Pengertian Bullying, Risak, atau Rundung

Pengertian Bullying, Risak, atau Rundung

Pengertian Bullying, Risak, atau Rundung
Pengertian Bullying, Risak, atau Rundung. Bullying juga terjadi di kalangan blogger.

ISTILAH bullying atau bully lagi trending nih. Triggernya adalah kasus perisakan atau perundungan oleh mahasiswa terdahap mahasiswa lain yang berkebutuhan khusus (disabilitas) di sebuah kampus di Jakarta. Memalukan!

Pengertian Bullying dalam bahasa Inggris adalah --dari kata bully-- penggertak, orang yang mengganggu orang lemah.

Bullying is the act of intentionally causing harm to others, through verbal harassment, physical assault, or other more subtle methods of coercion such as manipulation. 

Wikipedia
menerjemahkan bullying dengan istilah penindasan.

Penindasan (bahasa Inggris: Bullying) adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik. 

Penindasan dapat mencakup pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan. 

Tindakan penindasan terdiri atas empat jenis, yaitu secara emosional, fisik, verbal, dan cyber. Budaya penindasan dapat berkembang di mana saja selagi terjadi interaksi antar manusia, dari mulai di sekolah, tempat kerja, rumah tangga, dan lingkungan.

  • Bullying yang berwujud fisik antara lain memukul, mencubit, meninju, mendorong, menendang, dan aksi kekerasan lainnya.
  • Bullying secara verbal antara lain menuduh atau menyalahkan, mengeritik dengan tajam dan menyakitkan, memberi julukan buruk alias mengata-ngatai, melecehkan, memfitnah, membentak, menghina, dan sejenisnya yang menyakitkan hati.

Media Sosial termasuk media yang menyuburkan aktivitas bullying. Maklum, dengan nama palsu dan/atau akun palsu, orang jadi berani dan merasa bebas ngomong atau nulis apa saja, kecuali yang akhlaknya baik.

Komentar di blog juga sering berupa bullying, yaitu mencac-maki atau merendahkan admin blogger. Kata-kata kasar sering muncul dalam komentar blog, terutama komentar yang menggunakan "anonymous". Itu juga termasuk bullying.

Anda bisa menulis posting tentang Bullying di Kalangan Blogger atau Bullying di Dunia Blogging. Silakan tulis postingan tentang itu di blog Anda.

Pengertian Bullying menurut Bahasa Indonesia

Kata Indonesia untuk Bully adalah Risak (Merisak) dan Rundung (Merundung). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada kata risak - merisak yang artinya semakna dengan bully atau bullying.
  • risak  [v], merisak/me·ri·sak/ v mengusik; mengganggu: mereka tidak putus-putusnya ~ ku dengan berbagai-bagai olok-olokanSelain itu, ada juga kata rundung - merundung yang maknanya hampir sama:
  • run.dung [v] , me.run.dung v (1) mengganggu; mengusik terus-menerus; menyusahkan: anak itu ~ ayahnya, meminta dibelikan sepeda baru; (2) menimpa (tt kecelakaan, bencana, kesusahan, dsb): ia tabah atas kemalangan yg telah ~ nya
Istilah risak-merisak-perisak atau rundung-merundung-perundung mulai digunakan oleh media atau wartawan, sebagaimana kita sudah terbiasa.
  • Pelaku Perundungan Mahasiswa Universitas Gunadarma Terancam Pidana (Pikiran Rakyat)
  • Lindsay Lohan Imbau Rakyat AS Berhenti Risak Donald Trump.
  • Perkembangan hoax di media sosial semula dipakai untuk merisak atau merundung (bullying) (Tempo)
  • Pelajar tak Boleh Merisak (Pikiran Rakyat)
  • Aksi merisak atau merundung di dunia siber (cyber bullying) ini akan di sisipkan di Pasal 29 tersebut (Detik)
  • Beringin Tua Masih Terbelah, Merisak Kelakuan Wakil Rakyat (Republika).

Kita mungkin merasa asing dengan istilah risak atau rundung sebagai terjemahan bullying tersebut. Nanti, lama-lama juga terbiasa kok, sebagaimana kita sudah mulai terbiasa dengan istilah petahana sebagai terjemahan incumbent.

Sama, kita --para blogger-- juga masih lebih familiar dengan istilah SEO (Search Engine Optimization) ketimbang istilah PMC (Pengoptimalan Mesin Pencari) atau PMT (Pengoptimalan Mesin Telusur).

Demikian Pengertian Bullying, Risak, atau Rundung --sekadar nambah postingan di kategori Tulisan Lepas yang sudah lama tidak upate. Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Labels: Tulisan Lepas

Related Posts

0 Komentar untuk "Pengertian Bullying, Risak, atau Rundung"

1. Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *