October 11, 2016

Cara Menyimpan Kode JavaScript Sendiri Agar Blog Fast Loading

October 11, 2016

Cara Menyimpan Kode JavaScript Sendiri agar Blog Fast Loading
Cara Menyimpan Kode JavaScript Sendiri Agar Blog Fast Loading

KODE JavaScript biasanya sangat banyak. Makanya, banyak kode JS yang berupa link. Itu artinya, kode javascript disimpan (dihosting) di situs lain, bukan di template.

Kode javascript yang disimpan di situs lain akan membuat loading blog jadi berat. Karena, saat blog dibuka, ia harus nge-link ke situs lain yang menyimpan salah satu kode scriptnya itu.

Belum lagi jika blogger lain juga sama-sama memasang link javascript tersebut, maka akan saling tarik dan jelas memperlambat loading blog.

Selain mempengaruhi loading, menyimpan kode javascript di situs lain juga berisiko tidak berfungsi, jika situs yang kita simpani kode tersebut sudah off. Contohnya, Google Code saat ini sudah tidak berfungsi.

Silakan cek kode template blog Anda. Dipastikan, jika ada kode yang nge-link ke Google Code, maka widget tidak berfungsi. Umumnya, kode javascript Related Posts disimpan di sana, sehingga tidaka berfungsi lagi.

Maka, cara terbaik untuk loading blog ringan dan aman (widget berfungsi), sebaiknya simpan sendiri kode tersebut atau ekstrak saja di template, biarin banyak juga! Namun, jika memang dianggap kepanjangan, maka simpan sendiri saja dengan nama file sendiri, sehingga hanya blog kita yang nge-link ke koden tersebut, sehingga bisa fast loadong.

Cara Menyimpan Kode JavaScript Sendiri

Sebagai contoh, misalkan kita menggunakan kode Tombol Share Whatsapp. Kode aslinya seperti ini:

<script type='text/javascript'>if(typeof wabtn4fg===&quot;undefined&quot;){wabtn4fg=1;h=document.head||document.getElementsByTagName(&quot;head&quot;)[0],s=document.createElement(&quot;script&quot;);s.type=&quot;text/javascript&quot;;s.src=&quot;//yourjavascript.com/09010225501/whatsappblogger.js&quot;;h.appendChild(s);}</script> 

1. Buka link file javascript yang warna merah dengan cara copas linknya ke address bar.
2. Copas semua kode yang terbuka
3. Paste di Notepad
4. Klik Save
5. Tulis nama file dengan menambah .js di belakangnya (misalnya: sharewhatsapp.js)
5. Pilih Save as type: All Files
6. Encoding: UTF-8
7. Klik Save!

8. Buka situs penyimpanan javasrcipt seperti Your Java Script.

YourJavaScript.com

Catatan: YourJavaScript.com adalah sius yang menyediakan hosting gratis untuk menyimpan file JavaScript (.js). Anda bisa menggunakan layanan ini dengan gratis dan mudah, yaitu hanya menggunakan email dan langsung bisa upload file .js. Taglinenya: YourJavaScript.com will host your javascript file for free forever.

9. Upload file yang disave tadi.
10. Buka inbox email. Akan ada link file JS Anda untuk me-replace link JS yang lama.

<script type="text/javascript" src="link-ke-kode-javasscript.js di sini"></script>

Demikian Cara Menyimpan Kode JavaScript Sendiri agar Blog Fast Loading. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Cara Menyimpan Kode JavaScript Sendiri Agar Blog Fast Loading

  1. Kalo saya saat ngandelin jasa github. Sebelumnya di Google Drive tapi berhubung ada perubahan terpaksa migrasi ke github. Risiko gratisan yang mesti ditanggung kalo layanan hostingnya ngumumin bakal 'shutdown'.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, sudah saya terapkan dan membantu di blog saya

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *