspresi diri, dan kebebasan berbicara. Blogger meningkatkan ketersediaan informasi, mendorong debat yang sehat, dan memungkinkan hubungan baru di antara orang-orang. 

Blogger menyadari sensor konten blog bertentangan dengan layanan yang berlandaskan kebebasan berbicara. Namun demikian, demi mempertahankan nilai-nilai tersebut, Blogger harus mengendalikan penyalahgunaan yang mengancam kemampuan Blogger untuk menyediakan jasa dan kebebasan berekspresi yang dianjurkan.

Dengan demikian, terdapat beberapa batasan pada jenis konten yang dapat dihosting Blogger. Batasan yang ditetapkan mematuhi persyaratan hukuman dan berguna untuk meningkatkan seluruh layanan.

Jika Anda menemukan blog yang Anda rasa melanggar kebijakan kami, laporkan dengan menggunakan tautan 'Laporkan Penyalahgunaan' yang ada di atas masing-masing blog di menu tarik-turun 'Lainnya'. Jika pemilik blog menyembunyikan tautan tersembunyi ini, laporkan penyalahgunaan di Pusat Bantuan Blogger.

Batasan Konten

Kebijakan konten Blogger memainkan peran penting dalam menjaga pengalaman positif bagi blogger (admin) dan para pengguna. Harap ikuti panduan tersebut. Dari waktu ke waktu, Blogger dapat mengubah kebijakan kontennya.

Perhatikan juga, saat menerapkan kebijakan yang diuraikan di bawah ini, Blogger dapat membuat pengecualian berdasarkan pertimbangan artistik, pendidikan, dokumenter, atau ilmiah, atau jika ada keuntungan substansial lainnya bagi publik dari tidak melakukan sebuah tindakan terhadap konten.

Konten Dewasa: Blogger tidak memperbolehkan konten dewasa, termasuk gambar atau video yang mengandung ketelanjangan atau aktivitas seksual.

Jika blog Anda mengandung konten dewasa, tandai sebagai dewasa di setelan. Blogger juga dapat menandai blog dengan konten dewasa bila pengguna (admin) belum melakukannya.

Semua blog yang ditandai sebagai dewasa akan ditempatkan di belakang interstisial peringatan konten dewasa. Jika blog Anda memiliki interstisial peringatan, jangan coba menghindari atau mematikan interstisial - ini untuk perlindungan setiap orang.

Ada beberapa pengecualian untuk kebijakan konten dewasa Blogger:
  • Jangan gunakan Blogger sebagai cara untuk menghasilkan uang dengan konten dewasa. Sebagai contoh, jangan buat blog yang mengandung iklan untuk atau tautan ke situs porno komersial.
  • Blogger tidak mengizikan konten seksual, termasuk konten gambar, video, atau tekstual yang menggambarkan atau mendorong pemerkosaan, inses, bestialitas, atau nekrofilia.
  • Jangan memposting atau mendistibusikan gambar atau video bugil atau eksplisit secara seksual pribadi diri Anda, laporkan kepada Blogger.
Keselamatan anak: Blogge memiliki kebijakan "nol toleransi" terhadap konten yang mengeksploitasi anak. Beberapa contohnya termasuk:
  • Citra kekerasan seksual terhadap anak: Blogge akan menutup akun pengguna yang diketahui mempublikasikan atau mendistibusikan citra kekerasan terhadap anak.
  • Pedofilia: Blogge tidak mengizinkan konten yang mendorong atau mempromosikan ketertarikan seksual terhadap anak. Sebagai contoh, jangan membuat galeri gambar anak-anak di mana kumpulan gambar atau teks yang bersama gambar tersebut bernada seksual, dan jangan mempublikasikan konten yang bersifat seksual yang melibatkan anak di bawah umur.
Perkataan yang Mendorong kebencian: Produk Blogger adalah landasan untuk ekspresi bebas. Namun, Blogger tidak mendukung konten yang mendorong atau membenarkan kejahatan terhadap individu atau kelompok berdasarkan ras, etnisitas, agama, disabilitas, jenis kelamin, usia, kewarganegaraan, status veteran, atau orientasi seksual/identitas jender, atau yang tujuan utamanya adalah memicu kebencian berdasarkan karakteristik utama ini. Ini bisa jadi hal yang cukup sulit ditentukan, namun jika tujuan utamanya adalah untuk menyerang kelompok yang dilindungi, konten tersebut melanggar aturan.

Konten Kasar: Jangan memposting konten yang mengejutkan atau seram. Sebagai contoh, kumpulan gambar jarak dekat luka tembakan atau lokasi kecelakaan tanpa konteks atau komentar tambahan melanggar kebijakan ini.

Kekerasan: Jangan mengancam orang lain di blog Anda. Sebagai contoh, jangan memposting ancaman pembunuhan terhadap seseorang atau kelompok dan jangan memposting konten yang mendorong pembaca untuk melakukan tindakan kekerasan terhadap seseorang atau sekelompok orang.

Pelecehan: Jangan melecehkan atau merisak orang lain. Setiap orang yang menggunakan Blogger untuk melecehkan atau merisak dapat mengakibatkan kontennya yang mengganggu dihapus atau diblokir secara permanen dari situs. Pelecehan online juga ilegal di banyak tempat dan dapat menyebabkan konsekuensi offline yang serius.

Hak Cipta: Kebijakan Blogger mengharuskan penanggapan atas pemberitahuan dugaan pelanggaran hak cipta yang jelas. Informasi lebih lanjut tentang prosedur hak cipta kami dapat ditemukan Blogger DMCA.

Jangan pula sediakan tautan ke situs di mana pembaca Anda bisa mendapatkan unduhan konten orang lain yang tidak berizin.

Informasi pribadi dan rahasia: Tidak diperbolehkan untuk mempublikasikan informasi pribadi dan rahasia orang lain. Sebagai contoh, jangan posting nomor kartu kredit, nomor Jaminan Sosial, nomor telepon tidak terdaftar, dan nomor surat izin mengemudi orang lain. 

Perhatikan juga bahwa dalam kebanyakan kasus, informasi yang sudah tersedia di tempat lain di Internet atau dalam catatan publik tidak dianggap sebagai pribadi atau rahasia sesuai kebijakan Blogger.

Meniru identitas orang lain: Jangan mengelabui atau membingungkan pembaca dengan berpura-pura menjadi orang lain atau berpura-pura mewakili sebuah organisasi, jika itu tidak benar. Anda tidak berarti dilarang mempublikasikan parodi atau satir --hindari saja konten yang kemungkinan mengelabui pembaca dari identitas Anda sebenarnya.

Aktivitas ilegal: Jangan gunakan Blogger untuk melakukan aktivitas ilegal atau mempromosikan aktivitas berbahaya atau ilegal. 

Sebagai contoh, jangan menulis blog yang mendorong orang untuk mabuk saat mengemudi. Jangan juga menggunakan Blogger untuk menjual atau mempromosikan narkoba. 

Jika Anda melanggar hal itu, Blogger dapat menghapus konten Anda. Dalam kasus yang serius, seperti yang melibatkan pelecehan anak, Blogger dapat melaporkan Anda ke pihak yang berwajib.

Barang dan Jasa yang diatur: Jangan gunakan Blogger untuk menjual atau memfasilitasi penjualan barang dan jasa yang diatur, seperti minuman beralkohol, judi, obat-obatan, dan suplemen yang tidak berizin, tembakau, kembang api, senjata, atau perangkat kesehatan/medis.

Spam: Spam memiliki beberapa bentuk di Blogger, semuanya dapat mengakibatkan penghapuan akun atau blog Anda. Sebagai contoh: 
  1. Membuat blog yang dirancang untuk mendorong lalu lintas ke situs Anda atau menaikkan peringkatnya di daftar penelusuran
  2. Memposting komentar di blog orang lain hanya untuk mempromosikan situs atau produk Anda
  3. Mengambil konten yang ada dari sumber lain dengan tujuan utama untuk menghasilkan uang atau keuntungan pribadi lainnya.
Malware dan virus: Jangan buat blog yang menularkan virus, membuat pop-up, berusaha untuk menginstal piranti lunak tanpa izin pembaca, atau memengaruhi pembaca dengan kode berbahaya. Ini sangat dilarang di Blogger.

Penegakan Kebijakan Konten Blogger
Laporkan pelanggaran kebijakan yang dicurigai menggunakan tautan 'Laporkan Penyalahgunaan' yang ada di atas masing-masing blog di menu tarik-turun 'Lainnya' atau dengan mengeklik Melaporkan Penyalahgunaan.

Tim kami Blogger meninjau tanda pengguna untuk pelanggaran kebijakan. Jika blog tidak melanggar kebijakan, Blogger tidak akan mengambil tindakan apa pun terhadap blog atau pemilik blog. 

Jika kami menemukan blog memang melanggar kebijakan konten, Blogger akan melakukan salah satu atau beberapa tindakan berikut ini, tergantung tingkat pelanggaran:
  • Memasukkan blog ke interstitial 'konten dewasa'
  • Memasukkan blog ke interstitial saat hanya pengarang blog yang dapat mengakses konten
  • Mengapus konten, posting blog, atau blog menyinggung
  • Mematikan akses pengarang ke akun Bloggernya
  • Mematikan akses pengarang ke akun Googlenya
  • Melaporkan pengguna ke petugas berwenang
Blogger juga dapat melakukan tindakan di atas jika menemukan seseorang telah membuat beberapa blog yang terlibat dalam perilaku melecehkan yang berulang. 

Jika blog Anda pernah dinonaktifkan, jangan buat blog pengganti yang terlibat dalam kegiatan serupa.

Nah.... itu dia, banyak banget ya Kebijakan Konten Blog yang WAJIB kita diketahui dan patuhi?

Jika blog atau posting Anda tiba-tiba hilang, tidak terindeks Google, masuk Google Sandbox, Google Adsense kena banned, atau "error" apalah apalah.... maka kemungkinan besar konten blog Anda telah melanggar Kebijakan Konten ini. Waspadalah....! (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Kebijakan Konten Blog yang WAJIB Diketahui Para Blogger

Previous
« Prev Post

5 comments:

Comment Page:
  1. Saya punya pertanyaan mas, "Jangan pula sediakan tautan ke situs di mana pembaca Anda bisa mendapatkan unduhan konten orang lain yang tidak berizin."
    Bagaimana dgn sebuah blog yang menyediakan artikel tentang software, serta file download tersebut? Kan banyak tuh mas blog yang ngereview sebuah software, serta link download software.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. kalo software-nya gratis kan bebas, gak apa-apa...
      2. yang tidak ada izin, biasanya baru ditindak jika ada pengaduan dari sang pemilik, kalo gak ada pengaduan, lolos aja.... :)

      Delete
  2. "Membuat blog yang dirancang untuk mendorong lalu lintas ke situs Anda atau menaikkan peringkatnya di daftar penelusuran" ...

    ini sejenis blog dummy ya mas...? #masih_bocah

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox