April 26, 2020

Kapan Virus Corona Berakhir?

April 26, 2020

Kapan Virus Corona Berakhir?

Kapan Virus Corona Berakhir? Kapan pandemi Covid-19 berakhir dan kehidupan kembali normal, meskipun harus ada normal baru (new normal)?

Sampai kapan kita dianjurkan diam di rumah (stay at home) dan melakukan  jaga jarak sosial (social distancing) dan menjaga jarak fisik (physical distancing)?

Kapan masjid-masjid besar dibuka untuk shalat berjamaah dan shalat Jumat? Sampai kapan...?

Menurut para ahli, 14 hari adalah waktu minimal yang diperlukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona alias Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Karenanya, libur sekolah 14 hari. Masjid tutup 14 hari. Diam di rumah dan jaga jarak 14 hari.

Apakah setelah dua minggu malapetaka Virus Corona akan berakhir?

Pendiri Microsoft, Bill Gates, memprediksi kapan wabah yang berasal dari Wuhan, China, ini akan berakhir.

"Jika sebuah negara melakukan pekerjaan bagus dengan tes dan shut down, maka dalam 6 sampai 10 minggu seharusnya hanya ada sedikit kasus dan bisa membuka diri kembali," katanya dikutip detikINET dari CNBC.

"Kita berada di masa lockdown untuk jangka panjang, setidaknya satu atau dua bulan lagi," kata Eric Feigl-Ding, ekonom kesehatan global di Harvard Chan School of Public Health, kepada CNBC Capital Connection.

"Virus ini tidak akan hilang dalam tiga minggu ke depan, tidak peduli bagaimana kita ingin membandingkan dengan Wuhan," kata Feigl-Ding, merujuk pada kasus-kasus virus corona di AS (Tribunnews).

"Ini bukan Wuhan, kita tidak bisa mengalihkan seperempat dokter dan perawat dari bagian lain negara untuk datang ke satu pusat pandemi seperti yang dilakukan Cina. Jadi, sekali lagi, kita berada di masa ini setidaknya selama dua bulan atau lebih," imbuhnya.

Penasihat senior Direktur Jenderal WHO, Dr Bruce Aylward, menyatakan, wabah virus corona masih sangat mungkin menyebar di berbagai penjuru dunia berbulan-bulan ke depan.

"Jika kembali melihat China, mereka mengidentifikasi virus pada awal Januari,  mereka melakukan segalanya, dan memperkirakan mungkin akhir Maret akan bebas dari corona, ya berarti 3 bulan ya," kata Bruce Aylward kepada Time.

Namun, jangka waktu itu bisa berbeda jika negara-negara tidak setanggap China atau Korea Selatan.

"Sekarang kalau kita lihat Eropa, Amerika Utara dan Timur tengah, pertumbuhan kasusnya meningkat terus menerus. Negara-negara ini masih menghadapi tantangan selama berbulan-bulan ke depan," tambahnya. 

Ia menegaskan, kalau negara-negara bisa melakukan penanganan layaknya China, Korea Selatan, dan Singapura maka dunia bisa saja pulih di tiga bulan yang akan datang. (Suara)

Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) Institut Teknologi Bandung (ITB) memprediksi, epidemi virus corona akan berakhir di Indonesia pada akhir Mei hingga awal Juni 2020. 

Artinya, epidemi Covid-19 itu belum berakhir saat memasuki mudik Lebaran 2020.

Simulasi dari tim peneliti P2MS ITB memperkirakan wabah Covid-19 di Indonesia akan mengalami puncak pada akhir Maret 2020 dan berakhir pada pertengahan April 2020. (CNN).

Ilmuwan Singapura memprediksi pandemi virus corona di Indonesia berakhir Juni 2020, namun baru 97% dan mencapai 100% pada September 2020.

Menurut ilmuwan di Universitas Teknologi dan Desain Singapura (SUTD), saat ini Indonesia sudah memasuki masa puncak Covid-19.

Prediksi ini dibuat oleh Laboratorium Inovasi Berbasis Data (DDI SUTD) dan ditampilkan di situsnya, bertajuk "Kapankah COVID-19 Akan Berakhir?", Minggu (26/4/2020).

Berikut ini adalah hasil hitung-hitungan mereka mengenai berakhirnya virus Corona di Indonesia:

Tanggal titik balik dari puncak: 20 April 2020
Berakhir 97%: 7 Juni 2020
Berakhir 99%: 24 Juni 2020
Berakhir 100%: 7 September 2020.

Kapan Virus Corona Berakhir?

Jadi, Kapan Virus Corona Berakhir? Dari data di atas, kapan wabah Virus Corona berakhir tidak bisa diprediksi. 

Perkiraan pandemi Covid-19 yang pernah dilontarkan berbagai pihak, semuanya meleset. Tidak ada yang tepat.

Di Indonesia, alih-alih pandemi virus corona berakhir, justru virus ini berkembang dengan munculnya varian-varian baru corona yang lebih cepat menular. Termasuk Varian Delta yang membuat kasus positif Covid-19 melejit, hingga harus PPKM Darurat.

Wabah ini bisa lebih cepat berlalu, jika semua bergerak mengikuti anjuran para ahli: diam di rumah, jaga jarak, jauhi keramaian atau berkumpul, gunakan masker, jaga kebersihan, rajin cuci tangan pakai sabun.

Semoga wabah Virus Corona ini secepatnya berakhir. Amin....! 

Kapan Virus Corona Berakhir

Kapan Virus Corona Berakhir

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Kapan Virus Corona Berakhir?

  1. 3 bulan jika sesuai prediksi masih terbilang waktu yang lama di mana untuk yang sekolah, kuliah, dan kerja pasti ada yang keteteran. Semoga semuanya lekas normal kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Semoga semuanya lekas normal kembali. Amin...!

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *