Home » » 9 Tips SEO Dasar untuk Blog Blogspot

9 Tips SEO Dasar untuk Blog Blogspot

9 Tips SEO Dasar untuk Blog Blogspot
BANYAK blogger "frustrasi" karena pengunjungnya sedikit. 9 Tips SEO Dasar untuk Blog Blogspot ini bisa mendongkrak jumlah pembaca blog dan menambah semangat blogging.

Menerapkan Tips SEO saat ini WAJIB dilakukan, terutama jika posting kita setema atau setopik dengan posting blogger lain.

Search Engine Optimization (SEO) akan menjadi pembeda karena akan menempatkan sebuah posting (blog) di posisi atas, minimal di halaman pertama, halaman hasil pencarian (SERP).

Berikut ini 9 Tips SEO Dasar untuk Blogger pemula. CB sadur dari Shout Me Loud dengan beberapa penambahan & pengurangan (edit).

1. Optimalkan Post Permalink.
Usai menulis, edit menu "Permalink" di sidebar kanan. Klik "Permalink" > pilih "Custom Permalink", terutama jika judul posting Anda panjang dan "rumit".
  • Usahakan jumlah huruf (karakter) judul posting tidak lebih dari 50 karakter.
  • Hapus "stop words" atau kata-kata yang tidak perlu di permalink, seperti "sebuah", "untuk", "dan", "yang", "bagi", "ke", "kepada", dll.
  • Contoh: 10 Tips SEO Dasar untuk Blog Blogspot diubah menjadi 10-Tips-SEO-Dasar-Blog -Blogspot. (Jangan lupa gunakan tanda pisah/strip antar-kata).
2. Atur Kepadatan Kata Kunci
Kepadatan kata kunci (keyword density) adalah aspek penting untuk ranking lebih baik. Namun, harus pas! Jika kebanyakan, akan dianggap spam dan menurunkan peringkat. Jika kurang, kurang pula ranking blog di SERP. Kepadatan kata kunci dalam posting blog sekitar 2%.

4. Gunakan Label (Kategori) dan Related Posts
Label menambah keyword density posting. Label juga berdampak pada daftar posting terkait. Gunakan 2-3 Label dalam setiap posting blog.

5. Format Judul Posting Blog
Gunakan Meta Tag Title SEO Friendly. Ganti kode berikut ini di template blog Anda.

<title><data:blog.pagetitle/></title>

menjadi

<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> 
<title><data:blog.title/></title> 
<b:else/> 
<title><data:blog.pageName/></title> 
</b:if>

6. Format Gambar (Image) untu SEO
Lakukan optimisasi gambar, image, atau foto ilustrasi dengan mengisi "title text" dan "alt text" yang sesuai dengan nama file gambar dan kata kunci atau judul posting. Jangan biarkan gambar di blog Anda tanpa deskripsi (alt text). (Baca: 5 Cara Optimisasi Gambar untuk SEO Blog).

7. Provide Meta Tags
Meta Tags adalah tag HTML yang digunakan mesin pencari untuk mengidentifikasi judul, deskripsi, dan rician URL lainnya. Maka, gunakan Meta Tags SEO Friendly.

Jangan lupa isi Meta Tags di Dashboard Blog: Setting > Basic > Meta Tags > Description, lalu pilih "Yes" Enable search description.

Saat menulis posting, isi pula menu "Search Description" di sidebar kanan.

8. Gunakan "Nofollow" untuk Link Eksternal
Gunakan atribut "Nofollow" untuk tautan keluar (external link).

9. Cobalah memasukkan kata kunci saat menjawab komentar.
Gunakan pula media sosial Google Plus untuk share posting blog secara otomatis. Buat juga Google Page sebagai "Publisher" posting blog Anda.

Demikian 9 Tips SEO Dasar untuk Blog Blogspot. Jangan lupa manfaatkan pula Webmaster Tools untuk membuat Sitemap & Google Analytic untuk memantau pengunjung.

Trik SEO Blog lainnya bisa disimak di Tips SEO Blog.

Sambil optimisasi seo blog, mari nikmati musik asyik Kitaro ini :)

 

Thanks for reading & sharing 9 Tips SEO Dasar untuk Blog Blogspot

Previous
« Prev Post

2 comments:

Comment Page:
  1. As'salam cb..membuat google page sebagai publisher untuk blog itu apa ya??

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox