Home » » Judul Umpan Klik untuk Blog, Bagus Tidak buat Trafik dan SEO?

Judul Umpan Klik untuk Blog, Bagus Tidak buat Trafik dan SEO?

Judul Umpan Klik
KITA sering membaca judul berita di situs-situs penganut "jurnalistik umpan klik" (clickbait journalism) seperti: Bobotoh Kecewa dengan Performa Persib Bandung, Tapi Mereka Beri Saran Seperti Ini.

Perhatikan kata yang dibold. Kata-kata "ini", "inilah", "begini", "ini komentar", "ini jawaban", atau "wow", "ngeri", "miris", dan sebaginya sering muncul di situs-situs berita penganut jurnalisme umpan klik.

Judul umpan klik  (clickbait headline) disebut juga "jebakan klik", karena menjebak pembca. Begitu link beritanya dibuka, isi beritanya biasa-biasa saja, tidak seheboh judulnya!

Tujuan judul-judul umpan klik seperti berikut ini bertujuan mengundang klik, pageviews, atau jumlah kunjungan.

  1. Ini Reaksi Cita Citata Soal Komentar Temannya
  2. Ditanya Soal Jodoh, Begini Jawab Ayu Ting Ting
  3. Ini Komentar Julia Peres soal Pria Idamannya
  4. Wow! Menakjubkan, Ini Khasiat Daun Pisang
  5. Miris Gan! Ngeri Bacanya! Tolong Share Agar....
  6. Coba Tempelkan Es Batu ke Telinga Anda, Lihat Apa yang Terjadi!
  7. Gara-Gara Posting Foto Ini, Ahok Banjir Ucapan Terima Kasih
Seru ya? Benar, seru, namun juga LEBAY bin ALAY. Itulah fenomena situs-situs berita sekarang, yang dipelopori situs Kompas dan Tribunnews, dan diikuti oleh situs-situs berita lainnya.

Para blogger pun banyak yang LATAH alias ikut-ikutan membuat judul posting seperti itu (umpan klik). Banyak blog berita yang judulnya sangat sensasional dan dramatis untuk menarik pengunjung.


Judul Umpan Klik harus dihindari jika Anda tidak mau dikecewakan. Pembaca atau pengguna internet dieksploitasi, dimanipulasi, bahkan ditipu oleh media-media yang menganut judul umpan klik.

"Hindari judul umpan klik seperti menghindari penyakit," tulis Titan Web. Anda jangan menirunya karena "judul umpan klik merusak reputasi web Anda," tulis SEO Pressor.

Menurut Growth Hackers, judul umpan klik berdampak buruk bagi SEO. "Clickbaiting headline is no longer effective these days. Not only it will push your audiences away, it will also affect your SEO negatively. Find out more in this blog post," tulisnya.

Facebook dan Twitter juga mulai memerangi judul umpan klik karena merugikan pengguna.

Penjelasannya, kata "ini" atau "wow" termasuk stop words yang harus dihindari karena bisa dianggap SPAM oleh Google dan mesin pencari lainnya.

Judul Umpan Klik adalah judul-judul iklan. Dalam sejarah umpan klik disebutkan, judul umpan klik merupakan versi baru Jurnalisme Kuning (Jurnalistik Koran Kuning) yang mengutamakan judul sensasional, bombastis, dramatis, alias lebay bin alay.

Jadi, Judul Umpan Klik untuk Blog, Bagus Tidak? Menurut para pakar yang linknya disebutkan di atas, jawabnya adalah TIDAK BAGUS buat blog kita. 

Namun, judul umpan klik terbaik untuk blog antara lain dengan menggunakan kata "how to" (cara membuat, cara memasang, cara mengatasi) jika postingan berupa tips. Itu tidak menipu pembaca.

Bagaimana, Anda juga menganut judul umpan klik? Pilihan di tangan Anda, demikian pula risikonya. Bisa jadi, blog Anda banjir pengunjung atau sebaliknya... bikin muak pembaca dan ditinggalkan.

Dalam ilustrasi gambar dari Titan Web di atas, judul umpan klik diibaratkan umpan pancing. Dua ikan yang "cerdas" tahu bahwa itu jebakan, maka mereka pun mengabaikannya.

Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Judul Umpan Klik untuk Blog, Bagus Tidak buat Trafik dan SEO?

Previous
« Prev Post

3 comments:

Comment Page:
  1. setuju gan,,,,
    terkadang kita sebagai penyebar berita,
    harus bisa menempatkan diri sebagai pembaca berita,,,
    kira-kira mau atau muak jika diperlakukan seperti itu,,,,
    Hehe,,,,piiis,,, salam kenal N salam damai,,,

    ReplyDelete
  2. hahaha iyah gan, kadang ane merasa kecewa juga kalau judul dan isinya tidak sesuai (aliyas zonk) -_-

    ReplyDelete
  3. Hahahaha, sangat setuju min. Klo saya sendiri,baca judulnua aja ogah. Apalagi smpek klik link nya.

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox