Cara Mengetahui Foto Asli, Sumber Gambar, dan Hoax

Cara Mengetahui Foto Asli, Sumber Gambar, dan Hoax
Jangan terkecoh dengan foto cantik di media sosial. Kenali juga hoax dan sumber foto asli. Cek di Google Image!

HOAX menjadi trending issue. Banyaknya akun bodong (palsu) dan akun bayaran (buzzer) di media sosial, terutama Facebook dan Twitter, membuat hoax begitu mudah dibuat dan disebarkan.

Akun-akun bayaran juga sering merangkap akun palsu, dengan menggunakan foto profil orang lain. 

Banyak juga akun Facebook & Twitter yang menggunakan foto wanita cantik guna mendapatkan banyak teman dan follower.

Jangan terkecoh dengan foto cantik di media sosial! Cek akunnya dan foto-foto lain yang diunggahnya. Siapa tahu, ternyata itu foto model dan Uzbekistan, misalnya.  Padahal Anda sudah berteman dan memuji kecantikannya di komentar :)

Tips berikut ini, selain untuk mengetahui Hoax dan Foto Asli, juga menjadi cara mengetahui sumber gambar, terutama jika kita bingung mau menyebutkan sumber gambar di postingan blog, saking terlalu umumnya gambar yang kita download dan upload.

Cara Mengetahui Foto Asli, Sumber Gambar, dan Hoax

  1. Buka Google Image
  2. Klik icon Kamera di bagian kotak pencarian
  3. Copas link gambarnya atau upload gambar yang akan dicek
  4. Google akan menampilkan gambar asli dari berbagai situs terpercaya.

Cek foto di Google Image

Cek foto di Google Image

Contoh1

Mari kita cek gambar "How to Blog", yaitu gambar favorit CB. Ini hasilnya.

hasil cek foto google image
hasil cek foto google image



Contoh2

Mari kita cek foto profil wanita cantik di Facebook. Cantik banget sehingga banyak Facebooker lain "kesengsem" dan memuji kecantikannya.

foto profil wanita cantik di Facebook

Setelah dicek akunnya, tidak ada foto lain. Sudah bisa dicurigai, itu akun palsu atau foto palsu --maksudnya foto profil palsu, bukan foto asli pemilik akun.

foto profil wanita cantik di Facebook

Ternyata, itu adalah foto Muslimah cantik dari Kerala, sebuah negara bagian di India bagian barat daya. Kata kunci di Google "cute muslim girls in kerala". Untuk melihat fotonya yang banyak, silakan ketik "cewek berjilbab cantik" di Google Image.

Nah, kalo foto Polwan Cantik di Polda Jabar yang menjadi viral pasca ledakan Bom Panci Bandung berikut ini bukan hoax, tapi asli. Namanya Ismi Aisyah.

Ismi Aisyah. Foto: VidioViral.com.*

Demikian Cara Mengetahui Foto Asli, Sumber Gambar, dan Hoax, agar kita tidak tertipu dengan berita palsu, tahu sumber foto, dan tidak tertipu foto profil di media sosial. (www.contohblog.com).*

2 Komentar untuk "Cara Mengetahui Foto Asli, Sumber Gambar, dan Hoax"

Baju kuning jangan sampai lepas!
Aceh banget wajahnya ;)

Oke, yang Polwan buat gue :)

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *