Home » » 5 Alasan Kenapa Harus Ngeblog di Blogger (Blogspot)

5 Alasan Kenapa Harus Ngeblog di Blogger (Blogspot)

5 Alasan Kenapa Harus Ngeblog di Blogger (Blogspot)
Inilah 5 alasan penting kenapa kita harus ngeblog di blogger (blogspot), bukan di WordPress (WP) atau platform blog lainnya. Ini bukan berarti Anda tidak boleh ngeblog di WP. Silakan, untuk cari pengalaman atau sebagai "dummy blog" yang bisa dimanfaatkan untuk mempopulerkan blog lainnya.

Ke-5 alasan kenapa harus ngeblog di Blogger (Blogspot) ini terinspirasi posting MBT tentang 7 alasan untuk tidak pernah pindah dari blogger ke WordPress. Yang dimaksud adalah lebih baik tetap di blogspot ketimbang self-hosting dengan menggunakan CMS WordPress.

MBT juga mengingatkan beberapa batasan (limitations) yang ada di blogspot sebagai berikut:
  1. Blog description = 500 characters. HTML mark up not supported.
  2. Number of blogs = 100 blogs per account.
  3. Number of labels = 2,000 unique labels per blog, 20 unique labels per post
  4. Number of pictures = Up to 1 GB of free storage. Stored at Picasa.
  5. Number of posts = Unlimited.
  6. Static Pages = Limited to 20 stand-alone pages.
  7. Team members (those who can write to a blog) = 100 per blog.
  8. Size of pages = Individual pages (the main page of a blog or archive pages) are limited to 1 MB
  9. Size of pictures = Pictures are scaled to 1600px
Yang terpenting dari 9 batasan tersebut adalah no.2 (jumlah blog yang bisa dibuat dalam satu akun/email gmail, no. 6 (maksimal jumlah halaman statis), dan no.9 tentang ukuran foto/gambar/image yang tidak boleh melebihi 1.600 pixel

Lagi pula, ukuran gambar untuk blog idealnya antara 300-600 pixel saja, biar tidak membuat blog jadi berat (slow loading).

5 Alasan Kenapa Harus Blogspot?

Alasan utama harus ngeblog di blogspot adalah karena ia milik Google dan merupakan perintis (pioneer) blogging. 

Dari referensi berbagai sumber dan pengamatan serta pengalaman CB, setidaknya ada 5 alasan kenapa kita harus ngeblog di blogger (blogspot), sebagai berikut:

1. Blogspot Aman
Blogspot terlindungi (protected), karena ia milik Google. Selama kita tidak melanggar aturan, blog kita aman dan tidak akan pernah didelet. Demikian halnya dengan isi (kontent) blog, juga aman. Namun, sebaiknya kita tetap punya Backup Data.

Belum ada ceritanya blog blogspot kena hack atau kena injeksi skrip, kecuali sang hacker berhasil mencuri username dan password akun gmail atau akun Google Anda. Email gmail Anda pun dilindungi Google dengan adanya konfirmasi via nomor HP.

2. Tampilan (Template) Bisa Dimodifikasi.
Blogger memberikan akses pada semua struktur blog melalui fasilitas "Edit HTM". Kita bisa sebebasnya mengubah (memodifikasi) tampilan/desain blog, mulai header, footer, navigasi menu, sidebar, hingga konten.

Banyak sekali template blogspot gratis dengan berbagai gaya: personal, magazine, online store, news, dll. Bahkan, banyak pula tema WordPress yang sudah dikonversi ke template blog, seperti yang ada di koleksi Get Everyting dan BTemplates.

3. Terintegrasi dengan Akun Google Account
Jika kita memiliki email Gmail, otomatis kita sudah memiliki account blogger.com. Kita tinggal login ke akun gmail, lalu buka tab baru dan mengetikkan blogger.com di address bar, pilih "Create a blog" atau "Buat Blog Baru".

Dengan akun gmail pula kita langsung bisa membuat akun FeedBurner, Google Analytic, Webmaster Tools, dan Google Adsense yang semuanya milik Google untuk mendukung optimalisasi dan popularitas blog.

4. Cepat Terindeks Google.
Blogspot lebih cepat terindeks mesin pencari Google dibandingkan. La iyalah... jelas... karena blogspot merupakan layanan dari Google. Berkat bantuan dari Google, maka dukungan jaringannya pun lebih unggul ketimbang platform blog lainnya.

Sebagai bukti, coba cari data/info apa saja di Google, paling banyak muncul adalah posting yang ada di blogspot. Bener 'kan...? ^_^

5. Bisa Domain Sendiri.
Untuk custom domain (domain berbayar), Blogspot lebih unggul dari segi biaya. Tanpa membeli paket hosting, pengguna Blogspot masih dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan Blogspot sebagai media servernya.

Kita bisa membeli (menyewa) domain di mana saja, lalu disetting untuk menggantikan nama blog di blogspot. Baca panduannya di sini > Blog dengan Nama Domain Sendiri.

Kesimpulanya, blog di blogspot lebih aman, lebih cepat terindeks, dan kita bisa belajar web design dan web development. So, just go blogging on blogger!


Thanks for reading & sharing 5 Alasan Kenapa Harus Ngeblog di Blogger (Blogspot)

Previous
« Prev Post

8 comments:

Comment Page:
  1. Betul sekali, dibandingkan dengan membuat website sendiri, akan membutuhkan usaha yang keras untuk terindex

    ReplyDelete
  2. wah siip banget nih bos infonya

    ReplyDelete
  3. I am sure that the informative you shared through your post is useful for people. I am impressed with the way of writing. It kept connected me all the time.Keep up the good work. Convert html to wordpress theme online free

    ReplyDelete
  4. kadang terpikir emang blogspot lebih simple, sayangnya saya pernah punya pengalaman tragis saat ngeblog di blogger, semua gambar yg pernah saya buat hilang entah kemana, dan gambar itu gambar asli bukan kopas.

    coba bayangkan dari 200 artikel 172 gambar saya hilang, yg bikin sedihnya lagi saya tidak punya backup gambarnya :(

    pengalaman di atas yg membuat saya migrasi ke wordpress

    ReplyDelete
  5. setelah baca postingan agan..sy jadi optimis untuk tetap di blogger,tadinya sempat kepikiran pindah platform...

    ReplyDelete
  6. Suka sekali dgn aktivitas blogging karena banyak manfaat didalamnya. Selain sharing knowladge juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Terimakasih atas pencerahannya. Salam blogger by anwari media

    ReplyDelete
  7. sebelumnya makasih atas info yang sangat bermanfaat ini bang :)
    saya mau nanya, apakah kebanyakan pengunjung blog akan bisa tau platform apa yang kita gunakan untuk blog kita? apakah ada ciri khusus yang membedakan BLOGGER dengan WordPress pada tampilan blog kita?
    trimakasih, mohon jawabannya bang, saya mau belajar ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mayoritas tidak tahu dan tidak peduli, karena pembaca umumnya fokus ke konten/tulisan, bahkan survei menyebutkan 70% pengguna tidak sadar bahwa yang mereka buka adalah sebuah blog

      Delete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox