April 6, 2018

Cara Agar Blog Dibaca Kalangan Terbatas - Membuat Member Login di Blogger

April 6, 2018

Cara Agar Blog Dibaca Kalangan Terbatas - Membuat Member Login di Blogger. Konten Blog Dibaca Member Saja.

TANYA:
Menggunakan blogspot apakah bisa ? Saya berencana membuat website yg bisa membership / hanya member tertentu bisa login atau mengakses konten2 saya. Mungkin pakai blogspot bisa kah ? Pakai Blogspot apakah bisa ? Mohon infonya ya CB... Thanks..

JAWAB:
Bisa, yaitu dengan cara setting sebagai berikut:




Di laman Bantuan Blogger disebutkan, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat mengedit blog, dan siapa yang dapat membacanya.

Setelah disetting demikian, saat alamat blog dibuka, akan muncul notifikasi seperti ini:

This blog is open to invited readers only

This blog is open to invited readers only
It doesn't look like you have been invited to read this blog. If you think this is a mistake, you might want to contact the blog author and request an invitation.

Cara Memilih Siapa yang bisa melihat blog Anda

Secara default, blog Anda bersifat publik, dan dapat dibaca oleh siapa pun di web. Untuk mengubah siapa yang dapat melihat blog Anda:
  1. Login ke Blogger.
  2. Pilih blog yang akan diupdate.
  3. Di menu sebelah kiri, klik Setelan > Dasar.
  4. Di bawah "Izin", temukan "Pembaca Blog" dan klik Edit.
  5. Pilih atau centang Pribadi - Khusus pembaca ini.
  6. Klik Simpan perubahan.
Masukkan email orang yang diizinkan membaca postingan blog Anda, misalnya teman, keluarga, atau anggota (membership).

Pemilik email akan menerima notifikasi email dari Google/Blogger berisi undangan seperti ini: "[Reminder] - You have been invited to view .... " dan harus "terima undangan" (accept invitation) untuk bisa akses.

Nantinya, mereka harus login dulu ke akun Blogger atau Gmail untuk bisa mengakses konten blog Anda.

Membuat Member Login di Blogger

Agar tampak profesional, Anda bisa membuat form LOGIN untuk blogger dengan menggunakan kode yang dishare di forum CNet berikut ini.

1. Layout > Add a Gadget > pilih HTML/JavaScript
2. Copas kode berikut ini:

<form action="https://www.google.com/accounts/ServiceLoginBoxAuth" method="post" onsubmit="onlogin()"><input value="http://www.blogger.com/loginz?d=%2Fhome&p=http%3A%2F%2Fwww.blogger.com%2F" name="continue" type="hidden"/><input value="blogger" name="service" type="hidden"/><input value="8" name="nui" type="hidden"/><input value="8" name="naui" type="hidden"/><input value="2" name="fpui" type="hidden"/><input value="3" name="uilel" type="hidden"/><input value="true" name="skipvpage" type="hidden"/><input value="false" name="rm" type="hidden"/><input value="true" name="alwf" type="hidden"/><input value="http://www.blogger.com/login.g" name="roeu" type="hidden"/><input value="0" name="alinsu" type="hidden"/><input value="WbQ8QiJfUvA" name="GA3T" type="hidden"/><div><label for="Email"> Username: <br/><input id="Email" tabindex="1" value="" name="Email" size="20" type="text"/></label></div><div><label for="Passwd"> Password: (<a href="https://www.blogger.com/forgot.g" target="_top" title="Forgot your password?">?</a>) <br/></label><input id="Passwd" tabindex="2" autocomplete="off" name="Passwd" size="20" type="password"/></div><br/><input id="signin-btn-ns" tabindex="0" value="Sign in" class="ubtn ubtn-block" name="submit" type="submit"/></form>

3. Hasilnya seperti ini:

Membuat Member Login di Blogger

Demikian Cara Agar Blog Dibaca Member Saja atau Kalangan Terbatas. Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Cara Agar Blog Dibaca Kalangan Terbatas - Membuat Member Login di Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *