Home » » Dampak Buruk Terlalu Lama Duduk Keasyikan Nge-Blog

Dampak Buruk Terlalu Lama Duduk Keasyikan Nge-Blog

Dampak Buruk Terlalu Lama Duduk Keasyikan Nge-Blog
SESEKALI boleh dong kita posting non-blogging, tapi masih nyambung sih, yaitu tentang dampak buruk jika kita terlalu lama duduk karena keasyikan ngeblog (blogging).

Posting ini juga buat mengingatkan CB dan "kawan-kawan seperjuangan" (blogger) yang sering "lupa waktu" dan "lupa berdiri" jika lagi asyik ngeblog. Terutama kalo pas utak-atik template (desain blog) tuh, euhhhh.... bisa lupa makan lupa minum deh :)

Dikutip dari clear.co.id, beberapa dampak buruk duduk terlalu lama antara lain:

1. Memunculkan Risiko Obesitas
Kelamaan duduk membuat kinerja otot juga kurang dimaksimalkan.

2. Meningkatnya Kolesterol
Duduk dalam waktu yang lama dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Inilah yang akan meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Jika itu terjadi, sensitivitas insulin dapat berkurang. Efek buruknya akan dirasakan juga oleh anggota tubuh yang lain.

3. Tulang Punggung Sakit. 
Berjam-jam duduk dan menatap layar komputer memiliki dampak buruk untuk tulang punggung. Inilah yang akan menambah risiko punggung bagian bawah mengalami cedera. Solusinya, setengah jam sekali berjalan-jalanlah dan mulai rutin berolahraga!

Masih kurang? Baiklah, dikutip dari Living Well, berikut ini lima hal yang disebabkan akibat terlalu lama duduk: 

1. Menyebabkan Obseitas
Tidak banyak gerak, berlama-lama duduk, menurut sejumlah pakar gizi dapat menyebabkan obesitas, atau kerap disebut dengan penyakit kegemukan. Dalam beberapa jurnal kesehatan, disebutkan bahwa duduklah dengan porsi yang cukup, yakni maksimal 1,5 jam dan kemudian diselingi dengan waktu berdiri atau bergerak yang agak lama.

2. Menyebabkan resiko penyakit Jantung
Temuan mengejutkan terjadi di negara Australia. Disebutkan dalam suatu keterangan, sekitar 46% orang yang banyak duduk dapat mengakibatkan risiko penyakit jantung, dan umunya di derita oleh orang yang sehari-hari hanya duduk diam menonton tv atau di depan komputer.

3. Menyebabkan Risiko Kanker
Studi kesehatan di benua Eropa menyebutkan bahwa risiko kanker dipicu oleh salah satu faktor banyak duduk

4. Mengurangi Umur
Beberapa studi, dan fakta di bidang kesehatan menyebutkan bahwa banyak duduk dapat menyebabkan risko kematian. Salah satu bukti nyata, adalah kasus salah satu pemain game online di negara Korea Selatan yang meninggal gara-gara terlalu banyak duduk di depan komputer nya selama berhari-hari karena bermain game.

5. Menyebabkan Stres
Kebanyakan duduk mengerjakan suatu pekerjaan dan aktivitas tanpa perenggangan otot dan badan mengakibatkan beban ke otak semakin berlebihan. Hal ini menjadi salah satu unsur pemicu stres.

Kurangilah kegiatan Anda dengan duduk, jangan lupa untuk melakukan perenggangan badan sejenak setelah berlama-lama duduk dan ubah pola aktivitas dan hidup anda menjadi lebih sehat.

BANYAK MINUM!
Nah, ini sering CB denger nih. Kalo kita suka duduk berlama-lama, jangan lupa banyakin minum air mineral!

Selain itu, seorang kawan juga memberi saran, agar kursi yang kita duduki bukan bersarung kulit yang tidak tembus udara; jadi sebaiknya kursi yang tembus udara --kali biar kalo buang angin juga "lepas" ya :)

Demikian dampak buruk jika kita terlalu lama duduk. Bagaimana, ada tambahan? (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Dampak Buruk Terlalu Lama Duduk Keasyikan Nge-Blog

Previous
« Prev Post

1 comments:

Comment Page:
  1. hemmm....patut waspada juga nih. kayaknya kalian yang bloging kudu tau juga tuh apa dampak multitasking. ada kaitanya juga nih sama blogging, biar gk penyakitan. klo yg mau tau maen aje silaturahim.

    oh ya om. mana template terbarunya lagi. tar ane beli buat blog ane yang laen. kabarin aja lewat email ku.

    ku tunggu yo.

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox