June 7, 2014

8 Cara Menaikkan Pageviews Blog

June 7, 2014

8 Cara Menaikkan Pageviews Blog
Cara meningkatkan, mendongkrak, atau untuk menaikkan pageviews dan pengunjung/pembaca blog (Tips SEO).

PAGEVIEWS yaitu jumlah halaman (posting) yang dibuka/dibaca oleh pengunjung blog kita. Bisa saja pengunjungnya sedikit, tapi pageviewsnya banyak karena yang sedikit itu "betah" membuka-buka blog kita.

Statistik pageviews bisa dilihat di menu "Stats" di dashboard blog, juga di Google Analytic. Jika pageviews sedikit, harus jadi motivasi untuk menaikkannya. Jika pageviews banyak, juga harus jadi penyemangat untuk terus meningkatkannya dengan posting berkuaitas dan optimasi SEO blog.

8 Cara Menaikkan Pageviews Blog

Banyak blogger yang berbagi tentang Cara Menaikkan Pageviews Blog, salah satunya Bloggenes. Setidaknya ada delapan tips atau metode meningkatkan blog's pageviews, plus tambahan keterangan dari CB bedasarkan pengalaman.

1. Buatlah Judul Posting yang Menarik!
Judul yang menarik itu yang sekiranya diminati pembaca, tapi tetap mengandung kata kunci penting yang dibidik. Bukan judul "aneh", apalagi tidak menyertakan kata kunci. 

Contohnya, posting terpopuler CB Blog ini masih seputar Template Blog. Kata kunci "template blog keren dan seo" rupanya masih menjadi daya tarik. Ingat! Posting Anda harus asli! Buatan sendiri, apalagi Google Panda 4.0 sudah diupdate yang mengutamakan posting berkualitas dan asli.

2. Memasang Posting Terkait (Related Posts widget)
Tampilkan daftar posting terkait di bawah postingan. Minimal 5 posting, maksimal 10, jangan kebanyakan, jadi lieur nanti! Yang belum punya related post, silakan lakukan: Cara Memasang Posting Terkait yang Aman dari Sisipan Link.

3. Tautkan posting Anda dengan tulisan lainnya.
Buatlah "internal link", yaitu tautan ke posting lain yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Contohnya, lihat saja poin 1 dan 2 di atas, CB sertakan internal link.

While creating a new post always think about relating it to other posts present on your blog. So if you have linked a post with other post effectively then it will also help you in increasing your blog's pageviews.

4. Tampilkan "Recommended Contents".
Jika perlu, tampilkan 2-3 judul posting yang Anda rekomendasikan. Biasanya muncul di kiri bawah layar monitor user. Contohnya, detik.com selalu memunculkan itu.

CB sendiri tidak melakukannya karena bagi CB itu "mengganggu". Bikin pusing. Tapi coba saja kalo mau memasangnya. Lagi pula, daftar related post juga sudah cukup. Artinya, poin 4 ini bisa dilewati karena sama dengan poin 3 ttg Cara Menaikkan Pageviews Blog.

5. Tampilkan "Recent Post" dan "Popular Posts"
Ini juga sama dengan poin 3 dan 4, tapi daftar judul postingnya banyak yang berbeda karena ini menampilkan tulisan terbaru dan terbanyak dibaca. 
  1. Widget popular post sudah disediakan blogger. Tinggal klik "Layout" > "Add Gadget" > pilih "Popular  Posts". 
  2. Memasang "posting terbaru" tinggal "Layout" > "Add Gadget" > pilih "Feeds", lalu masukkan URL alamat blog Anda. Klik Enter dan silakan setting.
6. Pasang Kotak Pencarian (Site Search tool)
Ini wajib! Contohnya, lihat di sidebar atas blog ini. Fasilitas ini untuk memudahkan user mencari tulisan yang mereka butuhkan. Ini cara memasang kotak pencarian.

7. Buatlah Daftar Isi (Sitemap).
Banyak blogger tidak merekomendasikan sih, karena katanya jarang ada yang buka, tapi siapa tahu banyak. Pasang aja. Daftar isi blog bisa membantu user menemukan info yang mereka butuhkan. Contoh dan cara membuat daftar isi blog, klik menu "About" blog ini.

8. Always Reply on Comments!
Selalau balas, jawab, komentar yang masuk ke blog Anda! User akan senang jika komentarnya dibalas, dan bisa kembali membuka blog Anda karena merasa "menjadi teman baru". Betul tidak...?

Nah, itulah 8 Cara Menaikkan Pageviews Blog versi Bloggenes, plus "tafsiran" dari CB. Bagaimana versi Anda?

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

4 comments on 8 Cara Menaikkan Pageviews Blog

  1. baru sebagian yang saya terapin utuk tips di atas, thanks infonya

    ReplyDelete
  2. ga ngerti ni mas ? maklum newbie

    ReplyDelete
  3. cara membuat artikel terkait di template njw v2 bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://contohblognih.blogspot.com/2014/01/cara-membuat-related-posts-yang-aman.html

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *