Home » » Cara Memunculkan Kolom Komentar di Halaman Statis Blogspot

Cara Memunculkan Kolom Komentar di Halaman Statis Blogspot

kolom komentar di halaman blogspot
KADANG kolom komentar atau kotak komentar di halaman statis (static page) blog kita hilang, gak muncul, entah ke mana. Padahal sudah disetting "Allow" atau "Bolehkan Komentar" saat kita membuat halaman statis itu.

Ini dia cara memunculkan kolom komentar di halaman statis blogspot, dengan catatan si halamannya sendiri sudah disetting "Allow Comment" atau "Izinkan Komentar" saat membuatnya ya....

1. Dashboard
2. Template > Edit HTML
3. Cari (CTRL+F) kode <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>  di bagian kode seperti berikut ini:

<div class='blog-posts hfeed'>
<b:include data='top' name='status-message'/>
<data:adStart/>
<b:loop values='data:posts' var='post'>
<b:include data='post' name='post'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> 
<b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>
      </b:if>
      <b:if cond='data:post.includeAd'>

Ingat, akan banyak ditemukan kode <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>  di template Anda. Perhatikan, temukan yang benar-benar sama atau mirip banget dengan yang di atas. Cirinya antara lain ada di bawah kode yang ada kode 'status message'-nya.

4. Ganti kode <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>  atau yang berwarna merah itu dengan kode berikut ini:

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;index&quot;'> 
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;archive&quot;'> 
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>

5. Tambahkan dua kode </b:if> di atas kode: 
<b:if cond='data:post.includeAd'> sehingga menjadi begini:

</b:if></b:if></b:if>
<b:if cond='data:post.includeAd'>

6. SAVE! Good Luck!

Jika tidak mau ribet soal kolom komentar di halaman statis, ganti template aja yang benar-benar "tidak bermasalah". Toh banyak template free yang bagus kok! Wasalam. (CB Blogger).*

Thanks for reading & sharing Cara Memunculkan Kolom Komentar di Halaman Statis Blogspot

Previous
« Prev Post

21 comments:

Comment Page:
  1. Replies
    1. Kok Denie Famous Muncul?

      Delete
  2. Nah Ini Baru Fix Bener

    ReplyDelete
  3. kalau memunculkan komentar yang lebih dari 200 gimana ya sob ? komentar page konsultasi obat di blog saya kalau lebih dari 200 pasti ga bisa ditampilkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada batasan jumlah komentar di blogger: Number of Comments: A post can have any number of comments. As with archived posts, if you choose to hide comments on your blog, all pre-existing comments will remain saved on your account. (https://support.google.com/blogger/answer/42348?hl=en)

      Delete
  4. Bang saya udah coba berkali kali dari berbagai tutorial dan belum terpasang juga sebenernya apa yang salah dengan kode di htmlnya. mohon bantuannya gan terimakasih. ini blognya rahmatfridaus-pgsd.info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blognya gak bs dibuka...! Cara terpraktis dan cepat: Ganti Template!

      Delete
    2. Setelah CB cek, CB tidak menemukan satu pun halaman statis di blog tersebut sehingga tidak bisa "didiagnosis".... :)

      Delete
  5. Posting yang menarik Mas, cuman masalah seperti ini kayaknya tergantung templatenya. Seperti di www.1001ebook.net kode yang diganti bukan seperti kode yang di.atas.

    Salam kenal Mas. Sukses buat ContohBlognya.

    Faiz Naufal

    ReplyDelete
  6. Postingnya membantu banget, salam kenal mas

    ReplyDelete
  7. mas di blog saya kotak komentarnya sudah ada ,, tapi kok kalau di komentari tidak muncul ya?,,padahal ada pemberitahuan kalau ada 1 komentar,, mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek setting "Posts & Comment" dan edit widget "Blog Post", centang "Comments"

      Delete
  8. kalau cara menampilkan reply/balas komentar gimana gan? kok ga keluar ya kalau pakai windows, tapi pakai android keluar

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah cara terakhir akhirnya bisa

    ReplyDelete
  10. Ada juga pengaturan dimenu postingan, pada bagian option klik allow untuk comment

    ReplyDelete
  11. artikel yang sangat membantu sip dan terimakasih ya mas..?
    jika sempat mampir ke

    keyword blog uang

    biar saling kenal mengenal

    ReplyDelete
  12. komentar diblog saya nggak bisa tampil pdahal semua setingan sudah benar di bagian post blog juga sudah dicentang, caranya gimana, biar bisa tampil komentarnya?

    ReplyDelete
  13. Error parsing XML, line 825, column 11: The element type "b:if" must be terminated by the matching end-tag ""
    kl ada peringatan gitu solusinya gimana ya gan? *sorry td lupa ceklis notify me jd khawatir ga ketauan pas dibales. thx

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox