Home » , » Cara Setting SEO Blog Standar

Cara Setting SEO Blog Standar

Setting SEO Blog Standar
Dasar-Dasar SEO untuk Blog

BLOG yang tidak dioptimisasi SEO akan sulit diindeks Google dan kalah bersaing dengan blog lain, kecuali tulisan, posting, atau kontennya benar-benar unik, fresh, asli, langka, dan banyak dicari.

SEO --singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimisasi Mesin Pencari-- dibutuhkan untuk menunjang konten blog agar lebih mudah dan cepat diindeks Google dan tampil di halaman pertama hasil pencarian Google (SERP).

Berikut ini Cara Setting SEO Blog Standar, yakni tips SEO "minimal" yang harus diterapkan pada blog yang baru kita buat:

  1. Pastikan Template Blog yang digunakan SEO Friendly dengan ciri utama: fast loading, responsive, dan Meta Tags SEO.
  2. Klik "Setting" > Basic > Description (Isi dengan Deskripsi Blog)
  3. Klik "Setting" > Search Preference > Isi dengan kata-kata kunci yang dibidik atau bisa juga sama dengan deskripsi blog.
  4. Cek Meta Tags di Template > Edit HTML > Kode Meta Tags (Meta Description & Meta Keywords). Biasanya ada tulisan "Your Deskription Here" dan "Your Keywords Here".
  5. Daftarkan atau Submit URL Blog Anda ke Google dan Bing
  6. Buka akun Google Webmaster Tools > Add Site > Add Sitemap.
  7. Buka akun Feedburner dan daftarkan blog Anda untuk membuat "Email Subscription" atau Form Berlangganan posting blog.
  8. Pastikan setiap kali membuat posting (tulisan) mengisi "Search Description" di sidebar kanan, klik "Properties" Image/Gambar untik mengisi "Title Text" dan "Alt Text" yang mengandung kata kunci dan sesuai dengan gambar.
  9. Pastikan pula setiap gambar yang dipuload sebagai ilustrasi diberi nama (file name) sesuai dengan gambar dan mengandung kata kunci.
  10. Share atau bagikan ke media sosial, minimal Facebook & Twitter, setiap kali membuat posting baru.


Demikian Cara Setting SEO Standar untuk blog. Setelah standar SEO dipenuhi, langkah berikutnya adalah SEO Onpage berupa optimisasi postingan, yaitu dalam teknis penulisan yang sudah CB share di Posting Tips, termasuk Cara Membuat Konten Blog SEO Friendly.

Jika Anda menggunakan Layanan Premium CB berupa membuat blog baru, maka setting standar SEO no. 1 s.d. 7 sudah termasuk dari layanan. (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Cara Setting SEO Blog Standar

Previous
« Prev Post

1 comments:

Comment Page:
  1. isu meta tag sudah tidak berfungsi lagi bener gak bro? n di template njw3 letak description dimana ya kok gak ada masbro? thanks untuk semuanya

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox