Home » , » Survei: 95 Persen Orang Indonesia Baca Berita via Ponsel

Survei: 95 Persen Orang Indonesia Baca Berita via Ponsel

Survei: 95 Persen Orang Indonesia Baca Berita via Ponsel
SEBANYAK 95.4 persen pengguna internet Indonesia membaca berita dari ponsel (HandPhone) atau via Smartphone.

Demikian hasil survei UC Browser seperti dikutip Merdeka.

Dengan demikian, hampir 100 persen orang Indonesia kini mencari dan menemukan berita atau infomasi melalui HP. 

Jumlah pembaca berita di mobile devices itu itu mengalahkan TV (45.9 persen), koran/majalah (20.9 persen), PC (15.3 persen), dan radio (6.7 persen). 

Data tersebut juga berarti para pengguna internet mobile di Indonesia cenderung meninggalkan media konvensional sebagai sumber informasi. Mereka lebih menggunakan Internet sebagai pilihan utama untuk mendapatkan informasi dan hiburan.

Hasil survei tersebut diperkuat data dari aseanup.com yang menyatakan Indonesia merupakan negara "mobile first" dengan 61 persen pengguna Internet mengakses Internet melalui perangkat mobile dan 39 persen melalui PC.

Data survei UC Browser juga menunjukkan, 75.6 persen pengguna Internet mobile di Indonesia membaca berita di ponsel lebih dari tiga kali sehari, 11.8 persen di antaranya 2-3 kali sehari dan 11.1 persennya satu kali sehari. 

Sebanyak  56.5 persen pengguna Internet di Indonesia rata-rata membaca 4-12 artikel berita per hari.

Data dari Reuters Institute for the Study of Journalism juga memaparkan Facebook memainkan peran penting dalam menyalurkan berita online, diikuti YouTube dan Twitter.

Kaitannya dengan Blogging: Template Blog Responsive

Dalam perspektif blogger, berita bahwa 95 Persen Orang Indonesia Baca Berita via Ponsel di atas menunjukkan pentingnya Template Blog Responsive atau Mobile Friendly.

Responsive menempati peringkat #1 dalam Trend Desain Web/Blog Sejak 2015. Persis dikatakan Elegant Themes: "Responsive or Go Home". Responsif atau ke laut aja!

Pebisnis online, instansi, perusahaan, dan kalangan mana pun yang situs web (website)-nya masih belum responsive, mau tidak mau harus segera me-responsif-kan desain webnya.

Google juga sejak lama merekomendasikan tampilan mobile friendly. Si Mbah juga sudah menyediakan laman khusus untuk mengecek apakah web/blog kita sudah responsive apa belum, yaitu Mobile-friendly Test.

Sebenarnya, bagi blogger di blogspot atau pemilik web dengan hosting blogger (custom domain) tak usah terlalu risau, kalaupun belum menggunakan template responsive.

Pasalnya, Blogger menyediakan template default mobile-friendly. Tinggal aktifkan mobile-templatenya dengan cara setting di dashboard seperti gambar berikut ini:

Aktifkan Mobile Template Blogger

Namun, jika Anda menggunakan template responsive --dan sebaiknya begitu agar lebih mobile-friendly, misalnya salah satu template SEO Friendly di Galeri Template CB, maka settingannya dengan menonaktifkan template mobile blogger, seperti ini:

nonaktifkan template mobile blogger

Demikian ulasan tentang hasil survei yang menunjukkan hampir 100% atau 95 persen orang Indonesia membaca berita via ponsel, kaitannya dengan Blogging. Good Luck & Happy Blogging!(http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Survei: 95 Persen Orang Indonesia Baca Berita via Ponsel

Previous
« Prev Post

0 comments:

Comment Page:

Post a Comment

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox