Home » » Warna Terbaik untuk Website: Biru!

Warna Terbaik untuk Website: Biru!

Warna Terbaik, Terpopuler, dan Terfavorit untuk Website: Biru (Blue)

SUDAH dua kali CB share soal warna (color) dalam desain blog/web, yaitu Hindari Dominan Warna Merah & Orange, Jangan Gunakan Merah & Orange sebagai warna Link, dan Gunakan Biru sebagai Warna Link.

Kali ini, untuk melengkapi kedua posting itu, CB share posting yang memperkuat biru (blue) merupakan warna terbaik, terfavorit, dan terpopuler.


Mari kita simak data statistik dari berikut ini:

Warna Terbaik untuk Website

Data yang dicopy dari laman Crazyegg di atas, di data warna favorit, menunjukkan dominasi biru (42%) sebagai warna terfavorit. Di posisi dua ada hijau (green) dan ungu (purle) dengan angka yang cukup jauh, hanya 14%. Lainnya --merah, hitam, oranye, kuning, cokelat, abu, putih-- di bawah 10%.

Di data kedua, warna yang sangat tidak disukai (least favorit), orange menempati posisi pertama dengan nilai 30%. Brown (cokelat) di urutan kedua dengan 23%. Warna biru 0% alias tidak masuk kategori warna yang tidak disukai.

Alasan utama biru menjadi warna favorit adalah "aman". "Blue is safe," tulis Crazzyegg. "Sekama warna teraman adalah biru. Bayangan apa pun dari biru bekerja dan kombinasi apa pun dari buru dalam skema warna adalah efektif."
  • Safe = Blue is the favorite color of the majority of the population, regardless of gender, age, etc.
  • Safe = Blue is a color that people associate with trust, authority, and reliability.
Biru, hitam, hijau, dan warna gelap lainnya lebih nyaman di mata pembaca (user friendly). Warna merah, orange, dan warna terang lainnya membuat silau mata user alias tidak nyaman dilihat di layar monitor.

Itulah sebabnya, mayoritas situs-situs ternama di dunia memilih warna biru sebagai warna utama, termasuk logo. Sedikit sekali situs terkemuka yang logonya berwarna orange. Tentu, blogger adalah pengecualian, namun tulisan "Blogger"-nya biru juga; hanya favicon / logo "B"-nya berlatar orange.

Tercatat Facebook, Twitter, Linkedin, Walmart, Bank of America, Citibank, memilih biru.

Salah satu sebab biru menjadi warna favorit dengan baik digambarkan laman OXP berikut ini:

Blue is an overwhelmingly "Popular Color". The color of the sea and sky, blue is seen as trustworthy, dependable and committed. We are surrounded by the color blue, from the blue skies above to the deep blue of the oceans.

Warna Merah dan Orange sangat baik digunakan untuk button (tombol), misalnya tombol download atau "beli", sebagaimana data Kissmetric berikut ini:

buy button

Warna biru bahkan dinilai tidak cocok untuk tombol khusus yang memerlukan perhatian khusus semacam "buy button".

"...blue is not a good color for grabbing the user’s attention because it doesn’t stand out as much against contrasting colors" (Codrops)
Kini pilihan ada pada kita: warna biru ataukah warna lain. Data di atas bukan aturan yang wajib dipatuhi. Google dan mesin pencari lain mengindeks posting blog kita bukan atas dasar warna, tapi kualitas.

Baca Juga:
1. Cara Mengubah Warna Tampilan Blog
2. Daftar Kode Warna HTML

Soal warna logo atau website lebih terkait dengan kenyamananan mata dan "pengalaman user" (user experience/UX). Biru adalah warna paling umum untuk website dan aplikasi. (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Warna Terbaik untuk Website: Biru!

Previous
« Prev Post

6 comments:

Comment Page:
  1. Asli tuh cb, betul, ane pribadi suka ga nyaman kalau background/latar belakang template selain warna putih misal, hitam, kesanya gimana gitu, haha
    "Mungkin ane sedang kurang enak ngeliatnya."
    Tapi dari survei tetsebut menjawab pertanyaan, karena kita tahu situs terkemuka didunia memadukan warna biru dan putih, terlebih untuk link aktif sendiri warna biru kebanyakan, contoh di aplikasi chating saja, jika kita menerapkan link yang muncul warna biru

    (Just opinion)

    ReplyDelete
  2. Gan kalau templatenya sudah diubah semua seperti semulanya pembuat, apakah boleh menghapus Credit Link footer? Karena perubahannya banyak sekali, bahkan sampai tidak mirip dengan aslinya (New Thesis SEO v3)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap harus dicantumkan, link desainer atau link template asli, karena cuma mengubah kan? bukan membuat sendiri? Desainer asli template tetap 'kan? Kalo gak mau nyantumin credit link, beli saja yang premium atau bikin sendiri

      Delete
  3. Kalau ane yang blue and orange gan

    ReplyDelete
  4. Waduh....
    blog saya malah warna orange, tadinya abu-abu, tapi ta edit...
    hmmm...

    ReplyDelete
  5. Nice info gan,, untung cuman logo blog ane yg warna orange,, hehe

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox