Home » , » Waktu Terbaik untuk Update Konten Blog - Menulis Posting

Waktu Terbaik untuk Update Konten Blog - Menulis Posting

Waktu Terbaik untuk Update Konten Blog - Menulis Posting
KAPAN Waktu yang Tepat untuk menulis atau update posting blog?

Bagi CB, waktu yang baik untuk update blog itu siang hari. Soalnya, pengunjung terbanyak CB itu malam hari, berdasarkan statistik dari blogger sendiri yang bisa kita cek di dashboard (menu Stats).

Siang hari, pengunjung blog CB di kisaran 5000 s.d. 10.000 pembaca.

Begitu malam hari, jumlah kunjungan (pageviews) di kisaran 10.000-20.000 bahkan lebih dari 20.000 pengunjung (dikit sih, tapi lumayan lah...:)).  Itu pas dicek keesokan harinya atau tiap pagi hari.

Menurut data Alexa per 27 Oktober 2016, Global Rank blog CB ini ada di urutan 54,464. Wuihh.... jauh banget. Lumayan lah, nggak posisi jutaan :) Rank in Indonesia alhamdulillah ada di posisi angka populer Nine One One (911). Namun, indikatornya menurun.... hiks !!!

Selain Statistik Pengunjung blog di Menu Stats Blogger, acuan terbaik mengetahui jumlah pembaca atau pengunjung blog lainnya adalah Google Analytic.

Bisa juga "ngintip" pembaca blog kita melalui Histats. Nah, dari itu semua, kita bisa menentukan kapan waktu terbaik unttuk update blog kita.

Waktu Terbaik untuk Update Konten Blog

Sebuah studi yang dipublikasi Dash Burst mengatakan, ada untung-rugi saat posting blog saat jam-jam sibuk dan saat jam-jam tidak sibuk (malam, misalnya).

Posting di high traffic hours (day time) bisa mengundang pengunjung dan komentar lebih banyak, namun kompetisi dengan posting blog lain lebih ketat!

Jika posting saat low activity times (night time), kita bisa mengharapkan kunjungan yang banyak pula, namun saat "off hours" jumlah pengunjung biasanya sedikit.

Ini kutipannya:

Posting content during high traffic hours (day time) can lead to more visitors, comments and engagement but it’s more likely your post will be buried in the competition with other articles.
When posting during low activity times (night time) you can expect more prominence within user feeds with less noise, but fewer visitors during off hours.
The data also shows that most users read blogs throughout the day, with the highest percentage in the morning between 8am to 11am (peak blog views by hour). The average blog gets the most traffic on Monday but more comments on a Saturday when people aren’t generally working.

Menurut studi tersebut, pengunjung blog tertinggi itu di pagi hari, antara jam 08.00 AM hingga 11.00 AM, terutama hari Senin. Namun, komentar biasanya banyak muncul akhir pekan, hari Sabtu, saat orang "nyantai".

Data lainnya menunjukkan, posting blog terbaik itu ya di pagi hari itu, antara jam 8 hingga jam 10 pagi.

Menurut CB sih, posting blog kapan saja begitu ada ide dan kesempatan (waktu luang). Posting aja, kapan saja, toh kadang-kadang indexing Google juga lambat ^_^. 

Lain soal jika blog Anda berupa blog berita atau blog informasi aktual. Maka, konsekuensinya, Anda harus posting kapan saja dan di mana saja, begitu ada peristiwa aktual dan menarik terjadi.

Jika blog Anda tentang sepakbola, misalnya, maka begitu pertandingan usai, misalnya pukul 04.00 dini hari, ya saat itu juga harus posting hasil pertandingan.

Yang penting nulis dan KARYA SENDIRI! Bukan Copas! Good luck! Happy blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Waktu Terbaik untuk Update Konten Blog - Menulis Posting

Previous
« Prev Post

18 comments:

Comment Page:
  1. memang benar, blog saya di hari minggu biasanya visitornya lebih sedikit, mungkin karena orang-orang pada pergi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi gan, juga banyak user yang buka internet di jam kerja.... di kantor...

      Delete
  2. Terimakasih banyak informasinya gan...

    ReplyDelete
  3. Makasih atas infonya
    visit back yaa...
    http://opppungnya.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Yang penting nulis dan KARYA SENDIRI! ---> jlebbb hehe

    ReplyDelete
  5. Ternyata posting juga ada jam optimalnya ya. thanks for sharing...

    ReplyDelete
  6. Referensi yang buaaaguuss untuk mengoptimalkan blog sekolah fotografi saya, terimakasih.

    ReplyDelete
  7. Siap posting sesuai jadwal, sangat bermanfaat sharingnya.

    ReplyDelete
  8. Wah terimakasih pak. Saya jadi lebih bisa menyusun strategi meramaikan blog saya sekaligus membantu banyak orang mencapai kedamaian.

    ReplyDelete
  9. ane mah lagi geram dengan visitor yg gak naik2 gan... mulai lelah

    ReplyDelete
  10. terima kasi atas artikelnya sangat bagus

    ReplyDelete
  11. Kalo ane sih sepakat dengan statement terakhirnya. Tulis dan posting kapan saja ketika menemukan ide akan lebih baik jika telah dilakukan riset sebelumnya. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  12. Saya pribadi jarang mikirin waktu kapan harus ngeblog. Setiap ada ide biasanya langung saya post biar nggak lupa. Wkwkwkwk.

    Tapi, setidaknya mengetahui kapan waktu yang tepat buat ngeblog, bisa jadi strategi seo tersendiri.

    Mantap infonya gan.

    ReplyDelete
  13. terima kasih infonya gan, pantes traffic blog saya rendah hehe

    ReplyDelete
  14. iyahh gan..kenapa yah punya saya setelah ganti menjadi domain malah jadi peringkat alexa ke belasaan juta? mohon pencerahanya gann
    terima kasihh

    ReplyDelete
  15. Kalau ane yang penting selesai nulis, siap publish langsung saja luncurkan :D

    ReplyDelete
  16. punyaku pageview cuma 30-an mr. Bukan sehari, tapi seminggu...

    itupun kalo aku habis update dan mensharenya di pesbuk...

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox