Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog
Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog (Trafik, Pageviews).

BLOG Anda sepi pembaca? Di bawah ini CB share dan sadurkan cara meningkatkan jumlah pengunjung atau pembaca blog versi Daily Blog Tips.

Intinya, fokuslah pada Konten atau Isi Blog yang berkualitas --tulisan sendiri, dibutuhkan banyak orang, dan poles dengan teknik dasar SEO.

Versi CB sih, Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog ada dua, yaitu menggunakan template seo friendly (responsive & fast loading) dan membuat Konten Berkualitas sesuai dengan panduan Google.

Content is KING. Isi atau postingan blog adalah raja, penentu kesuksesan blogging. Pilih niche blog sesuai dengan passion alias bakat dan minat Anda. Jangan paksakan menulis konten yang tidak Anda kuasai, apalagi kebanyakan COPAS dari blog lain dengan edit sana-sini menjadi seolah-olah buatan Anda sendiri.

Lebih baik sadur blogger berbahasa Inggris, terjemahkan, dan tambah-tambah dengan kata-kata dan pemikiran Anda sendiri, sebagaimana posting ini. Jangan lupa, sebutkan sumbernya jika Anda tidak ingin berurusan dengan DMCA Google karena pelanggaran hak cipta yang bisa membuat blog Anda dibanned atau dihapus.

6 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

1. Tulislah Konten Terbaik

Anda TIDAK AKAN sukses dalam ngeblog (blogging) tanpa konten yang baik.

2. Sertatakan Email Subscribe - Langganan via Email

Buatlah form langganan posting via email sehingga user bisa mengikuti update konten blog Anda via inbox emailnya. (Baca: Cara Membuat Form Berlangganan di Blog). Mungkin banyak yang tidak berminat berlangganan via email, tapi banyak juga yang minat kok!

3. Bangun Hubungan dengan Blogger Lain

Jalinlah hubungan dengan blogger lain. Kita mengenalnya sebagai "jalan-jalan ke blog orang" (blogwalking).

Komentar di blog mereka dan tinggalkan link ke profil atau blog Anda. Blogger yang baik adalah blogger yang tidak pelit komentar di blog lain. Banyak pengunjung blog CB Blogger dari hasil komentar di blog lain.

4. Nulis di Blog Lain dan Menerima Tulisan Blogger lain juga.

Ini dikenal dengan istilah Guest Post --posting tamu. Anda menulis untuk blogger lain, atau blog Anda menerima tulisan blogger lain.

Ngomong-ngomong... CB Blogger juga siap kok menjadi Guest Author dan siap juga menerima tulisan Anda (asalkan asli ya, bukan copas, dan belum diposting di blog Anda :))

5. Jangan Cuma Mikirin SEO!

SEO penting, tapi untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog tidak cukup hanya dengan teknik SEO. Banyak kok blog yang "tidak diapa-apain", bisa nangkring di posisi pertama Google. Itu karena konten yang berkualitas, tulisan yang bagus dan dicari orang!

6. ...Tapi Pelajari Dasar-Dasar SEO (Basics of SEO)

Meskipun SEO bukan segalanya untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog, tapi perlu banget otak-atik SEO Blog, minimal dasar-dasarnya, seperti menggunakan kata kunci di judul dan membuat banyak link antar-laman blog.

Versi CONTOHBLOG mah, dasar SEO itu terutama:
1. Gunakan Template Blog SEO Friendly
2. Gunakan Meta Tags SEO Friendly
3. Tulis Konten yang Berkualitas
4. Buatlah link internal dan eksternal.
5. Sering silaturahmi dengan blogger lain!

Tips SEO dari Google untuk Menaikkan Jumlah Pengunjung Blog

Nah, kalo yang ini tips SEO langsung dari Tim Google sendiri.

1. Do something cool: Make sure your site stands out from the competition.
2. Include relevant words in your copy: Try to put yourself in the shoes of searchers.
3. Be smart about your tags and site architecture.
4. Sign up for email forwarding in Webmaster Tools to get notified by Google if anything is wrong.
5. Attract buzz: Natural links, +1s, likes, follows… all these can help.
6. Stay fresh and relevant: Keep content up-to-date on your site to keep receiving organic traffic.

Demikian Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog. Bagaimana Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog versi Anda...?

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Labels: Blogging, Tips SEO
42 Komentar untuk "Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog"

satu lagi yang perlu dilakukan adalah blogwalking

Itu sudah disebutkan di nomor 3 > 3. Bangun Hubungan dengan Blogger Lain
thx 4 commenting.....

Ok, mari kita blogwalking :) http://tujuhfaktamenarik.blogspot.com/

Ok siap gan,, blogwalking nih, jangn lupa kunjungi balik buat teman-teman semua yang sudah mampir di ContohBlog :D

blognya mantap gan,,,trims dah share bnyak informasi,,!!@!blogwalking lagi yuk,,,,,,, ,,http://achmad0etomo.blogspot.com/ heeee@!#@

wuih... pilih Max Mag Theme rupanya.... belum banyak yang diubah ya masbro... itu featured post, menu, dan author box-nya belum diapa-apain. Ubah menu sama author box di Template > Edit HTML (eh, sudah tahu ya? :) )

Blogwalking Gan .. ditunggu Kunbalnya http://sejuta-cara.blogspot.com/ ^_^

di tunggu kunbalnya kang http://fianpanic.blogspot.com/ :D

thanks gan infonya bermanfaat buat newbie kaya ane

trafik blog saya turun drastis, abis lama gak update

Sering atau jarang update tidak terlalu ngaruh Mas.... Algoritma Google yang baru mengutamakan Konten Berkualitas, meski posting lama masih bisa nangkring di posisi atas SERP. Bikin saja "killer posting" biar tetap banyak pengunjung meski jarang update.... :)

terima kasih informasinya

yg kayak gima tu gan "Killer Posting" bisa di jelaskan? or buat artikel tetang "Killer Posting" saya tunggu gan !
http://faridelly.blogspot.com.

Posting yang benar-benar berkualitas, kayak "karya ilmiah" gitu deh, ditulis dengan serius dan lengkap..... Contohnya artikel2 di Wikipedia.....

Keren gan tampilan blognya, salam kenal.
Mampir ya gan http://www.indoamaterasu.com/

Satu lagi .perbanyak konten pada blog .karena sejelek apapun konten kita asal itu unik dan buatan sendiri pasti akan ada orang yang menemukanya

Mas blog saya (http://yellowstoneart.blogspot.com/) di update tiap hari, karena sumber artikelnya berasal dari Dailymail.co.uk dan tidak terlupat, kata-kata artikelnya berasal dari susunan kalimat saya sendiri. Jadi tidak copy/paste. Namun pembacanya cukup lamban pertumbuhannya. Padahal saya sudah mengunakan Linkedin, Facebook, Google+ dan sebagainya. Bagaimana pendapat anda mas? Apa yang harus saya lakukan untuk berikutnya?

selamat pagi, saya termasuk sudah lama ngeblog tapi pengunjung saya sedikit. sudah berbagai cara saya lakukan tapi belum ada hasil. saya sampai malas untuk update blog saya... terima kasih sarannya.
bagaimana untuk menjadi penulis di blog mas... jika mas berminat jadi penulis diblog saya , bagaimana caranya saya jadikan mas penulis tamu di blog saya??
icebreaksinyourlife.blogspot.com

Saya lihat demo http://www.sepakbolamagz.com/ itu diatas banner ada menunya, bagaimana cara pasangnya? terus cara ubah warnanya bagaimana? ditampilan HOME saya sudah coba tempaltenya tapi postingan hanya tampil 5 gimana cara merubahnya?

Terima Kasih

Mohon di cek di http://boxcareer.blogspot.com

cari di search box: cara membuat navigasi menu di atas header

numpang belajar mas boss

maksudnya link internal link ekternal apa ya?

Masih penerapan gan,, semoga berhasil :). thanks infonya

squwidy.blogspot.com

Searched about blog and found out this article :)

Terimakasih untuk informasinya ya Mas, bisa dicoba nh :) 2thumbs

susah gan gak berhasil2 saya -_-

killer posting mas? hmmm perlu belajar lagi ini

sangat beranfaat . termakasih gan

kalau saya sehabis post artikel langsung submit ke google webmaster aja gan,

okk sangat membantu saya (y)

yang kelima jangan lupa berdoa kepada Yang Maha Kuasa :)

makasih mas atas infonya dan postingannya sangat bermanfaat. terimakasih....

Iya gan blogwalking memang perlu. Jangan lupa mampir ke blog kami yang lainnya

Apakah mengganti tema pada blog salah satu kendala trafik blog menurun, karena sudah hampir 2 minggu ini semenjak web saya di ganti tema, yang biasanya pengunjung sehari bisa mencapai 500 pengunjung dan sekarang pengunjung blog saya sehari hanya 200 pengunjung.

Mohon pencerahannya, terima kasih

Silakan baca:
http://www.contohblog.com/2015/01/pengaruh-ganti-template-blog-trafik-pengunjung.html

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *