Cara Membuat OpenID Blog untuk Komentar

Cara Membuat OpenID Blog untuk Komentar

OpenID Blog
Cara membuat OpenID blog untuk komentar itu mudah, namun sering ada error (kesalahan) saat digunakan. Bagaimana cara mengatasinya?

OpenID adalah sebuah standar desentralisasi dan terbuka bagi autentifikasi pengguna (user) dan kontrol akses yang memungkinkan pengguna (user) untuk masuk ke dalam berbagai layanan hanya dengan satu identitas digital (ID) yang sama.

Jika pengertian OpenID dari Wikipedia itu malah membuat Anda bingung, begini aja praktisnya: Open ID blog adalah identitas kita sebagai blogger dan/atau penulis komentar di blog orang lain.

Bagi blogger pemula atau yang belum mengerti OpenID, coba lakukan ini untuk memahami OpenID Blog: 
Anda login ke blogger atau buka blog Anda, lalu buka blog orang lain, atau blog ini, scroll ke kolom komentar. Nah, di sana, di bawah ruang komentar, akan ada tulisan "Comment as:" / "Komentar sebagai:" dengan pilihan, salah satunya, di bagian paling bawah, ada OpenID. Itu dia yang dimaksud OpenID dalam posting ini.

Cara Membuat OpenID Blog

Cara Membuat Open ID Blog untuk berkomentar di blog lain sangat berguna, terutama bagi Blogger yang ingin berkomentar dengan menggunakan alamat blog langsung (bukan Profil Blogger) dan berbeda-beda (kalo punya banyak blog).

Open ID berupa alamat blog akan menjadi "backlink" yang sangat bagus buat SEO Blog. Blogger lain klik link tersebut, akan langsung dibawa menuju blog kita, bukan ke profil blogger.

Begitu kita membuat blog, otomatis kita punya OpenID berupa alamat blog, misalnya http://contohblognih.blogspot.com.

Lokasi OpenID blogger ada di Dashboar >> Setting >> Other >> OpenID. 

Namun, seringkali OpenID tersebut tidak bisa digunakan. Sering muncul tulisan begini: "Your openid Credentials Could Not be Verified".

Nah lho! Bagaimana mengatasinya...? Lakukan verifikasi bahwa itu merupakan OpenID milik kita dengan cara:

1. Dashboard >> Template >> Edit HTML
2. Cari kode <head>. Ada di bagian atas. Biar yakin, gunakan CTRL+F dan tuliskan <head>
3. Simpan atau Copas kode di bawah ini setelah <head>

<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://contohblognih.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>

Ganti nama blog "contohblognih" dengan alamat/nama blog Anda setelah kode verifikasi OpenID itu dicopas di bawah <head>

Jika kode tersebut tidak berhasil, coba ganti dengan kode berikut ini:

<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/> 
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>

4. Save Template!

Itu dia Cara Membuat OpenID Blog untuk Komentar. Silakan tes hasilnya di kolom komentar NJW V3.

Penyebab "Ups! Itu Kesalahan"

Banyak sekali kasus OpenID yang gagal, muncul "Ups! Itu Kesalahan" (Oops! That's an Error). Apa penyebabnya?

Penyebab utama adalah blog yang kita komentari tidak mengizinkan penggunaan OpenID, yaitu di settingan komentarnya hanya membolehkan registered user misalnya.

Penyebab lainnya, kemungkinan gagal menggunakan OpenID adalah sebagai berikut (Sumber: Meta Stack Overflow):
  1. Are you behind a proxy or firewall? 
  2. Have you modified the default cookie policy in your browser? 
  3. Have you tried clearing your domain cookies? 
  4. Have you tried in a different browser? 
  5. Are you able to log in to other sites that support OpenID? *** Penting ***
  6. Does your OpenID profile have invalid information in it? 
  7. Is your site especially slow to respond? 
  8. Do you use a self-signed SSL certificate? 

Cara Mengatasi "Ups! Itu Kesalahan" dalam OpenID

Lengkapi dengan Daftar ke StackExchange!
Karena banyak komentar tentang kegagalan dan kesulitan membuat OpenID blog, CB update lagi posting ini tentang cara mengatasi "Ups! Itu kesalahan" dalam komentar dengan OpenID blog.

Setelah Anda menyimpan kode berikut ini di bawah <head>

<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/> 
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>

Langkah berikutnya silakan daftar di StackExchange. Ikuti petunjuknya.

Setelah Anda bisa login, klik menu "Use your own URL to log in", akan muncul kode seperti ini:

If you want to use your own URL to log in, add the following two tags to the head of the HTML:

<link rel="openid2.provider" href="https://openid.stackexchange.com/openid/provider">
<link rel="openid2.local_id" href="https://openid.stackexchange.com/user/9828f7be-2f9c-400e-83e6-8362ebc795c3">

This is known as OpenID delegation.

Kombinasi kode angka dan huruf warna merah (9828... dst) akan berbeda-beda. Punya Anda akan berbeda dengan punya CB.

Nah, copas dua baris kode berawalan <link rel="...> tersebut. Edit dulu sedikit, dengan mengubah tanda petik dua (") menjadi petik satu ('), serta tambah haris miring (/) sebelum tanda > menjadi />

Simpan di bawah atau di atas kode sebelumnya yang sudah disimpan di bawah kode <head>. Sehingga selengkapnya akan seperti di bawah ini:

<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/> 
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>
<link rel='openid2.provider' href='https://openid.stackexchange.com/openid/provider'/>
<link rel='openid2.local_id' href='https://openid.stackexchange.com/user/9828f7be-2f9c-400e-83e6-8362ebc795c3'/>

Jangan lupa, saat Anda berkomentar, Anda harus dalam keadaan login ke StackExchange.

>>> Silakan TES komentar OpenID Anda di Blog DEMO NJW V3

Demikian Cara Membuat OpenID Blog untuk Komentar dan cara mengatasi masalah errornya. Semoga membantu. Good luck & Happy Blogging...! (http://www.contohblog.com).*

Labels: Desain Blog

Related Posts

397 Komentar untuk "Cara Membuat OpenID Blog untuk Komentar"
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 397   Newer›   Newest»

gagal terus open id nya :(

Makasih yah gan, ane udah coba. Mantap dah, jempol buat agan XD

Bismillah.. test ya makasih..

ini yang ketiga dari agan,,, sebelumnya dua cara 1. tulis url blognya; 2. pakenya homexxxx
(dua2nya "Ups, itu kesalahan" semua gan); dan dari agan 3. harus login ke Stackxxx dlu.
tp tar gan nyobanya dah ngantuk. Tapi makasih bgt gan infonya...

terimakasih atas informasinya masss...infonya sangat bermanfaat sekali.

saya coba mass,berhasil mass,terimakasih mass

untuk yang kedua nih gan....dah tak coba langkah demi langkah petunjuknya, moga berhasil

udah ane terapkan boss, numpang komen buat ngetes :Peace:

infonya sangat bermanfaaT GAN, ijin test di sini gan,,,, hehehe

makasih ibfonya... sangat membantu sekali bagi saya yang masih newbie

nice share, sangat membantu untuk newbie seperti saya

nice share mas..saya newbie mas..jd,perlu nambah-nambah wawasan saya juga ..

http://wawasancepat.blogspot.com/ kunjungi balek ya mas ^_^

Trik Komputer Dan Tips Kesehatan
delete

Gan mau tanya semua trik di atas sudah saya pratekkan kenapa yah punya saya selalu Kredensial OpenID Anda tidak dapat diverifikasi.

2x ketemu CB Blogger, 2x dapet ilmu mantap
pertama download tamplate blogger sekaligus cara pasangnya,
( sorry ijinnya belakangan)
kedua dapet ilmu cara bikin open ID buat comment, LANGSUNG KE TKP nih, smoga berjasil..

Posts yang sangat membantu maklum masih blogger ijo hehehe

lohh koq punya saya Kredensial OpenID Anda tidak dapat diverifikasi.

gan ?? :(

test komentar open id

masih tetap tidak bisa gan

Test apakah ini berjalan?

alhamdulillah berhasil,terima kasih ilmu nya gan

testing gan

Terima Kasih kang atas tipsnya semoga bermanfaat buat yang lainnya juga :)

test test openid

Test Open Id gan, heheheh Makasih sudah sukses

saya coba juga nih menggunakan open id setelah membaca artikel di blog ini. tapi belum berhasil nih. sudah daftar juga di StackExchange

Terima kasih mas sudah membantu ... akhirnya saya berhasil juga...

Thanks gan akhirnya berhasil

mantap informasinya, semoga sekarang sudah bisa menggunakan komentar openid nya..
Ditunggu kunjungan balik nya gan... :)

tes komentar openid

Izin coba gan, kalau parkir domain gimana ?

sudah bisa gan

langsung di tes ,makasih untuk infonya

thanks gan akhirnya bisa

Cara membuat openidnya mudah untuk diterapkan di blog kita sendiri.

Horee berhasiil,, makasih gan,,
sangat membantu..

terimakasih info nya gan...
sangat membantu

sepertinya berhasil nih, makasih tipsnya.
mau menambahkan dikit, saya pake StackExchange tapi ada pemberitahuan kesalahan "Kesalahan saat mengurai XML, baris 556, kolom 5: The element type "link" must be terminated by the matching end-tag "end-tag-link". (kode end-tag-link tidak bolehkan ditulis dikomen hehehe) setelah saya coba tambahkan end-tag-link di baris 556 sepertinya berhasil

Terimakasih tutorialnya gan ... sangat membantu ...
tapi kalo tanpa stack belum bisa ... :(

Lha... iki opo? he he..;. Congratz! Berhasil!

masih susah..... ups kesalahan

Terima kasih, sangat membantu sekali

Semua masalah, error dll. CB rasa sudah dijelaskan di atas. Good luck!

ko ada peringatan kesalahan pas masuk draf bloggernya gan...

makash gan, sharing2nya..

Sama. fungsinya sama-sama menunjukkan link langsung ke blog kita...

bagusan komentar pake Name/Url apa OpenID mas?

test open ID
http://kebal-online.blogspot.com

OpenId saya masih eror muncul UPs......... dst.
Mudah-mudahan lain kali bisa perbaiki.
Terima kasih tipsnya.

ngetes ilmu semoa berhasil...

saya test disini masih gak bisa gan :'( hehehe thx infonya gan

cek mimin

Lho... kan sudah dibilang di atas.... pake stackexchange itu kalo yang "normal" error... Kalau jalur normal gak error, ya..... gak usah pake stackexchange

makasih gan, udah berhasil pake stackcexhange. Tapi penginnya sih engga pake stackexchange,,,gimana ya

Terimakasih Gan infonya sangat bermanfaat, coba ah... komentar ini pake openid :D

Gan.. Kalau di StackExchange bisa untuk daftar 2 blog dengan email yang sama? Kalau misal emailnya berbeda bagaimana..? Terima kasih.

keep trying.... orang lain bisa, masa kita tidak :)

sama, namun tergantung settingan sang blogger....

keren gan :) kalau cara buat name/url pada coment gimana gan apa sama caranya kaya di atas atau gimana gan ?

Test ... ijin praktek ya pak ... trimakasih

Berhasil mas, saya menggunakan cara lewat Stackexchange seperti yang mas jelaskan di atas untuk aktifkan openid blogger. Saya rekomendasikan sahabat blogger lainnya untuk menggunakan cara agan Bahar ulum ini jika ingin aktifkan openid blogger. Terima kasih banyak. Sekarang saya mau melanjutkan untuk isi konten blog saya, maklum baru mulai start.

Congratz! Berhasil.......!

Maaf saya coba ya gan berhasil atau ndak. Maklum saya masih baru.

oke mas, terima kasih :D

congratz !!! it works!

muncul berarti berhasil

komen di sini kok gak bisa ya mas, di blog saya sendiri bisa pake openid
coba mas test komen diblog saya http://taktoszkapa.blogspot.com

kalo langkah2 di atas dilakukan dengan benar, mestinya berhasil.... coba lagi dan coba "Clear browsing data/history..."

thanks gan sekalian ngetest openid

thanks infonya !! tp seberapa besar efeknya openid thd blog ?

test2

tes openid

It works!

Terimakasih tutorial nya mas gan, ijin ngetes comment ya gan

tidak harus, tapi banyak (kebanyakan) gagal kalo cuma ngandelin blogger....

ikuti langkahnya dengan teliti, lalu ciba clear browse....

wah sekarang harus daftar segala ya ?

test test open id

kaga bisa , gimana nih mass, sudah pasang kodenya tapi masih upss kesalahan saja .

Ah... "modus" nih :) Itu sudah bener, memasukkan URL Link blog kita atau url link yang kita daftarkan di Stack Exchange.....

comment as di OpenID di isi apa? Jujur masih bingung

coba cek lagi panduan di atas, bagian akhir.... semua kode harus ada penutup begini: />

kok ada tulisan "URL berisi karakter yang tidak sah" pas mau di publis, masalahnya apa ya?

cb, di blog HWI tidak ada comments awaiting moderation

soal foto cb sudah komen di blog hwi
soal openid, coba "clear browsing data"

CB, mau tnya dunk.. klo foto nya dijadikan align left, supaya tulisannya bisa langsung disamping foto gimana yah? punya saya tulisannya dibawah foto munculnya. makanya bia ga keliatan aneh, fotonya saya taro di center..

btw, kok open id nya ga bisa lagi yah. pada stackexchange masih login :(

mantaappppp..... congratz!!!! Jangan memuji ah, nanti admin CB ke-GR-an.... :)

yess sudah bisa. tq atas pencerahannya.
Ini blog tentang blogging yang mantap dibandingkan dengan blog sejenis.

baca lagi panduannya di atas, di bagian akhir... tabah garis miring / sebelum kode penutup >, jadinya begini: />

setelah saya paste ke template HTML, waktu mau save template muncul seperti ini: Error parsing XML, line 386, column 12: The element type "link" must be terminated by the matching end-tag

itu kenapa yah? mohon sarannya. tq

di profil....

saya coba dengan stack exchange. menu "Use your own URL to log in" nya ada dimana yah gan? nggak ketemu >.<"

Sukses mas, congratz !!!!

Mencoba komen dengan "Menggunakan URL yang sama dengan yang didaftarkan di Stack exchange"

Kalau keliru, semoga dimaklumi ya gan.. dan ijin untuk coba lagi sebelumnya..

1. Gunakan URL yang sama dengan yg didaftarkan di Stack Exchange
2. OpenID bukan spam... lha wong blogger/google nyediain kok di dashboard blog, masak produk google sendiri dianggap spam.....?!

Trus alamat URL yang di input, itu alamat blog atau alamat id di stackexchange mas..?

Lalu, katanya kalau pakai openid dianggap spam ya sama google, seperti blognya mba ririn, cara-ririn, menurut mas bagaimana?

pilih .... OpenID....

Untuk komentar, kata CB harus login di stackexchange, trus di Comment as nya pilih yang mana ya mas..? OpenID atau Google ID..?

Siippp.... tapi sebaiknya namanya jangan kepanjangan masbro... nanti kesannya "nyepam" kalo komentar.. Pendek aja, "Masterbama" doang kayaknya cukup deh... :)

Siiip CB pun bisa langsung visit back nih....:)

Berhasil sob,, sukses!!

Informasi yang sedang saya cari, langsung dipraktekkan nih gan..

Baca dan ikuti lagi panduannya....... :)

Kenapa yang muncul seperti ini gan "Ups, itu kesalahan.

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Coba segarkan laman untuk melihat apakah semuanya kembali seperti semula"

wah manteb gan, saya coba dulu

terima kasih gan info nya...
saya izin coba dulu ya, info nya sangat detail dan bermanfaat buat saya :)

Terimakasih gan atas tutorianya,. sangat membantu sekali buat saya,. bila ada kesempatan mampir juga ke Blog saya ini www.jawacyber.com,. Jawa Cyber

lho... itu sudah bisa komentar pake OpenID... Semoga sukses usaha jasa bikin websitenya (kalo kerepotan bagi-bagi ya.... ^_^)

aduuuuh saya udh di tolak 7 kali bos... udh nyerah ni kayak nya kalau ada yng mau bantu mending bayar ga apa apa deh
http://jasabikin-website.blogspot.com

Di mari penjelasannya >
http://contohblognih.blogspot.com/2014/01/cara-daftar-dan-syarat-iklan-google.html

bos cb blogger mau dong di bantu daftra ke google adsense nya , ya jasa aku pikirin juga lah hehe ya bos ya...

mau tidur dulu ah nunggu di konfirmasi komen ku ga muncul2...
tapi hebat oe... blog nya udh ada iklan google nya keren deh.... pengen juga ih blog ku ada iklan google nya hehe....

Sukses!!!

okayyy kawan... kayaknya sekarang udh bisa nii tapi krn komentarny apakai di moderasi jadi lama nii nuggu berhasil ga nya ,,, tapi hasil akir makasih deh..... haturnuhun .....

tes.....
kalau mau komen di tempatku sy kasih kebebasan ga saya approval

sy blm bisa udh ngikutin semuanya hasilnya sperti di bawah ini

Cannot Complete Login

Terdeteksi upaya untuk mengirim sebuah pernyataan ketika identifier (http://jasabikin-website.blogspot.com/) tidak dimiliki oleh login pengguna.Jika Anda percaya bahwa Anda mengalami pesan ini karena kesalahan, silakan buat laporan.

DI BAWAH kode <head atau DI ATAS kode </head

DI BAWAH .....
petunjuk dalam posting atas jelas banget masbro....

This comment has been removed by the author. - Hapus
This comment has been removed by the author. - Hapus
This comment has been removed by the author. - Hapus

tes berhasil! horeee.......!!! :)

ikutan tes om pake open id

Posting yang bagus untuk blogger pemula

"OpenID" hanya untuk satu URL, yaitu yang kita daftarkan ke OpenID provider. Sedangkan "Name/URL" kita bebas menggunakan url blog mana saja....

Weeewww Misi Suksseeesss .. oia mas, apa kekurangan dan kelebihan kalo kita komen pake OpedID dan Name/URL ??

testing testing :D

sama-sama, mantaaaaapppp 'kan...? :)

Terima kasih, udah berhasil

Coba apakah berhasil ?

kok punya saya Kredensial OpenID Anda tidak dapat diverifikasi, masalahnya apa ya?

sama-sama, selamat Anda sudah berhasil membuat OpenID.... senang bisa berbagi.....

test berhasil, selamat! :)

terima kasih dah berhasil gan saya cari cari dua jam ternyata ada di sini wah keren kalau ada perubahan lagi tolong di update ya gan

test gan

Terimakasih banyak sobat, ternyata begini cara mengatasi open id yang eror..

Alhamdulillah..... congratz! :)

Baca lagi bagian > *** UPDATE AGAIN! di atas ya.... Good luck!

sama gan, ane juga ada tulisan ups kesalahan, ampe sekarang gak bisa koment pake openID

Thx gan,akhirnya sudah bisa nih :D

Udah pake cara lain kok tetep gak bisa ya gan ?

Alhamdulillah, ayo syukuran dengen sembelih hewan akikah :)

Berhasil Bro,...Trimakasih Tutorialnya

sama-sama, semoga tercerahkan :)

makasih atas pencerahannya mas,,,

semoga demikian, sama-sama....

Ini contoh komentar pake OpenID StackExchange.... berhasil 'kan...? :) Yang satunya juga pake StackExhchange...

coba cara lain, daftar ke https://openid.stackexchange.com

cara lain: https://openid.stackexchange.com

cara lainnya, pake: https://openid.stackexchange.com

Coba cara lainnya, pake: https://openid.stackexchange.com

iya susah juga ngak bisa gan

sangat bermanfaat trims infonya,,

Mohon maaf , ternyata cara Agan pun belum berhasil di blog saya . Saya sedang frustasi , mengapa sebelumnya saya selalu bisa menggunakan Open ID untuk berkomentar lalu kemudian selalu muncul "Ups , Itu Kesalahan" ? Apa blog saya kena banned dari Open ID ? Apakah ada sistem banned di OpenID ? meskipun saya sering otak atik skrip yang ada di dalam templet , saya yakin saya sangat berhati hati dan belum pernah ke bagian openID karena saya juga tidak tahu / tidak paham di mana letak skrip openID . Beberapa skrip adalah hasil kopi dari tutorial seperti skrip artikel terkait , apakah sembarang memasang skrip hasil kopi juga bisa membuat masalah openID ?

Alternatif, silakan coba daftar ke sini > openid.stackexchange.com
Good luck...!

Alternatif, silakan coba daftar ke sini > openid.stackexchange.com

masih belum bisa gan. kayak diatas

Makasih infonya tapi sy coba masih keluar tulisan ups

WP Self Hosting bisa pake Plugin "OpenID Delegation" > http://wordpress.org/plugins/wordpress-openid-delegation/

Gan kalo buat wordpress self hosting gmn caranya ya

Kayaknya ada kesalahan ketika pertama kali bikin.... tidak klik "Always", tapi "Just Once" (sekali), atau agan punya banyak blog di satu akun sehingga bloggernya "bingung".... ^_^

Keduanya sdh dicoba, masalahnya bukan eror kredensial, tapi ada muncul ups kesalahan mohon maaf atas ketidaknyamanan... Sy jd bingun gan!!!

sama-sama.... sukses buat blognya ya...

semoga demikian, terima kasih...

artikel yang bermanfaat gan

coba dengan kode satunya lagi... semoga berhasil.....
Oh... rupanya sudah berhasil ya, itu link Biggo TV sudah ada....

coba dengan kode satunya lagi, baru diupdate tuh. Good Luck!

Sy coba tapi kox gak berhasil, tolong dibantu dong....

Coba cek di Dashboar >> Setting >> Other >> OpenID

saya udah coba pasang gan..tapi kog masih saja kenapa ya gan?

Diulang aja. Hapus dulu, SAVE, lalu pasang lagi dan SAVE lagi.... Semoga berhasil....

Sama-sama, good luck....

waduh aku kok nggak berhasil, saat komentar ada tulisan upps kesalahan
mohon bantuannya

Thanks sharingnya, sangat bermanfaat dan mudah dipahami.

ADA CARA LAIN NGA, MASALAH NYA SAYA TELAH PRATEKAN CARA DI ATAS MASIH TETAP NGAK BISA

Itu karena waktu pertama kali komentar, muncul konfirmasi, yang diklik "Cuma Sekali Ini" BUKAN "Selamanya"... coba ulang lagi pasang skripnya.... Good luck!

gan, ane gak bisa komen lewat open id lagi, gimana nih? selalu ada tulisan ups itu kesalahan, baru hari ini kejadian nya gan, kok bisa gitu ya? apa karna ada yg saya salah setting di google web master tools?

Nah, tu berubah.... congratz!
Sebaiknya kalo komentar pake alamat blog, supaya bisa jadi backlink yang sangat baik buat indexing google....

ok tq gan, saya coba ganti ke url google plus, kita lihat, apa ada perubahan.

Ganti URL blognya dengan URL yang diinginkan, misalnya URL Blogger Profile atau Google Plus. Lagi pula, ada pilihan di "Reply as" untuk menampilkan profil komentator

gan, caranya agar nama penggunan open id ane berubah gimana? soalnya klo ane komen yang keluar url blog ane gan.

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 397   Newer›   Newest»

1. Komentar spam, menyertakan Link Aktif dan Alamat Blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *