Panduan Lengkap Google AdSense: Pengertian, Cara Daftar, Syarat Blog, Cara Kerja

Panduan Lengkap Google AdSense: Pengertian, Cara Daftar, Syarat Blog, Cara Kerja

Panduan Lengkap Google AdSense
Panduan Lengkap Google AdSense: Pengertian, Cara Daftar, Syarat Blog, Cara Kerja. Tips bagi Pemula.

Google AdSense adalah program periklanan Google. Google menerima pemasangan iklan dari pemasang iklan di Google AdWords, lalu ditayangkan di situs-situs yang menjadi penayang iklan (publisher), termasuk blog, secara otomatis.

Penayang iklan Google AdSense hanya memasang kode yang disediakan Google dan bisa memblokir atau memfilter iklan yang dimunculkan di blog.

Google AdSense bukan hanya andalan para blogger dalam mendapatkan uang dari blog (make money blogging). Google AdSense juga menjadi sumber utama pendapatan situs-situs berita (media online).

Menurut laman resmi Google AdSense, Google AdSense adalah cara gratis dan mudah untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan bertarget di samping konten online atau blog/situs web.

Dengan AdSense, kita dapat menampilkan iklan yang menarik dan relevan bagi pengunjung blog, bahkan menyesuaikan tampilan serta nuansa iklan agar sesuai dengan situs web kita.

Google AdSense menampilkan iklan-iklan yang dipasang pengiklan di Google AdWords. Setelah itu, Google akan membayar kita untuk iklan yang ditampilkan di blog berdasarkan klik pengguna pada iklan atau tayangan iklan, tergantung pada jenis iklannya. 

AdSense memberikan akses cepat dan otomatis ke banyak sumber permintaan pengiklan, yang berarti persaingan untuk mendapatkan ruang iklan, iklan yang lebih relevan, dan iklan untuk semua konten online kita.

AdSense akan secara otomatis menayangkan iklan di blog yang ditargetkan ke konten atau pemirsa.

Kita dapat memilih berbagai ukuran dan format iklan, lalu mengubah tampilan iklan agar sesuai dengan situs web/blog kita.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google AdSense

Bagaimana cara mendaftar ke AdSense? Itu pertanyaan para blogger yang baru memulai blogging dan ingin menjadi penayang iklan Google.

Jika sudah siap mulai menggunakan AdSense, kita dapat mengajukan permohonan di sini. Pihak Google akan meninjau permohonan dan menghubungi kita melalui email selama sekitar seminggu kemudian.

Pengguna blogger lebih mudah mendaftarkan blognya ke Google AdSense, yaitu dengan hanya klik bagian "Penghasilan" (Earning) di Dashboard Blogger.

Jika tidak ada, pastikan setelan dasbor blogger Anda dalam bahasa Inggris atau lakukan cara ini:
  1. Klik Setelan di deretan kiri bawah
  2. Klik Bahasa dan pemformatan di bawahnya
  3. Ubah setelan bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris.
  4. Klik Simpan setelan di pojok kanan atas
  5. Selesai.
memunculkan penghasilan earning blogger


memunculkan penghasilan earning blogger

Syarat Diterima Google AdSense

Secara umum, syarat utama diterima menjadi publisher Google AdSense adalah sebagai berikut:

  1. Admin atau pemilik blogger berusia minimal 18 tahun. 
  2. Isi atau postingan blog bukan konten salinan (bukan hasil copas), tapi tulisan sendiri, asli, orisinal, juga bukan berisi makalah tugas sekolah/kuliah.
  3. Blog memiliki konten berkualitas atau bermanfaat bagi pengguna/pembaca.
  4. Banyak pengunjung. Jumlah pengunjung tidak ditentukan, namun ditaksir sekitar 250-1000 pengunjung tiap hari.

Setelah diterima menjadi publisher, ada aturan yang harus dipatuhi. Jika melanggar, iklan Google akan dinonaktifkan, bahkan akun AdSense akan disuspend.

"Penayang yang memilih untuk menggunakan layanan AdSense harus mematuhi kebijakan program. Jika Anda gagal mematuhi kebijakan ini, kami akan menonaktifkan akun AdSense Anda," demikian kata Goolgle.

"Dalam banyak kasus, kami lebih suka bekerja dengan penayang untuk mencapai kepatuhan kebijakan; namun, kami berhak untuk tidak menampilkan iklan yang melanggar kebijakan ini, menonaktifkan penayangan iklan pada laman yang melanggar kebijakan ini, menahan pembayaran, atau menutup akun yang mengganggu."

Cara Kerja Google AdSense

Cara Kerja Google AdSense

Google AdSense atau iklan Google akan tampil di blog kita setelah kodenya kita buat dan pasang di blog.

Umumnya, iklan Google dipasang di sidebar, di atas judul, di tengah artikel, dan di bawah artikel, atau di bagian yang mudah dilihat oleh pengunjung.

Kita akan dikirim/dibayar setelah penghasilan mencapai batas tertentu yang bisa kita tentukan sendiri, umumnya setelah mencapai US$100 atau sekitar sejutaan lebih.

Penghasilan AdSense diperoleh dengan dua cara:

  1. Klik (CPC)
  2. Tayang (CPM)
Kedua istilah di atas intinya adalah untuk iklan muncul di blog, kita baru akan mendapatkan bayaran atau penghasilan dari Google AdSense jika ada pengujung yang melakukan klik pada iklan tersebut dan/atau jika iklan yang muncul sudah tampil sebanyak 1.000 kali.


CPC
CPC singkatan dari Cost Per Click atau Biaya Per Klik (BPK). Artinya iklan yang akan menghasilkan jika diklik oleh pengunjung. Kita jangan klik sendiri karena hal itu pelanggaran.

CPM
CPM adalah jenis AdSense yang baru menghasilkan jika sudah ditampilkan (terbuka) sebanyak 1.000 kali.

Bagaimana mengoptimalkan pendapatan AdSense?

Langkah awal sih keep udating dan dapatkan pengunjung (trafik/pageviews) sebanyak-banyaknya. Makin banyak pengunjung blog, maka peluang mendapatkan uang dari AdSense kian terbuka.

Demikian ulasan ringkas tentang Panduan Lengkap Google AdSense: Pengertian, Cara Daftar, Syarat, Cara Kerja, Pengoptimalan, khusus bagi pemula. Yang sudah berpengalaman mah, silakan share aja.

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Labels: Google Adsense

Related Posts

1 Komentar untuk "Panduan Lengkap Google AdSense: Pengertian, Cara Daftar, Syarat Blog, Cara Kerja"

1. Komentar spam, menyertakan Link Aktif dan Alamat Blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *