Pengertian dan Pentingnya Blog Mobile-Friendly

Pengertian dan Pentingnya Blog Mobile-Friendly
Pengertian dan Pentingnya Blog Mobile-Friendly -- Disukai Mesin Pencari Google dan Pengunjung.

Mobile is changing the world. Mobile sedang mengubah dunia. Demikian kata Google.

Saat ini, lanjut Google, setiap orang memiliki smartphone, terus berkomunikasi dan mencari informasi. Di banyak negara, jumlah smartphone telah melampaui jumlah komputer pribadi. 

Karenanya, memiliki situs web (blog) yang ramah seluler (mobile-friendly) merupakan hal penting untuk eksis di dunia online. "Having a mobile-friendly website has become a critical part of having an online presence," jelasnya.

Mayoritas pengguna yang datang ke situs Anda cenderung menggunakan perangkat seluler. 

Di Amerika Serikat, 94% orang yang punya ponsel cerdas (smartphone) mencari informasi lokal di ponsel mereka. 

Menariknya, 77% penelusuran seluler terjadi di rumah atau di tempat kerja, tempat di mana komputer desktop cenderung hadir. Artinya, meski ada komputer, laptop, atau netbook, kebanyakan orang justru mengunakan HP untuk mencari informasi.

Para blogger atau webmaster harus memastikan blog atau situs webnya sesuai dengan Pengalaman Pengguna (UX) tersebut --mudah diakses di perangkat seluler alias mobile-friendly.

Pengertian Mobile-Friendly

Mobile Friendly --Google menyebutnya "Ramah Seluler" dalam bahasa Indonesia-- adalah istilah bagi situs web atau blog yang mudah diakses dan cepat tampil di perangkat mobil (handphone/smartphone).

Pengertian Mobile-Friendly


"Saat membuat situs web di komputer desktop, ingat bahwa banyak di antara pengunjung Anda yang akan mengunjungi situs dari ponsel. Pastikan situs Anda ramah seluler (mobile-friendly), yaitu dapat dimuat dan ditampilkan dengan baik di perangkat seluler, sehingga pengunjung dapat memperoleh pengalaman terbaik," tulis Google.

Mobile-Friendly juga dikenal dengan istilah Responsive dan Adaptif. Para blogger lebih akrab dengan istilah Responsive, karena banyaknya Template Blog Responsive.


Pentingnya Blog Mobile-Friendly

Di atas sudah disebutkan pentingnya blog kita ramah seluler (mobile-friendly). Jika tidak, seperti disebutkan Elegant Theme: Responsive or Go Home!

Google bahkan sudah meluncurkan algoritma MobileGeddon pada 21 April 2015 yang mengutamakan blog atau website yang mobie-friendly.

Dikutip Tempo, jumlah pengunjung yang meninggalkan situs yang tidak ramah seluler semakin tinggi. Riset menunjukkan 74 persen pengguna cenderung lebih ingin kembali pada situs yang mobile-friendly.

 Pentingnya Blog Mobile-Friendly
credit: thewebsitedesigncompany.com


Google mengatakan, mobile-friendly  hanyalah satu dari 200 sinyal untuk mengevaluasi hasil pencarian terbaik. Ini tidak berarti bahwa situs yang tidak mobile-friendly akan hilang dari pencarian melalui seluler. 

Situs yang memiliki konten berkualitas tinggi tetapi tidak mobile-friendly, masih bisa berperingkat tinggi jika situs tersebut memiliki konten yang relevan untuk kueri pengguna.

Cara Menguji Blog Mobile-Friendly atau Tidak

Google menyediakan laman khusus untuk menguji blog kita apakah sudah mobile-friendly apa belum, yaitu Mobile-Friendly Test.

Kita tinggal buka dan masukkan alamat blog di kolom yang tersedia. Halaman tersebut akan menganalisis dan menampilkan hasilnya, seperti ini:

Pentingnya Blog Mobile-Friendly

Selain halaman yang disediakan Google, kita juga bisa menggunakan laman tes mobile-friendly lainnya, seperti:
  1. Am I Responsive
  2. Troy Labs Daum
Am I Responsive memunculkan hasil tes berupa tampilan desktop, tablet, dan HP. Di Troy lebih lengkap lagi, dari berbagai jenis ukuran HP ada. Coba saja cek blog Anda.

Jika blog Anda tidak mobile-friendly, segera Ganti Template Mobile-Friendly

Namun, jika Anda menggunakan template bawaan blogger, tinggal disetting saja, kecuali Template Bawaan Blogger Terbaru yang sudah otomatis mobile-friendly.

Demikian ulasan ringkas tentang Pengertian dan Pentingnya Blog Mobile-Friendly. Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

1 Komentar untuk "Pengertian dan Pentingnya Blog Mobile-Friendly"

Terima kasih...
Sangat bermanfaat...

1. Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *