Home » » Nge-Blog Sudah Mati? Tidak Juga....

Nge-Blog Sudah Mati? Tidak Juga....

blog sudah mati BLOG is dead (blog sudah mati) sempat menjadi wacana di kalangan blogger, seiring kemunculan jejaring media sosial Facebook dan Twitter. Katanya, dengan booming Facebook dan Twitter, orang lebih suka nulis status ketimbang posting di blog. Akibatnya, blogging "kalah pamor".

Wacana "blog sudah" mati bisa diintip dengan Googling menggunakan kata kunci "blog is dead".

Tapi, apakah blog, blogging, alias ngeblog benar sudah mati? Tidak juga. Yakinlah, jutaan user masih membuka blog. Saat seseorang nyari "cara mengatasi komputer error", misalnya, apakah mereka lari ke Facebook atau Twitter? Bisa saja, tapi "lebih banyak" Googling dan mereka membuka blog!

Lihat saja, banyak yang share posting blog juga 'kan di Facebook? Banyak share link juga 'kan di twitter? Itu artinya, blog tidak (akan) mati. Bahkan, belakangan, dalam pengamatan CB, banyak muncul situs berita dengan menggunakan platform blog! Tepatnya, blogspot. Hanya saja, mereka menggunakan nama domain sendiri, sehingga tidak tampak sebagai blogspot.com.

Ngeblog di blogspot, juga bikin situs berita di blogspot, memang aman, nyaman, dan SEO! Blogspot milik Google. Sekali punya akun Google, semua fasilitas yang disediakan mesin pencari nomor wahid di alam dunia itu bisa digunakan --email gmail, blog, google drive, google analytic, google webmaster tool, google pluas, google page, picasa album, dan banyak lagi.

Jadi, Anda yang berhenti ngeblog, jelas Anda tertinggal jauh oleh mereka yang masih rajin ngeblog. Mereka berbagi, share, dan bahkan mendapatkan uang (dolar) dengan ngeblog, misalnya dengan program Google Adsense.

Ya benar, di blog tidak "seramai" Facebook. Tapi ingat,  survei membuktikan, yang baca status Facebook Anda maksimal 12% dari jumlah teman Anda. Itu pun kalo mereka online dan mau "ngelirik" status Anda.

Facebook revealed that the average news feed story from a user profile reaches just 12 percent of their friends. Your actively shared links, photos, and status updates probably reach much higher than 12 percent of your friends... (TechCrunch)

Bandingkan dengan blogging yang bisa dikunjungi ribuan orang per hari! Meski mereka, pengunjung, tidak meninggalkan "jempol" dan "malas komentar". Gak masalah. Kita ngeblog bukan demi jembol, bukan demi dapat komentar, tapi demi sharing dan ekspresi! Tul 'gak?

Lagian, toh kita (para blogger) dibantu Blogger dan Google kok untuk mengetahui jumlah pengunjung dan posting apa saja yang dikunjungi. Ada statistik blog, ada google analytic, plus lainnya seperti histats.

Jadi, ngeblog sudah mati? Blogging is dead? Tidak juga... Not really. Blogger masih berjaya! Facebook dan Twitter bahkan cenderung jadi "sampah" karena kebanyakan haha hiki, eaa, wkwkw, dan status "caper" (cari perhatian) yang tidak bermutu dan tidak bermanfaat.

Kehadiran Facebook dan Twitter bukan mematikan blogging, justru membuat blog (harusnya) kian berkembang! Teknik SEO Blog bahkan sudah lama memunculkan "Social Media SEO" atau SEO Media Sosial. Ini artinya, sosial media justru kian mempopulerkan blog.

So... wahai blogger Indonesia! Keep blogging! Maju terus blogger Indonesia....!!! Merdeka!!! ^_^


Thanks for reading & sharing Nge-Blog Sudah Mati? Tidak Juga....

Previous
« Prev Post

5 comments:

Comment Page:
  1. it's time to say proud to be a blogger rather than facebooker...

    ReplyDelete
    Replies
    1. I agree with you, brother! Blogging is much better than Facebook!

      Delete
  2. Iya, justru twitter dan facebook bisa dimanfaatkan untuk promosi blog. Salam blogger

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox