Home » » Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium

Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium

Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium
HINGGA kini masih banyak blogger "newbie" yang bertanya via email: Apa Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium?

Jawaban singkatnya, Template Gratis itu tidak berbayar, free download, dan tidak boleh menghapus credit link desainer di bagian footer, dan tidak ada support atau dukungan dari desainer, tidak ada konsultasi.

Sedangkan template premium adalah template blog berbayar, harus dibeli, tidak free download, boleh menghapus credit link desainer bahkan bebas link credit, juga bebas sisipan (injeksi) link, dan ada dukungan (support/konsultasi) dari desainernya hingga blog tampil sesuai dengan demonya.

Namun, harus dicatat, kalau mau melakukan edit yang mengubah tampilan template asli, umumnya desainer tidak bisa bantu, karena hal itu berarti mengubah tampilan desain asli. Jadi, untuk edit tampilan, harus dilakukan sendiri.

Secara bahasa, arti kata "premium", menurut Kamus Bahasa, artinya (1) hadiah (kepada pembeli, pelanggan, dan sebagainya); premi; (2) bayaran (kepada asuransi); premi.

Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium

Untuk perbandingan, mari kita lihat perbedaan template blog gratis dan premium yang ada di Mastemplate yang dulu dimiliki Maskolis --sekarang sudah pindah tangan ke blogger India kayaknya.

  1. Free Download/Template Gratis: Encrypted file & No Support
  2. Premium: Remove Footer credits, Edit Color Scheme, One time payment, For Unlimited Domains, Lifetime Premium Support, No Encrypted Scripts, Lifetime Template Updates.
Intinya, template gratis itu ada footer credit dan tidak ada support. Sedangkan premium itu bebas footer credit, ada support (bantuan setting), dan dikirim gratis jika ada update template.

Contoh lainnya adalah di Templateism:

  1. Template Gratis (FREE Download) itu "Get this template for FREE with giving proper credits to us, no support included." Ada footer credit dan tidak ada support.
  2. Template Premium: One time payment, Remove Footer credits, lifetime support, Regular updates and Much more.

Kayaknya sudah cukup bahkan sangat jelas ya, Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium? Jadi, Anda pengguna template gratis, jangan hapus footer credit dan jangan ngarep bantuan (support).

CB sendiri sediakan template premium di Galeri Template yang pengoptimalan SEO-nya sangat amat optimal agar blog Anda mudah dan cepat terindeks Google. Demikian. Good Luck! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium

Previous
« Prev Post

4 comments:

Comment Page:
  1. Tapi saya salut ama cb yang meski ngasih template gratisan masih mau support (ngejawab pertanyaan lewat kotak komentar) jadi ga selamanya yang gratisan itu bebas support terutama kalo downloadnya dari cb.
    Keep up the good work :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan aja ada waktu luang, kebanyakan sih gak dibalas :)

      Delete
  2. dari banyak tamplate yang gratis yang pernah saya pakai cuma tamplate dari CB aja yang memang benar2 seo,

    ReplyDelete
  3. Ternyata memang berbeda gan antara Template Gratisan sama Template premium.

    Trims infonya gan

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox