Home » , » Rahasia SEO Template Johny Wuss: Judul Posting Tag H1

Rahasia SEO Template Johny Wuss: Judul Posting Tag H1

johny wusss template
Template Johny Wuss (Wusss) menjadi salah satu favorit blogger. Pasalnya, template ini dikenal dan sudah teruji sangat SEO Friendly dan Fast Loading. Apa rahasia SEO-nya? Salah satunya adalah Judul Posting yang menggunakan Heading Tag H1.

Hampir semua Template SEO Friendly menggunakan Dynamic Heading, yaitu Heading Tag H1 untuk Judul Posting di "Single Post"-nya.

Di halaman depan, judul posting biasanya menggunakan Heading Tag H2 atau Tag H3, bahkan Tag H4 dan Tag H4.

Menurut para ahli SEO, Tag H1 berfungsi menunjukkan kepada mesin pencari bahwa posting lebih penting daripada Judul Blog (Blog Title/Nama Blog).

Lagi pula, mayoritas user pertama kali membuka blog kita ke halaman posting (Single Post), bukan halaman depan (Homepage/Beranda).

new johny wusss templateDaftar posting di Indeks Google juga hampir semuanya berupa link ke halaman posting blog, bukan ke halaman depan. Itulah sebabnya, Heading Tag H1 menjadi sangat penting diperhatikan bagi blog yang "bermain" SEO.

Mari kita bedah template Johny Wuss dan/atau New Johny Wuss (versi modif Johny Wusss yang sudah dibuat responsif).
  1. Di halaman depan, template Johny Wuss/New Johny Wuss menggunakan Tag H1 untuk Nama/Judul Blog. Namun begitu di halaman posting, Nama Blog berubah menjaid "Title" saja.
  2. Judul-judul posting (post title) di halaman depan template Johny Wuss menggunakan Heading Tag H2. Tapi begitu diklik, dibuka postingnya, maka judul posting itu berubah menjadi Heading Tag H1.
Sebagai perbandingan, situs berita nomor 1 di Indonesia, detik.com, juga menggunakan H1 di judul-judul berita halaman dalamnya (single post). Di halaman depan, judul-judul beritanya menggunakan Tag H3 bahkan Tag H5. Headline (berita paling atas) memang menggunakan H1 di halaman depan, tapi di halaman postingannya juga tagnya tetap H1.

Pentingnya menggunakan Heading Tag H1 untuk judul posting demi ranking SEO, sudah banyak dibahas para ahli. Misalnya oleh video ini:




Menurut Vertical Measures, Tag H2, H3, H4, dan seterusnya juga penting, namun H1 yang paling penting karena Tag H1-lah yang pertama kali diindeks mesin pencari seperti Google.

Karenanya, selalu usahakan ada kata kunci (keyowds) di H1, juga H2 dst. Namun ingat beberapa hal berikut ini:
  1. Halaman blog kita harus hanya mengandung satu tag H1, jangan  lebih, biar Google "tidak bingung" memilihnya.
  2. Your H1 tag should be at the top of the page content. Tag H1 harus berada di posisi paling atas konten halaman, yaitu judul blog di homepage dan judul posting di halaman postingan.
  3. Your H1 tag should contain your most important keywords for that page and if possible the first word or words in the H1 should be the keywords. 
  4. These should also match the page title keywords and META keywords
  5. Your H1 tag should help your reader understand what the page is about.
So, sudahkah judul posting blog Anda menggunakan Heading Dinamis --Heading Tag yang berbeda antara Home dan Single Post? Jika Anda menggunakan Template Blog SEO Friendly, biasanya sudah. 

Bagaimana cara mengubah Heading Tag H1 untuk Judul Posting Blog? Googling saja... dengan kata kunci "Tag H1 untuk Judul Posting". Sudah banyak kok yang posting soal itu.

Soal Judul Posting Tag H1 ini hanyalah usaha, ikhtiar, agar blog kita mendapatkan ranking SEO yang bagus di Google dan mesin pencari lainnya. Ingat, teknik SEO terbaik tetap... KONTEN BERKUALITAS... Content is STILL the King! Wasalam.

Thanks for reading & sharing Rahasia SEO Template Johny Wuss: Judul Posting Tag H1

Previous
« Prev Post

4 comments:

Comment Page:
  1. ternyata mastah jhon wuss menggunakan poin - poin seperti di atas yaa, akan saya praktekkan di blogg saya. thanks mas sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  2. saya juga menggunakan template di atas, bisa dilihat di http://cyberandrofat.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. ohw gitu yaa... boleh dicoba nih..

    ReplyDelete
  4. Berarti template saya kurang seo ys. Jadi ingin ganti ke dinamis juga..

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox