November 16, 2016

Memadukan Media Sosial dan Blog untuk Pengembangan Bisnis

November 16, 2016

MEDIA SOSIAL sejatinya adalah media pertemanan dan jejaring sosial (social networking). Namun, media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis online.

Dipadukan dengan blogging (toko online/online store), maka pengembangan bisnis akan "sempurna" meningat masyarakat umumnya menggunakan internet untuk mencari info produk sebelum shopping, baik beli online langsung maupun beli offline.

CB --kemungkinan besar Anda juga-- biasa Googling dulu sebelum membeli sebuah produk atau mencari layanan jasa (service). Saat CB mau beli burung kenari, misalnya, maka CB pun tanya ke Si Mbah dengan kata kunci "kenari bandung" atau "jual kenari panda bandung".

Menurut para pakar internet marketing, perpaduan media sosial dan website atau blogging merupakan perpaduan sempurna untuk bisnis online. Media sosial berfungsi mempromosikan produk sekaligus berinteraksi dengan pelanggan atau calon pembeli.

Website atau blog menjadi HUB atau pusatnya. Yang  dimuat di web/blog atau toko online kemudian disebarkan melaku media sosial, terutama Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube. 

Ini gambarannya peran blog bagi pengembangan bisnis online:

Memadukan Media Sosial dan Blog untuk Pengembangan Bisnis

Tentu, tampilan blog bisnia Anda harus menarik untuk menunjukkan profesionalisme dan mendapatkan kredibilitas, mulai dari nama domain (jangan gratisan blogspot!) hingga tampilannya yang simple, elegan, fast loading, mobile dan user friendly, dan tentu saja... harus seo friendly agar mudah ditemukan pelanggan di mesin pencari.

Jangan hanya mengandalkan media sosial dalam bisnis online karena audiens medsos itu terbatas. Berbeda dengan blog yang mudah terindeks Google dan muncul di halaman hasil pencarian.

Menurut laman Nows The Time to Ask, media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, dan Pinterest merupakan media untuk menarik perhatian pelanggan sekaligus membangun citra merek (branding). 

Maka, jangan lupa pasang link akun media sosial Anda di sidebar blog atau di tempat yang mudah dilihat, termasuk di navigasi menu atas header.

Demikian catatan ringkas seputar memadukan Media Sosial dan Blog untuk Pengembangan Bisnis atau merintis usaha berbasis internet. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Memadukan Media Sosial dan Blog untuk Pengembangan Bisnis

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *