Home » » Jadikan "Basic Article" sebagai Posting Pertama Blog Anda!

Jadikan "Basic Article" sebagai Posting Pertama Blog Anda!

Basic Article Posting Pertama Blog
Inilah tips terbaik tentang cara menulis posting pertama di blog yang baru dibuat, yaitu dengan menulis "basic article" atau "artikel dasar".

POSTING tentang menjadikan "Basic Article" sebagai Posting Pertama Blog ini merupakan "penjelasan" tentang tips CB dalam posting Cara Membuat Blog: Panduan Lengkap. Di poin 22 ada "blockquote" yang menyatakan: Tips SEO: Sebaiknya, posting pertama Anda berupa "Basic Article".

Apa itu basic article? Basic Article adalah posting pertama blog yang sering dilupakan atau tidak diketahui oleh para blogger, terutama blogger pemula.

Padahal, mestinya, untuk kepentingan SEO Blog dan Indexing Google,  "Basic Article" inilah yang pertama kali kita tulis sebelum menulis posting-posting lain yang relevan dengan "visi-misi" blog yang tertuang dalam Nama/Judul Blog (Blog Title) dan Meta Tags (Blog Description dan Keywords).
"Basic Article" atau "posting perdana" alias "tulisan pertamax" ini tidak saja berguna untuk dijadikan Menu Halaman (Page Menu) "About Us", tapi juga sebagai "posting perkenalan" kepada mesin pencari dan  pengunjung blog (user).
Selain itu, basic article juga akan membantu dalam hal "keyword density" (kepadatan kata kunci) dalam blog Anda, sehingga membantu SEO Blog, serta membantu tingkat relevansi konten blog Anda dengan Meta Tags.

Apa yang ditulis di Basic Article?

Bahan tulisan "Basic Article" tersebut bisa diambil daru Meta Tags, atau sebaliknya, Basic Article tersebut menjadi bahan untuk menyusun Meta Tags dan/atau mengisi kotak "Description" di Setting > Basic dan menu "Search Preference" > Meta Tag > Description di dashboard blogger Anda.

Tentang apa saja yang harus ditulis, kita bisa menjalankan tips Mack Collier berikut ini: "How to Write Your First Blog Post":

1 – Who you are. Tulis tentang bisnis Anda, juga perkenalkan diri Anda. Sertakan gambar atau foto yang berkaitan dengan bisnis dan pribadi Anda.

2 – Why you are blogging. Ini pertanyaan terpenting yang harus dijawab. Mengapa Anda membuat blog, untuk apa?

3 – What will you be blogging about. Blog Anda akan berisi posting apa saja? Kenapa? Jika Anda sudah mengulas pertanyaan nomor 2, maka akan mudah menjawab pertanyaan ketiga ini.

4 – How I can leave feedback. Bagaimana pengunjung Anda akan memberikan feedback (umpan balik)? Bisakan mereka berkomentar? Apa lagi yang bisa pengunjung lakukan di blog Anda?

Basic Article Bagi Blogger Lama

Bagaimana jikan blog Anda sudah lama dibikin, sudah banyak postingannya, tapi belum punya "Basic Article"?

Gampang...! Bikin aja sekarang, tanggal "Published on"-nya ganti ke tanggal hari pertama Anda membuat blog atau sama dengan tanggal posting pertama blog Anda!

Cek aja seluruh posting, lihat posting pertama tanggal berapa. Jika, misalnya, posting pertama tanggal 10 Januari 2013, maka "Basic Article" Anda kasih aja tanggal yang sama atau sehari sebelumnya, yaitu tanggal 9 Januari 2013. Mudah 'kan?

CB sendiri baru tahu soal basic article ini belakangan, setelah blog ini lama online. CB mengatasinya dengan mengupdate beberapa posting lama dan melengkapi konten menu "About".

So... bagi Anda yang baru bikin blog, Jadikan "Basic Article" sebagai Posting Pertama Blog Anda!

Good Luck and Happy Blogging!

Thanks for reading & sharing Jadikan "Basic Article" sebagai Posting Pertama Blog Anda!

Previous
« Prev Post

5 comments:

Comment Page:
  1. terinspirasi dari ini akhirnya saya mampu membuat about blog....mksh your blogging inspirations....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit tambahan nih.. Kalo memang belum pasang, jangan lupa juga Kontak (Contact Us), Desclaimer, Privacy dan TOS :D

      Delete
  2. trimakasi buat tulisan tentang basic article ini, saya jadi mengerti pentingnya membuat about us buat blogger...:)

    ReplyDelete
  3. masih belum ngerti apa yang di maksud blog

    ReplyDelete
  4. Woooaw sangat membantu.. akan says aplikasikan d blogg baru saya, nanti tolong di nilai ya...

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox